OUR NETWORK

Pantai Karang Agung : Destinasi Wisata Eksotik Berbudget Murah di Kebumen

Source Image: inibaru.id

Tak hanya Bali, pulau Jawa juga menyimpan banyak tempat destinasi wisata yang menjanjikan. Salah satu diantaranya adalah kota Kebumen yang terletak di provinsi Jawa Tengah. Kebumen memiliki destinasi wisata seperti benteng Van der Wick, cagar alam geologi Karansambung, hingga tempat wisata pemicu adrenalin bagi Anda penyuka olahraga ekstrim seperti arung jeram Padegolan. Namun, karena letak Kebumen yang berada di pesisir Jawa bagian selatan membuat kota ini memiliki destinasi wisata yang didominasi oleh pantai-pantai cantik juga indah. Beberapa pantai yang sudah dikenal diantaranya adalah pantai Logending atau pantai Ayah, pantai Menganti dan Pantai Karang Bolong.

Sumber: pantainesia.com

Pantai Karang Agung adalah salah satu dari pantai yang cukup unik dibandingkan pantai-pantai lainnya karena pantai ini tidak memiliki pasir. Sesuai dengan namanya, pantai ini didominasi oleh karang-karang besar dan kecil. Bila Anda ingin menikmati liburan di tempat yang tidak terlalu banyak wisatawan maka Pantai Karang Agung adalah salah satu destinasi yang menjanjikan.

Sumber: inibaru.id

Pantai Karang Agung terletak di desa Argopeni, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Dari kecamatan Ayah, bisa melalui jalan Bukit Adiraja dan Jalan Ayah-Karangbolong untuk mencapai desa Argopeni. Atau bisa saja melalui Jalan Tlogosari. Selanjutnya dari desa Argopeni, Anda bisa menyusuri Jalan Ayah-Karangbolong sejauh 600 meter, kemudian berbelok ke kiri masuk ke Jalan Pantai Karangagung sejauh 600 meter.

Lebih jelasnya, bila dari desa Argopeni langsung ke Pantai Karang Agung, dapat dilihat rutenya pada Google Maps.

Ada dua jalur agar bisa sampai ke pantai ini. Anda bisa memilih jalur barat yang akan melalui Gombong lalu Rowokele, Pantai Logending lalu desa Argopeni. Sementara itu, jalur timur dari Gombong lalu Karangbolong, Pasir, kemudian Karangduwur dan Desa Argopeni. Jarangnya kendaraan angkutan umum di daerah ini membuat Anda harus memilih alternatif lebih mudah yaitu kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat.

Bila perjalanan Anda sudah mencapai Desa Argopeni, Anda bisa mencapai lokasi pantai Karang Agung dengan melewati hutan Jati milik Perhutani terlebih dahulu. Beberapa alternatif yang bisa dilakukan adalah dengan berjalan kaki atau berkendara dengan sepeda motor. Bila ingin berjalan kaki, maka kendaraan bermotor Anda baik itu beroda dua dan empat bisa dititipkan di sebuah warung di desa sebelum masuk hutan. Anda tidak perlu bingung karena hanya ada satu warung di daerah itu sebagai “gerbang” masuk menuju area pantai. Estimasi waktu berjalan kaki adalah sekitar tiga puluh menit perjalanan ke pantai Karang Agung, namun bila memakai sepeda motor mungkin bisa lebih bisa menghemat karena hanya memerlukan waktu sekitar 7 atau 8 menit bila bolak-balik.

Sumber: Instagram @visitargopeni

Berbicara mengenai biaya masuk ke Pantai Karang Agung terbilang sangat murah. Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar lima ribu rupiah untuk masuk ke kawasan pantai. Biaya parkir pun hanya sekitar dua ribu rupiah per motor. Beberapa gambar Pantai Karang Agung yang eksotis dengan karang-karangnya yang indah bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

Sumber: Instagram @ginanjar_subekti

Panorama alam serta paduan harmonis warna biru dan hijau dari Pantai Karang Agung membuat pariwisata Kebumen tidak kalah dengan destinasi wisata lain di Indonesia.

Untuk berjaga-jaga Anda bisa membawa bekal dari rumah berupa minuman atau snack bila Anda adalah orang yang tidak terbiasa makan di luar. Namun, bila Anda tidak masalah dengan hal tersebut, maka di dekat pantai juga ada beberapa pedagang yang menjual bermacam makanan serta minuman. Demi kelancaran liburan Anda, sebaiknya Anda dan teman-teman serta keluarga datang ke Pantai Karang Agung pada saat pagi hari karena bila sudah sore menjelang malam, medan hutan yang Anda lalui saat menuju ke kendaraan yang terparkir tidak akan memiliki penerangan sama sekali. Namun, jikalau Anda dan teman-teman serta keluarga sudah merencanakan secara matang akan melihat matahari terbenam (sunset) bersama-sama serta tidak mempermasalahkan akan waktu dan rute, maka Pantai Karang Agung pun menjadi salah satu destinasi pantai yang tidak akan mengecewakan. Memotret gambar apik pantai Karang Agung yang diambil pada saat matahari terbenam (sunset) sangat instagrammable tentunya untuk dijadikan kenang-kenangan liburan bersama orang-orang tercinta.

Sumber: Instagram @kebumenmemotret

Batu karang yang secara ikonik berdiri gagah dan menjadi latar belakang gambar pantai Karang Agung tersebut merupakan batu yang sangat dikeramatkan oleh warga Kebumen, khususnya warga desa Argopeni yang menjadi lokasi pantai Karang Agung. Warna gelap karang pada saat menjelang malam berpadu indah di depan mata lensa dengan warna biru kemerahan langit dan cahaya matahari terbenam (sunset) Kebumen.

Sumber: Instagram @videolucuhaha

Tidak sama dengan beberapa pantai lainnya, pantai Karang Agung di desa Argopeni ini masih jarang terjamah oleh para wisatawan sehingga sangat cocok bagi Anda yang ingin menikmati liburan serta berfoto-foto ria dengan budget murah di Jawa tanpa harus ke Bali untuk mengabadikan momen holiday dan weekend terbaik di hidup Anda.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…