in

Pantai Cina Tua, Saksi Bisu Kedatangan Mandarin di Timur Indonesia

Sumber Gambar: Google Maps @Dimas Prasetianing

Papua adalah salah satu provinsi yang terletak di ujung timur Indonesia, dan menjadi provinsi terluas di Indonesia, yang menurut data Wikipedia memiliki luas wilayah sebesar 319.036,05 km persegi. Dengan wilayah seluas itu, Papua juga memiliki bentang alam yang sungguh mewah nan mengagumkan, bahkan Bumi Cendrawasih itu dikenal sebagai ‘Surga Kecil yang Jatuh ke Bumi’. Lihat saja bagaimana keindahan Lembah Baliem, Kepulauan Raja Ampat, Taman Nasional Teluk Cendrawasih, Taman Nasional Lorenz, hingga Pegunungan Jayawijaya yang merupakan rangkaian pegunungan tertinggi di Indonesia dengan salju abadi di puncaknya. Belum lagi soal pantai-pantainya yang juga tak kalah eksotis, salah satunya adalah Pantai Cina Tua. Tak Cuma eksotis, tempat ini juga menyimpan sejarah yang panjang di ujung timur Indonesia.

Sebelum ke Pantai Cina Tua, Kenali Dulu Lokasinya

Nah, lokasi dari Pantai Cina Tua ini berada di Kota Serui, Kabupaten Kepulauan Yapen, Provinsi Papua. Lokasinya gak susah kok, bahkan sangat dekat dengan kantor bupati Kepulauan Yapen di Jl. Irian, Serui Kota, Yapen Seletan, Kabupaten Kepulauan Yapen, hanya berjarak sekitar 2,5 km dan bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor selama 10 menit. Jalan yang sudah teraspal mulus juga membuatmu bisa leluasa menggunakan kendaraan roda empat untuk menuju ke Pantai Cina Tua. Jarak parkir kendaraan bermotor dengan bibir pantai juga tak terlalu jauh, hanya sekitar beberapa meter.

Ada Sejarah Dibalik Nama Pantainya

Sumber: KITLV Leiden

Kira-kira tahu gak dengan sejarahnya? Yah, seperti nama pantai yang satu ini, sejarahnya juga tak jauh-jauh dari negeri China. Menurut informasi, pantai ini menjadi pendaratan pertama masyarakat keturunan Cina atau Tionghoa di Serui sekitar tahun 1920 silam, atau 25 tahun sebelum Indonesia merdeka. Sejarah itu juga menjadi asal muasal terbentuknya Kampung Cina di sekitar Pantai Cina Tua yang cantik ini.

Nah, Ini yang Menjadi Daya Tarik Pantai Cina tua

Sumber Gambar: Instagram@yanusanugroho

Pemandangan di Pantai Cina Tua, atau yang biasa disebut masyarakat setempat dengan Pantai Cinta ini benar-benar menawan. Di sana kamu bisa melihat hamparan laut luas dengan batas berupa perbukitan hijau di sebelah kirinya. Aktivitas perahu-perahu nelayan yang hilir mudik di tepi pantai juga bisa menjadi daya tarik tersendiri. Apabila ingin melihat keindahan pantai ini dengan lebih leluasa, kamu bisa menuju ke ujung dermaga. Duduk bersantai di ujung dermaga sembari menikmati hembusan angin yang sepoi-sepoi akan menjadi cara terbaik untuk menikmati keindahan Pantai Cina Tua.

Dari kejauhan, kamu juga bisa melihat aktivitas di Pelabuhan Serui. Ya, pantai ini lokasinya juga tak terlalu jauh dari Pelabuhan Serui, hanya sekitar 1 km dan bisa ditempuh dengan cara berjalan kaki selama 10 hingga 15 menit.

Senja yang Cantik di Pantai Cinta

Sumber Gambar: Instagram @hagaisatria

Tak cuma menyuguhkan bentang alamnya, lokasi Pantai Cina Tua yang menghadap sedikit ke barat juga membuatnya memiliki pemandangan senja yang cantik. Waktu golden hour itu sering dimanfaatkan oleh warga setempat atau pun wisatawan untuk sekedar bercengkrama menghabiskan waktu di bibir pantai.

Sumber Gambar: Google Maps @JETU 28

Sementara anak-anak dengan serunya bermain bersama rekan-rekannya sembari menikmati keindahan matari senja yang berbalut warna kuning keemasan.

Nasib Pantai Cinta (Cina Tua) yang Malang

Sumber Gambar: Kaskus @sapabae183

Namun sangat disayangkan, kondisi Pantai Cina Tua sedikit kotor dengan banyaknya sampah yang berserakan di bibir pantai. Tumpukan sampah tersebut bukan hanya dari sampah para pengunjung atau warga di sekitar pantai, melainkan juga dari tempat lain yang terbawa ombak air laut dan mendarat di Pantai Cina Tua. Tidak hanya di pantainya saja, di perkampungan dekat pantai juga terdapat tumpukan sampah.

Mari Jaga Kebersihan Pantai Cina Tua

Sudah saatnya kita ikut menjaga kebersihan Pantai Cina Tua, karena sangat disayangkan tempat seindah ini harus dirusak oleh pemandangan sampah-sampah yang berserakan. Mari buang sampah pada tempatnya, atau kalau memang kalian sulit menemukan tempat sampah di lokasi Pantai Cina Tua, ada baiknya bawa pulang sampahmu dan buang di tempat yang seharusnya. Jangan meninggalkan apa pun di tempat wisata, terutama sampah. Biarkan alam tetap menunjukkan keindahannya.

Selamat Berlibur. Salam lestari!!!