OUR NETWORK

Pantai Air Belanda, Pantai Cantik Andalan Bolaang Mangandow Utara

Sumber Gambar: Instagram @ geryaskamal

Satu lagi destinasi wisata menarik yang ada di Bolaang Mongondow Utara, yaitu Pantai Air Belanda. Pantai ini berlokasi di Desa Inomunga, tepatnya di Kecamatan Kaidipang. Obyek wisata ini merupakan andalan Kabupaten Bolmut dan menjadi favorit tidak hanya wisatawan lokal melainkan juga luar daerah.

Wah, wah, tapi, kok namanya ada kata Belanda? Apakah ada hubungannya dengan orang-orang Belanda yang pernah menjajah Indonesia dulu? Nah, daripada penasaran yuk, langsung saja baca ulasan selengkapnya di bawah ini,

Asal Usul

Sumber: indonesiakaya.com

Tahukah anda kenapa pantai ini sampai dinamakan Air Belanda? Menurut berbagai sumber serta penuturan masyarakat asli disana, dulunya orang-orang Belanda sempat berkeinginan untuk membuat sebuah pelabuhan yang nantinya akan jadi tempat berlabuh para kapal yang memuat rempah-rempah.

Sumber: indonesiakaya.com

Nah, tempat yang akan dijadikan pelabuhan tersebut adalah di pantai ini. Mereka pun memerintahkan pada pemuda desa untuk melakukan penebangan pohon yang besar-besar dan tumbuh diantara dua aliran sungai yang mengaliri pantai sampai ke area barat. Alasan lainnya adalah sebab orang-orang Belanda sangat banyak yang tinggal di sekitaran pantai ini. Dari hal tersebutlah kemudian pantai ini dinamakan Pantai Air Belanda.

Pesona Pantai Air Belanda

Sumber: Instagram @explorebolmut

Pemandangan Pantai Air Belanda sangatlah indah. Pasirnya berwarna putih kecokelatan, menjadikannya nilai estetika tersendiri. Hutan mangrove membuat suasana kian ekotis. Ditambah batu-batu yang berjejer di sepanjang pantai dan pulau yang nampak terlihat dekat dari pelabuhan menjadikan pantai ini semakin menarik saja. Tidak heran jika dulunya juga pantai ini dijadikan sebagai tempat mandi spesial oleh putri-putri Belanda, sekaligus tempat mereka berekreasi.

Di bagian kiri pantai akan tampak pula perbukitan. Perbukitan lebih elok dilihat jika dari atas bebatuan. Sangat cocok pula untuk dijadikan spot dalam berfoto karena begitu Instagramable. Warna biru air pantai pun sangat jernih. Sinar matahari yang terkadang memantul pada permukaan air, membuatnya tampak seperti kaca. Oh, ya anda juga bisa mandi di pantai ini, loh. Hal yang membuat kegiatan mandi semakin nyaman adalah karena sama sekali tidak ada karang di pantai ini, sehingga lebih aman.

Apabila anda berjalan kaki melewati sebuah tebing yang ada disana, maka akan menemukan mata air “Air Belanda.” Uniknya air tersebut rasanya tidak asin walaupun jaraknya sangat berdekatan dengan laut.

Mata Air Belanda ini dapat ditempuh 500 meter dengan mengelilingi tanjung. Orang Kaidipang lebih akrab menyebut daerah tersebut dengan sebutan “Lola” yang jika diartikan ke Bahasa Indonesia artinya yaitu Orang Belanda.

Saat mendekati garis pantai anda juga akan mendapati beberapa pondok petani. Tanah disana terbilang cukup landai. Nah, anda yang ingin bermalam di Pantai Air Belanda, bisa mendirikan tendah untuk berkemah. Pasti rasanya menyenangkan bukan camping di pantai apalagi bersama para sahabat, pasangan atau keluarga. Tentu akan menjadi moment yang tidak akan pernah terlupakan.

Akses Lokasi

Jika anda berangkat dari ibu kota Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, kurang lebih akan menghabiskan waktu setengah jam untuk mencapai pantai ini. Ketika sudah berada di depan kantor Desa Inomunga, anda harus menempuh perjalanan sekitar 4 km lagi. 2 km nya sudah diaspal oleh pemerintah, dan sisanya belum.

Jalanan aspal yang belum terbuka sepenuhnya inilah, mengakibatkan banyak wisatawan belum tahu tentang Pantai Air Belanda. Tidak heran jika pantai ini juga bisa disebut sebagai pantai yang masih sangat alami dan belum tersentuh tangan-tangan nakal  manusia.

Alternatiflainnya anda juga bisa naik perahu dari Pelabuhan Boroko. Sensasi mencapai pantai ini melalui jalur air terasa lebih menyenangkan, loh. Sepanjang perjalanan anda bisa menikmati sensasi udara yang sejuk, dan panorama alam yang indah dijamin tidak akan bosan, deh. Asyiknya, nih, tidak ada biaya masuk yang harus dirogoh untuk sampai ke pantai ini. Yeay!

Demikianlah ulasan menarik tentang Pantai Air Belanda. Jika anda sedang di Bolmut, tidak ada salahnya untuk mengunjungi pantai ini sebagai pilihan untuk tempat liburan. Rasakanlah sensasi seperti memiliki pantai pribadi, dan lebih ber-quality time bersama orang-orang yang anda sayangi. Akhir kata, semoga bermanfaat bagi anda dan tunggu informasi menarik lainnya tentang berbagai tempat wisata di Indonesia hanya di wisato.id

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…