OUR NETWORK

Pantai Kilo Lima, Destinasi Wisata Bahari di Tepi Kota Luwuk

Source Image: Instagram @rogernayoan

Pernah mendengar Pantai Kilo Lima? Untuk kamu yang bermukim di Sulawesi Tengah, khususnya Kabupaten Banggai, Pantai Kilo Lima seharunya bukan lagi nama yang asing di telinga. Hal itu tidak lepas dari anggapan masyarakat bahwa Pantai Kilo Lima adalah ikon dari Kota Luwuk, yang tidak lain adalah ibu kota Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.
Nah, dari pada jauh-jauh ke luar kota untuk menikmati keindahan wisata bahari, tidak ada salahnya kamu menjadikan Pantai Kilo Lima sebagai destinasi wisata keluarga di akhir pekan. Mari berkenalan sejenak dengan pantai yang satu ini.

Pantai Kilo Lima

Nama yang unik bukan? Menurut penuturan warga sekitar, pantai ini dinamakan demikian karena jaraknya hanya 5 km dari pusat Kota Luwuk, yang mana titik 0 km berada di kantor pos. Kebiasaan warga Kota Luwuk yang menyebut jarak sebagai nama tempat, membuat pantai cantik ini dinamakan dengan Pantai Kilo Lima.

Kondisi Pantai Kilo Lima

Sumber: Instagram @rogernayoan

Pantai Kilo Lima memiliki garis pantai yang cukup panjang, di mana sebagian besarnya diselimuti oleh pasir yang halus dan berwarna putih bersih. Ombak di sana juga sangat tenang, karena ganasnya ombak telah terhalang oleh Pulau Banggai yang terletak di seberang pantai. Sementara itu, laut di sana juga sangat bersih dengan menyuguhkan air yang berwarna biru, diselingi gradasi warna yang eksotis. Di tepi pantai terdapat pepohonan hijau, yang sesekali bisa digunakan sebagai tempat untuk berteduh.

Di sekitar Pantai Kilo Lima telah dibangun tanggul yang bertujuan untuk melindungi wilayah sekitar dari bahaya abrasi. Bagi kamu yang ingin menuju ke bibir pantai, harus terlebih dahulu menuruni tanggul dengan melewati tangga beton yang telah disediakan di beberapa titik lokasi.

Menikmati Terumbu Karang dengan Snorkeling

Sumber: Instagra, @chandrahamzahmarola

Lebih menariknya lagi Pantai Kilo Lima memiliki terumbu karang yang cantik, walau pun tidak sebagus di Taman Laut Bunaken atau Olele. Meskipun demikian, keindahannya akan sangat sayang untuk dilewatkan, dan bagi kamu yang penasaran bisa menikmatinya dengan cara snorkeling tak jauh dari bibir pantai. Oh ya, ada baiknya kamu meminta bantuan dari penduduk sekitar untuk menunjukkan spot snorkeling terbaik di Pantai Kilo Lima. Menariknya, untuk snorkeling di Pantai Kilo Lima kamu tidak akan ditarik biaya sepeser pun alias gratis.

Berenang dan Aktivitas Lain di Pantai Kilo Lima

Sumber: Instagram @irmabijo

Apabila tidak membawa peralatan snorkeling, masih ada cara lain untuk menikmati pesona Pantai Kilo Lima. Ombaknya yang tenang akan sangat memungkinkanmu untuk berenang di sana atau hanya sekedar bermain air. Kontur Pantai Kilo Lima yang cenderung landai juga mendukung para wisatawan untuk berenang di tepi panti.

Apabila tidak ingin basah-basahan, kamu juga bisa berkeliling pantai dengan menyewa perahu nelayan setempat. Tentu, akan menjadi sebuah pengalaman yang sangat seru, berkeliling pantai di atas birunya laut sambil ditemani oleh angin yang berhembus semilir. Kamu pun bisa duduk-duduk di tepi pantai, memanfaatkan kursi dan gazebo yang telah disediakan.

Menikmati Kudapan Favorit Kota Luwuk

Sumber: cookpad.com

Berkunjung ke Pantai Kilo Lima belum lengkap apabila kamu tidak mencicipi makanan khas setempat. Di sekitar pantai terdapat warung-warung sederhana yang menjual aneka makanan khas, salah satunya adalah ikan bakar kadompeng yang kaya akan gizi dan memiliki cita rasa yang sangat lezat. Ada pula menu wedang saraba dan pisang goreng sambel roa yang nikmat.

Lokasi Pantai Kilo Lima

Sumber: bataritours.com

Seperti yang telah disinggung di awal, pantai ini hanya berjarak lima kilometer dari pusat Kota Luwuk, lebih tepatnya berada di Jl. Jend. Sudirman, Bukit Mambual, Luwuk Selatan, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. Akses menuju ke lokasi juga tidak sulit, terlebih lokasi Pantai Kilo Lima sangat dekat dengan jalan raya. Kamu pun bisa menggunakan berbagai macam kendaraan bermotor untuk bisa sampai di lokasi, entah itu menggunakan roda dua atau pun roda empat.


Itulah sekilas cerita tentang Pantai Kilo Lima. Jangan mengambil apa pun di tempat wisata alam kecuali gambar, jangan meninggalkan apa pun kecuali jejak, dan jangan membunuh apa pun kecuali waktu.

Selamat Berlibur!!!

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…