OUR NETWORK

Nikmati Pesona Keindahan 10 Tempat Wisata di Way Kanan

“Negeri 1001 Air Terjun” begitulah julukan yang diberikan untuk kabupaten yang beribukota di Blambangan Umpu ini. Mendengar julukannya saja, siapapun akan membayangkan betapa indah dan mempesonanya Way Kanan. Padahal objek wisata yang ada di kabupaten ini tidak hanya air terjun, tapi juga berbagai objek wisata alam lainnya yang tidak kalah indah dan menarik. Representasi dari pesona keindahan objek-objek wisata yang ada tersebut dapat dilihat dari 10 tempat wisata di Way Kanan berikut ini.

Air Terjun Putri Malu

Sumber: Instagram @duniaindra

Dengan ketinggian sekitar 80 meter, menempatkan Air Terjun Putri Malu sebagai salah satu air terjun tertinggi di Provinsi Lampung. Terletak di tengah kawasan hutan Register 24, Kecamatan Banjit, membuat objek wisata ini relatif jarang didatangi wisatawan, sehingga suasana sekeliling masih terkesan alami.

Soal keindahannya tidak perlu diragukan. Dengan dikelilingi tebing-tebing berbatu yang tinggi serta hijaunya pepohonan, jernihnya air yang tercurah dari atas menciptakan pemandangan yang membuat siapapun akan betah untuk berlama-lama. 

Air Terjun Bukit Duduk

Sumber: Google

Wisatawan yang berkunjung ke Air Terjun Putri Malu, ada baiknya untuk sekalian singgah ke Air Terjun Bukit Duduk, karena kedua air terjun ini hanya dipisahkan jarak sejauh 100 meter, tepatnya di Kampung Juku Batu, Kecamatan Banjit.

Meski tidak setinggi dan sebesar Air Terjun Putri Malu, air terjun yang satu ini memiliki pesona yang tidak kalah indah. Dengan pepohonan hijau dan lebat serta bukit-bukit tinggi yang mengelilinginya, air terjun ini seolah terisolasi dan tampak sangat alami.

Air Terjun Curup Gangsa

Sumber: Instagram @addienesia
Sumber: Instagram @gedeleo

Panorama yang luar biasa indah disuguhkan Air Terjun atau Curup Gangsa lewat perpaduan jatuhnya air selebar 20 meter dari atas ketinggian 50 meter yang berpadu dengan hijaunya pepohonan di sekeliling. Keindahan tersebut masih ditamnbah dengan keberadaan batu-batu besar di sekitar lokasi air terjun.

Curup Gangsa sumbernya berasal dari patahan air Sungai Way Way Tangkas yang terletak di Bukit Punggur yang mengaliri sebagian desa di Kecamatan Kasui, seperti Desa Tanjung Kurung dan Desa lebak Peniangan.

Curug Anggal

Sumber: Instagram @videolucuhaha

Pemburu spot-spot cantik untuk menghiasi latar belakang foto, disarankan untuk berkunjung ke Curug Anggal karena bentuk air terjun yang satu ini tidak hanya indah, tapi juga unik dan menarik. Jika umumnya air terjun berbentuk memanjang, Curug Anggal justru memiliki bentuk yang melebar, sehingga air yang tercurah dari atas ketinggian menyerupai tirai.

Sebagaimana umumnya objek wisata air terjun, untuk menuju lokasi Curug Anggal butuh perjuangan yang tidak ringan. Berlokasi di Dusun 8 Talang Kisam, Kecamatan Gunung Labuhan, pengunjung yang melewati jalan Lintas Sumatera (dari arah Bandar Lampung) dapat membawa kendaraannya ke arah kiri. Setelah melewati rest area perbatasan kabupaten teruskan laju kendaraan sejauh 2 km hingga tiba di Dusun 8 Talang Kisam. Perjalanan selanjutnya harus ditempuh dengan berjalan kaki sejauh 2 km sebelum akhirnya tiba di lokasi air terjun.

Curup Semarang Baradatu

Sumber: Instagram @moanskywardz

Dengan debit air yang tidak terlalu besar dan curahan air yang harus melewati tebing-tebing batu bertingkat-tingkat sebelum akhirnya sampai di bawah, membuat Curup Semarang Baradatu terlihat megah, indah sekaligus instagenik. Curug yang juga dikenal dengan sebutan Air Terjun Kartika serta Air Terjun Kayu Agung ini, terletak di Desa Bhakti Negara, Kecamatan Baradatu.

Arung Jeram Way Umpu

Sumber: Instagram @waykanankece

Memiliki arus air yang deras ditambah jeram-jeram dengan beberapa tingkat kesulitan menjadikan Sungai Way Umpu menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang memiliki hobby rafting. Terlebih di sepanjang lintasan yang dilalui, terhampar pemandangan khas pedesaan, area persawahan, bebukitan dan hijaunya pepohonan yang sedap untuk dipandang.

Bamboo Rafting Way Kanan

Sumber: Instagram @evawidaranti

Wisata air menarik lainnya yang ada di Way Kanan adalah Bamboo Rafting. Tidak seperti aktifitas rafting pada umumnya yang menggunakan perahu karet, disini wisatawan akan diajak menyusuri sungai Way Besai yang memiliki arus deras berhias batu-batu berukuran sedang dengan menggunakan perahu atau rakit yang terbuat dari bambu. Tentunya perasaan ‘ngeri-ngeri sedap’ bakal dirasakan di sepanjang perjalanan.

Dengan waktu tempuh sekitar 2,5 jam, wisatawan akan menyusuri aliran sungai sejauh 10 km dengan melewati 3 check poin yang berada di tengah rute. Meski menggunakan perahu dari bambu, masalah keamanan dan keselamatan tidak perlu dikhawatirkan, karena setiap peserta dilengkapi dengan pelampung dan didampingi pengemudi rakit yang piawai mengendalikan rakit ditengah arus yang deras.

Kampung Wisata Gedung Batin

Sumber: Instagram @gedungbatin

Kampung Wisata Gedung Batin yang mendapat sebutan Kampung Wisata “Lestari Eko Budaya” ini merupakan kampung tua yang menjadi kawasan perkampungan sejak beratus-ratus tahun yang lalu.

Di sini dapat dijumpai rumah-rumah adat yang umurnya sudah lebih dari 400 tahun dengan bentuk yang masih orisinil meski telah ditempati oleh 7 generasi. Salah satu diantaranya adalah sebuah rumah panggung yang keseluruhan bahannya terbuat dari kayu dengan ukuran 9 x 15 meter yang terdiri atas teras, ruang keluarga, ruang tamu, 4 kamar tidur dan dapur.

Di dalam rumah tersebut juga dapat ditemui sejumlah perkakar yang usianya juga sudah sangat tua seperti tempat penyimpan sirih, teko, Tanduk Kekang (mahkota perempuan yang menjadi aksesoris pakaian adat perempuan Lampung, almari, bingkai foto, guci keramik serta yang lain.

Pemandian Air Panas Juku Batu

Sumber: Google

Sebagaimana sumber air panas yang lain, mereka yang datang ke sini tidak hanya karena ingin merasakan sensasi mandi di pemandian air panas alami tapi juga untuk terapi dan relaksasi, karena mandi dengan air hangat bercampur fosfor dipercaya dapat mengobati penyakit kulit, pegal-pegal, reumatik dan melancarkan peredaran darah.

Lokasinya yang berada di Kampung Juku Batu, Kecamatan Banjit, tidak jauh dari lokasi Air Terjun Putri Malu dan Air Terjun Bukit Duduk, membuat sebagian dari wisatawan yang datang kesini adalah mereka yang ingin melepaskan penat setelah berkunjung ke kedua air terjun tersebut.

Galaxy Waterboom Way Kanan

Sumber: Instagram @galaxywaterboom

Selain kaya akan wisata alam utamanya air terjun, Way Kanan juga memiliki beberapa objek wisata buatan, bahkan objek rekreasi modern, salah satu diantaranya adalah Galaxy Waterboom yang berlokasi di Desa Gunung Baru, Kecamatan Gunung Labuhan.

Sebagai objek rekreasi modern, berbagai fasilitas melengkapi keberadaan Galaxy Waterboom, begitu juga dengan wahana permainan yang disediakan bagi  para wisatawan, seperti kolam anak, kolam dewasa, sungai buatan, seluncuran, air tumpah, ATV, kereta listrik, mobil-mobilan, flying fox dan beberapa wahana permainan yang lain.

Comments

Loading...