OUR NETWORK

Pantai Bukit Raya Putri Serai, Pantai yang Menyajikan Pemandangan Cantik dan Unik

Sumber: reyginawisataindonesia.blogspot.com

 

Pantai ini tentu saja tidak asing bagi masyarakat Kalimatan Barat, khususnya yang tinggal di Kabupaten Sambas. Pantai ini berada di pesisir Laut China Selatan, tepatnya di Desa Jawai Laut, Kecamatan Jawai Selatan.

Luas pantai ini sekitar 56 ha. Pasirnya berwarna putih, dan terhampar luas sepanjang 3 kilometer sehingga mampu memanjakan mereka para penikmat susur pantai. Selain akrab disapa dengan sebutan Pantai Bukit Raya Putri Serai, pantai ini juga sering dipanggil Pantai Jawai.

Lantas apa saja hal menarik dari pantai ini? Berikut ulasan selengkapnya.

Pesona Pantai Bukit Raya Putri Serai

Sumber: reyginawisataindonesia.blogspot.com

Pantai Bukit Raya Putri Serai menyajikan suguhan yang indah dan unik. Disana anda akan menemukan bebatuan yang cantik, sehingga membingkai pantai ini semakin menawan. Selain itu ada juga bukit bukit kecil yang bisa didaki dan dari atas puncaknya anda dapat melihat pemandangan yang luar biasa menakjubkan dan dijamin akan sangat memanjakan mata.

Bebatuan cantik nan unik di pantai ini diantaranya adalah Batu Lapak (telapak kaki) juga Batu Canggar. Nah, Batu Lapak ini memang batu asli. Dimana keunikannya terdapat pada bagian atasnya karena ada bekas telapak kali raksasa. Anda bisa duduk didalam telapak kaki itu. Diperkirakan bekas tersebut merupakan jejak manusia purba. Batu ini kerap kali menjadi incaran wisatawan yang datang sebab merupakan spot yang sangat unik dan tentu saja wajib dipotret serta dipamerkan ke social media.

Sumber: Instagram @hermanto626

Sementara itu Batu Canggar memiliki bentuk yang menjulang dan menunjuk ke langit. Dari atas batu tersebut anda bisa memandangi lautan yang indah dan pulau-pulau disekitar Pantai Bukit Raya Putri Serai.

Biasanya pada hari minggu atau hari libur panjang lainnya Pantai Bukit Raya Putri Serai sangat ramai, Beberapa orang bahkan memanfaatkannya untuk ber-camping bersama para sahabat atau pun keluarga. Pada saat hari raya Idul Fitri banyak sekali warga yang datang ke pantai ini. Apalagi mengingat setiap lebaran, Pantai Bukit Raya Putri Serai kerap kali mendatangkan artis luar kota untuk menghibur para pengunjung pantai. Wah, suasana di pantai pun kian bertambah semarak.

Sumber: info-sambas.blogspot.com

Oh, ya, mayoritas mata pencaharian penduduk di pantai ini adalah sebagai nelayan. Ada lahan perikanan yang disediakan dan menjadi fokus pendapatan penduduk disana.

Adapun fasilitas yang ada di pantai ini terbilang cukup memadai. Tersedia beberapa kantin yang dapat menjadi solusi anda yang perutnya keroncongan setelah seharian bermain di pantai. Anda bisa membeli cemilan lezat dan aneka minuman menyegarkan disana, jadi tidak perlu repot lagi untuk membawa bekal sendiri dari rumah.

Lebih mantap lagi jika anda menyeruput secangkir es kelapa muda dibawah pohon kelapa yang rindang atau hamparan batu, uh, dijamin pasti sangat menyenangkan.

Sumber: Instagram @jawaibekabar

Bagi yang hobi memancing, jangan lupa untuk membawa alat pancing andalan, sebab di tepi pantai ini anda bisa menuntaskan hasrat tersebut. Banyak macam ikan yang bisa dipancing di pantai ini. Seru bukan, apalagi jika bergabung dengan para pemancing lainnya. Tidak hanya berhasil mendapatkan ikan untuk diolah melainkan juga kenalan baru.

Akses Lokasi

Pantai Bukit Raya Putri Serai berjarak sekitar 220 km berada di sebelah utara Kota Pontianak. Apabila anda mencapainya dengan memakai motor, maka harus memakan waktu tempuh kurang lebih selama 5 jam perjalanan dengan melalui jalur Pontianak, Singkawang dan Pemangkat. Setelah itu lalu harus menyebrang menggunakan kapal motor selama 30 menit dari Penjajap menuju Jawai Selatan. Nah, setelah sampai di Jawai Selatan perjalanan harus dilanjutkan kembali menuju pantai sekitar 25 menit.

Apabila memakai mobil, rutenya lebih panjang lagi. Anda harus melalui Pontianak-Singkawang-Pemangkat kemudian menuju daerah Tebas. Estimasi waktu tempuhnya sekitar 5 jam. Sebab anda membawa mobil, itulah kenapa harus menyebrang feri dan itu hanya ada di Tebas. Penyebrangan Penjajap menuju Jawai hanya dapat digunakan untuk menampung motor. Setelah berhasil menyebrang, anda harus melanjutkan kembali perjalanan sekitar 1 jam melewati Pasar Sentebang juga Pasar Matang Suri sebelum tiba di pantai ini.

Sumber: angeliragirl.wordpress.com

Ongkos yang harus anda keluarkan dari Pontianak terbilang cukup terjangkau, jika memakai motor hanya perlu merogoh kocek sebesar 60 ribu plus 11 ribu untuk ongkos penyebrangan. Apabila membawa mobil, menghabiskan 2 kali bensin full tangki untuk pulang pergi, serta ongkos penyebrangan feri 35 ribu. Semua biaya yang harus dikeluarkan akan terbayar dengan keindahan pantai, bukit juga bebatuan yang ada di tempat ini.

Demikianlah ulasan menarik tentang Pantai Bukit Raya Putri Serai. Jika anda sedang berada di Kabupaten Sambas jangan lupa untuk mampir ke pantai ini, dan nikmatilah surga keindahannya.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…