OUR NETWORK

Pantai florida, Sumatera Utara

Sumber Gambar: kompasiana.com

Pantai Florida yang dimaksud di sini, bukan pantai yang berada di Kota Florida, Miami, Amerika Serikat. Bukan pula Pantai Florida yang bersebelahan dengan Pantai Anyer dan Pantai Cibeureum, Banten, melainkan nama objek wisata alam yang ada di Langkat Sumatera Utara.

Berbeda dengan Pantai Florida yang ada di Amerika Serikat dan Pantai Florida yang ada di Banten yang objeknya memang berupa daratan berpasir di pinggir laut, Pantai Florida yang ada di Langkat berupa pemandian alam yang terbentuk dari aliran sungai yang mengalir di salah satu sisi Pegunungan Bukit Barisan.

Sumber Gambar: idntimes.com

Pemandian alam ini memiliki panorama alam yang indah, sungai yang berhias batu-batu kali dengan airnya yang dingin dan segar plus air terjun. Tidak heran jika objek wisata ini tidak pernah sepi dari pengunjung, terlebih pada musim liburan.

Perjalanan Menuju Pantai Florida

Terletak di Desa Namu Ukur, Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara, lokasi dari objek wisata ini dapat ditempuh sekitar 1 jam jika berangkat dari Medan dan sekitar 30 menit jika dari Kota Binjai, yang merupakan ibukota dari Kabupaten Langkat.

Perjalanan menuju lokasi memang tidak dapat dikatakan berat, karena semua jalan yang dilalui sudah beraspal. Hanya saja harus tetap menjaga konsentrasi karena jalan tersebut banyak yang rusak dan berlubang. Terlebih sebagian besar jalan yang dilewati berukuran kecil dan hanya dapat dilalui oleh satu kendaraan roda empat.

Sumber Gambar: kompasiana.com

Hentikan kendaraan setelah sampai di depan SMA 01 Sei Bingai, karena area parkir dari Pantai Florida tepat di depan sekolah tersebut. Selanjutnya, perjalanan harus ditempuh dengan berjalan kaki sejauh kurang lebih 500 meter dengan jalan yang menurun dan berliku-liku. Di atas ketinggian jalan yang menuju lokasi itulah dapat dilihat panjangnya aliran sungai yang bagian pinggirnya berdiri pondok-pondok dengan berbagai bentuk dan ukuran yang disewakan kepada para pengunjung.

Aktifitas Seru di Pantai Florida

Sesampai di lokasi, tidak ada aktifitas lain yang dapat dilakukan kecuali menikmati indahnya pemandangan sekeliling sambil menghirup udara yang bersih dan segar. Keindahan tersebut terbangun dari aliran sungai yang deras namun landai dengan berbagai macam jenis batuan yang menghiasinya. Di salah satu sisi sungai, tampak pohon-pohon besar dan bebukitan yang menjadi pagar sehingga menambah cantik panorama yang ditampilkan.

Sungai dengan airnya yang jernih, sudah barang tentu sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja. Itu sebabnya, wisatawan yang berkunjung ke sini hampir selalu menyempatkan diri untuk mandi, berenang dan bermain air.

Sumber Gambar: gobatak.com

Meski arus dari sungai ini cukup deras, namun terbilang aman untuk dipakai mandi dan berenang karena bentuk sungainya yang landai. Namun demikian, bagi yang membawa anak kecil jangan membiarkan putra-putrinya berenang sendirian tanpa ada yang mendampingi, mengingat bagian tengah sungai cukup dalam. Bahkan ada yang memiliki kedalaman lebih dari satu meter. Selain itu, arusnya yang deras ditambah batu-batu besar yang ada di setiap sudut sungai cukup berisiko bagi anak-anak yang berenang sendirian tanpa didampingi oleh orang tua.

Salah satu aktifitas seru yang banyak dilakukan wisatawan saat berkunjung ke Pantai Florida adalah melakukan aktifitas tubing dengan menyusuri aliran sungai menggunakan ban. Untuk melakukan aktifitas ini, pengunjung harus terlebih dahulu berjalan membawa ban menuju ke bagian hulu sungai, kemudian duduk di atas ban dan membiarkan tubuhnya hanyut dibawa aliran sungai.

Sumber Gambar: Youtube @Zumiran Zozo

Pada saat ban berjalan mengikuti aliran sungai, tidak jarang akan menabrak dan tersangkut batu-batu besar yang ada di sungai. Tidak perlu khawatir karena hal tersebut tidak berbahaya, bahkan disitulah letak keseruan dari permainan ini. Selain itu, ban tidak jarang salah arah sehingga menuju ke tengah sungai yang cukup dalam. Bagi yang kurang pandai berenang, sudah barang tentu akan berteriak-teriak ketakutan.

Aktifitas lainnya yang wajib dilakukan saat berkunjung ke sini adalah melihat air terjun. Untuk menuju ke lokasi air terjun, pengunjung harus terlebih dahulu menyeberangi sungai dengan melewati arus yang deras. Agar tidak terbawa arus, saat menyeberang sebaiknya saling bergandengan tangan dengan mereka yang pandai berenang, karena ada bagian sungai yang memiliki kedalaman lebih dari 1 meter.

Sesampai di lokasi air terjun, Anda akan dibuat terpanah oleh keindahan dari air yang jatuh dari atas ketinggian, meskipun air terjun yang satu ini relatif kecil. Batu cadas yang menjadi dinding dari air terjun menambah keindahan dari pemandangan yang tersaji, begitu juga dengan kolam alaminya yang memiliki air berwarna hijau toska. (*)

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…