OUR NETWORK

Pantai Batu Perahu, Pantai yang Tengah Viral di Negeri Junjung Besaoh

Sumber: wisatabangkaselatan.com

Kota Toboali tidak hanya terkenal akan wisata kuliner dan sejarahnya saja, melainkan kota ini juga menyimpan surga wisata bahari yang sangat indah dan menarik untuk dikunjungi. Salah satunya yaitu Pantai Batu Perahu. Sebuah pantai yang tengah viral dan banyak menarik minat wisatawan Negeri Junjung Besaoh, bahkan luar Bangka.

Lantas apa saja sebenarnya hal menarik dari pantai ini? Berikut ulasan selengkapnya.

Potret Pantai Batu Perahu

Sumber: wisatabangkaselatan.com

Pantai Batu Perahu berlokasi di Kelurahan Tanjung Ketapang, Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka selatan. Jika anda datang dari Kota Toboali, maka bisa mencapai pantai ini hanya dengan waktu kurang lebih 20 menit saja baik menggunakan motor atau mobil, sebab jaraknya cuma 2 KM. Asyiknya lagi, nih, jalanan menuju ke pantai ini sudah beraspal mulus sampai ke tepi pantai.

Saat pertama kali menginjakkan kaki di Pantai Batu Perahu, dalam sekejap mata anda akan langsung dimanjakan dengan hamparan pasir putih, yang seolah menggoda anda untuk segera berlari dan merasakan bagaimana rasanya berdiri di atas pasir tersebut.

Air laut pantai ini pun sangat jernih dan berwarna kebiru-biruan, sehingga terlihat begitu cantik. Beberapa biota laut yang mengintip ke pinggir pantai, bahkan bisa terlihat sangat jelas karena saking jernihnya.

Sumber: wisatabangkaselatan.com

Nah, hal yang paling menarik dari Pantai Batu Perahu adalah karena area pantainya dipenuhi oleh hamparan bebatuan granit. Ukuran batunya bermacam-macam, ada yang kecil, besar, bahkan sangat besar melebihi ukuran tubuh manusia. Bebatuan yang terbentuk dari hasil fenomena alam sejak ratusan tahun inilah yang membuat pantai batu perahu semakin terlihat menawan.

Melihat Senja

Apabila cuaca sedang cerah, masyarakat lokal biasanya berbondong-bondong memadati kawasan Pantai Batu Perahu untuk melihat fenomena matahari tenggelam. Sembari menunggu moment luar biasa tersebut, anda juga bisa membeli aneka makanan dan minuman sambil menikmati keindahan Pantai Batu Perahu yang tampak seolah merona karena langit berubah menjadi jingga.

Sumber: Instagram @fadh_arrafi

Umumnya, pada saat weekend atau hari libur tiba aktivitas “menunggu sunset” tersebut semakin tumpah ruah oleh lautan manusia. Namun, jangan khawatir akan kesulitan untuk parkir, sebab area parkir pantai ini juga sangat luas.

Terasi Toboali

Sumber: Instagram @juwitashn

Oh, ya,  bicara soal makanan, tahukah anda terasi mana yang paling enak di Bangka Belitung. Jawabannya, ya, dari Kota Toboali. Di Pantai Batu Perahu inilah anda bisa melihat langsung bagaimana proses pembuatannya.

Sumber: Instagram @tiarasnackbangka

Anda juga dapat membelinya untuk keperluan bahan dapur, supaya racikan makanan semakin mantul karena terasi Toboali ini.

Asal Muasal

Hmm … apakah anda kepo  kenapa pantai ini dinamakan dengan Pantai Batu Perahu? Ah, jangan-jangan asal usulnya mirip dengan cerita Malin Kundang. Apabila anda berpikir demikian, jawabannya tentu saja salah. Tidak ada mitos atau pun legenda yang mewarnai penamaan pantai ini. Dinamakan batu perahu karena di pantai ini terdapat bongkahan batu berukuran 7×4 meter yang bentuknya menyerupai badan perahu, dan mengarah langsung ke laut.

Sumber: triptrus.com

Batu tersebutlah yang menjadi icon dari pantai ini dan sangat ramai dibicarakan sekaligus menjadi daya tarik banyak wisatawan untuk melihatnya secara langsung ke Pantai Batu Perahu. Batu tersebut pun semakin terlihat memikat dan unik tatkala saat surutnya air laut terlihat seperti memberikan kesan bahwa batu itu berlayar dan berlabuh, hihi.

Berfungsi Untuk Segala Aktivitas Para Nelayan

Sumber: Instagram @hendri_heriyanto

Oh, ya, tidak hanya sebagai tempat wisata, namun Pantai Batu Perahu pun juga berfungsi sebagai dermaga dimana para nelayan lokal beraktivitas. Dari mulai menjual hasil laut  yang ditangkap, mencari udang sungkur, sekaligus tempat pembuatan perahu tradisional.

Jika berminat, hasil tangkapan nelayan tersebut dapat anda beli untuk diolah langsung di pantai atau pun dibawa pulang sebagai oleh-oleh, loh. Harganya pun sangat terjangkau.

Ditemukan Batu Granit dengan Lafadz Allah

Sumber: Instagram @utamanova

Ada lagi, nih, yang membuat Pantai Batu Perahu  viral. Di pantai ini anda akan mendapati batu granit besar berlukiskan lafadz Allah. Batuan tersebut baru ditemukan belakangan ini dan berhasil membuat heboh banyak wisatawan, sehingga Pantai Batu Perahu pun kian menjadi buah bibir dan semakin ramai dikunjungi.

Bagaimana? Menarik, bukan? Ah, jangan berpikir lama-lama, yuk, agendakan sekarang juga untuk liburan ke Pantai Batu Perahu.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…