in

Pantai Bidari Samadua , Pantai Cantik Nan Elok Yang Wajib Dikunjungi!

Sumber Gambar: Instagram @abisrg
Ketika tiba saatnya weekend datang pastinya banyak dari kita mulai mencari – cari tujuan wisata mana lagi ya yang harus di datangi? Terkadang sampai bingung harus memilih wisata yang mana untuk di datangi saat weekend.
Salah satu pilihan wisata yang dapat kamu kunjungi adalah pantai. Yup, pantai memang akan menjadi salah satu pilihan wisata yang tidak akan pernah membosankan baik bagi pecinta wisata bahari maupun tidak. Bagaimana tidak? Di pantai kita dapat bersantai dengan menyantap hidangan ringan sambil menunggu sunset ditambah suara desiran ombak yang dipecah oleh bebatuan di tepi pantai sungguh membuat hati gembira.
Bagi kalian yang tinggal di wilayah yang destinasi wisata nya di dominasi dengan pantai pastinya merasa beruntung karena tak perlu jauh – jauh keluar kota untuk sekedar self-healing. Nah kali ini ulasan pantai yang dapat kamu jadikan pilihan untuk kamu kunjungi saat weekend berada di Aceh. Pantai ini bernama Pantai Bidari atau orang Aceh menyebutnya Pantee Bidari. Pantai ini terletak di Sama Dua, Kabupaten Aceh Selatan. Keindahan yang pantai ini miliki sungguh tak kalah dengan pantai – pantai lain yang namanya sudah tersohor.
Aceh Selatan memang terkenal dengan wisata baharinya yang sayang untuk dilewatkan. Banyak warga yang memilih untuk datang ke Aceh Selatan karena segudang wisata bahari yang dimilikinya mulai dari air terjun, pantai bahkan sungai.

Pantai Bidari Samadua

Sumber Gambar: seringjalan.com
Pesona pantai yang memiliki pasir berwarna kecoklatan yang halus serta air laut yang biru jernih nampaknya akan membuat hati pengunjungnya jatuh cinta. Di sekitar pantai ini pun dikelilingi oleh perbukitan yang lumayan cukup tinggi.

Beberapa kegiatan asyik dapat kamu lakukan disini misalnya berenang, bermain pasir, bersantai di pinggir pantai bahkan kamu bisa naik ke area perbukitan untuk melihat pemandangan pantai secara keseluruhan. Ombak di pantai ini pun terlihat tenang tak begitu besar dan tak berbahaya sehingga cocok jika kamu membawa anak kecil untuk berenang sambil bermain pasir di pinggir pantai. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan dan mainan si kecil ya!

Sumber Gambar: aneukjameeku.blogspot.com
Jika kamu ingin self healing sekedar merasakan angin sepoi – sepoi kamu bisa duduk dibawah pohon kepala yang rindang yang banyak tumbuh di pinggir Pantai Bidari ini. Pantai ini sendiri sudah lumayan banyak dikunjungi wisatawan karena fasilitas disini pun cukup mendukung.
Bagi kalian yang ingin menyantap makanan sambil menunggu sunset maka bisa mencoba menu hidangan laut mulai dari ikan, udang hingga kepiting yang dijajakan di warung – warung sekitar Pantai Bidari ini. Tak jauh dari kawasan pantai juga terdapat masjid yang dapat kamu gunakan untuk beribadah. Masjid ini bernama Masjid Bustanul Huda jaraknya hanya 2 menit dengan berjalan kaki. Setelah lelah bermain air di pantai ini kamu juga dapat mencoba berendam di kolam renang yang lokasinya ada di sekitar jalan raya pinggir pantai ini. Kolam ini merupakan kolam yang airnya mengalir langsung dari mata air sehingga tak heran warna nya jernih.
Dari kolam ini kamu tetap bisa langsung memandang pemandang Pantai Bidari sambil berenang di kolam. Jika kamu merasa sudah cukup bermain air namun si kecil meminta untuk lanjut berenang di kolam ini maka kamu dapat menunggu serta mengawasi si kecil berenang di gazebo kecil yang telah disediakan dipinggir kolam sambil meminum es kelapa yang segar. Untuk jam operasional Pantai Bidari sendiri biasanya mulai pukul 07.00 pagi dan mulai pukul 21.00 sudah mulai sepi dari kedatangan pengunjung.

Perjalanan Menuju Pantai Bidari Samudua

Daerah Samadua memang terletak jauh dari ibukota Aceh yakni Banda. Jika kamu memulai perjalanan dari kota Banda maka waktu yang harus kamu tempuh sekitar 8 jam dengan mengendarai mobil maupun motor.
Ketika kamu sudah memasuki wilayah Jl. Lintas Barat Sumatera / Jl.Meulaboh – Tapaktuan itu artinya kamu sudah semakin dekat dengan tujuan.
Selama perjalanan memasuki wilayah Tapaktuan kamu akan disuguhi pemandangan pantai sepanjang jalan dan udara mulai terasa adem. Ketika sampai di Pantai Bidari kamu tak perlu khawatir karena kendaraan yang kamu gunakan dapat diparkir dipinggir pantai sehingga aman.
Nah, itu dia beberapa ulasan menarik dari Pantai Bidari Samadua. Silahkan kamu jadwalkan untuk berkunjung kesana dan buktikan sendiri keindahan pantai ini.
Happy Holiday!