OUR NETWORK

Pantai Kubu, Pantai Dengan Air Cokelat

Pantai Kubu, Pantai Dengan Air Cokelat
Sumber Gambar: ksmtour.com

Kali ini kita akan membahas salah satu wisata alam yang berasal dari salah satu wilayah yang ada di Indonesia tepatnya di Kalimantan Tengah. Wisata yang akan kita bahas kali ini memiliki keunikan. Keunikan tersebut berasal dari warna air pantai yang berwarna cokelat. Air yang berwarna cokelat ini berasal dari hutan gambut yang berada di dekat lokasi pantai.

Pantai pada umumnya biasanya berwarna biru, beberapa pantai tersebut cenderung tidak memiliki ciri khas, karena warna air nya seperti pada umumnya biru. Berbeda kan dengan Pantai Kubu yang airmnya coklat, air cokelat ini ciri khasnya loh Gaes.

Daripada penasaran, yuk kita bahas kelebihan dari pantai dengan air cokelat ini.

Daya Tarik Pantai Kubu

Pantai Kubu ini berlokasi di Kabupaten Kotawaringin Bara, Provinsi Kalimantan Tengah. Pantai ini merupakan tempat para nelayan berkumpul. Pantai  berpasir putih kecoklatan ini merupakan salah satu objek wisata favorit yang ada di Pangkalan Bun. Pantai ini merupakan tempat yang sangat cocok untuk menyendiri karena jauh dari keramaian kota. Seperti sudah dijelaskan di awal bahwa pantai ini memiliki air yang berwarna cokelat.

Sumber : Instagram @sukma_nilam_cahya
Sumber : Instagram @sukma_nilam_cahya

Kamu bisa mencoba banana boat saat berada di pantai ini. Untuk dapat menikmati desiran ombak dengan banana boat, kamu harus masuk terlebih dahulu ke lokasi wisata. Di lokasi wisata ini terdapat dua pintu masuk, yakni pintu masuk yang berbentuk patung buaya dan kepiting. Kedua pintu masuk ini mempunyai kelebihan. Jika kamu berkunjung ke pantai ini melalui, maka kamu bisa menjajakan kaki di dermaga kayu yang memiliki panjang 300 meter dari bibir pantai yang mengarah ke laut.

Sumber : Instagram @annisa_nieza
Sumber : Instagram @annisa_nieza

Pada saat kamu melewati dermaga kayu, maka kamu dapat merasakan semilir angin pantai yang sangat sejuk sambil menikmati keindahan panorama pantai lepas laut. Bagi wisatawan yang berkunjung ke Pantai Kubu melalui pintu masuk dengan patung buaya, maka kamu dapat menikmati beberapa fasilitas yang ada, salah satunya adalah banana boat. Kamu juga bisa menyewa perahu untuk berkeliling dengan biaya yang cukup terjangkau.

Sumber : Instagram @mamad_agus.r
Sumber : Instagram @mamad_agus.r

Fasilitas lain yang menarik ternyata sudah lengkap di lokasi Pantai Kubu. Terdapat warung makan di sekitar pantai yang menjajakan makanan hasil dari olahan laut seperti cumi-cumi, kepiting, lobster dan olahan laut lainnya. Di lokasi ini juga terdapat toko khusus yang menjual berbagai macam souvenir khas Kalimantan. Bagi kamu yang ingin menginap di sekitar pantai sudah tersedia banyak penginapan untuk menginap.

Akses Untuk Menuju Pantai Kubu

Pantai Kubu ini berada di Kec. Kumai, Kab. Kotawaringin Barat, Prov. Kalimantan Tengah, Indonesia. Pantai Kubu bisa dicapai dengan mudah melalui Pangkalan Bun dengan menggunakan kendaraan darat baik kendaraan pribadi maupun kendaraan sewaan. Karena untuk belum tersedia angkutan umum untuk menuju Pantai Kubu. Biasanya biaya sewa kendaraan yang dikenakan untuk menuju Pantai Kubu sangat terjangkau, harga sewa mobil kurang lebih sekitar Rp. 200.000. jarak Pantai Kubu dari Pangkatan Bun kurang lebih sekitar 30 kilometer.

Kesimpulan

Jika kamu ingin menikmati indahnya sunset, maka kamu bisa menunggu hingga sore hari, kamu bisa menunggu di rumah makan yang berada di sekitaran Pantai Kubu. Jika kamu berada di pantai ini dari pagi hari, maka kamu bisa menggunakan topi untuk menghindari panas terik matahari. Karena ombak di pantai ini cukup tenang, kamu bisa berenang di sekitaran pantai. Pantai ini juga sangat nyaman digunakan untuk berekreasi dengan keluarga sembari bersantai di pinggir pantai dengan menikmati es kelapa muda. Harga yang dipatok oleh pedagang sekitar pantai untuk makanan juga sangat terjangkau, jadi kamu bisa sedikit berhemat.

Sumber Gambar: ksmtour.com

Namun sayang beberapa pondok bekas rumah makan banyak yang dibiarkan rusak, sehingga banyak ditemukan bekas pondok makan yang tidak terawat, tentu hal ini harus segera ditangani oleh pemerintah agar tidak menganggu para wisatawan yang berkunjung ke Pantai Kubu.

Kamu bisa merasakan udara pantai yang sejuk dan desiran ombak yang tenang di pantai ini. karena pantai ini menghadirkan suasana tenang, maka kamu bisa berkunjung ke pantai bersama dengan pasangan karena suasana pantai yang tenang cocok untuk berduaan. Jika sudah di lokasi jangan lupa nikmati keindahannya dan abadikan momennya. Salam semangat.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…