OUR NETWORK

Pantai Labuhan Jukung Tempat Wisata Surfing Terbaik

Pantai Labuhan Jukung menjadi salah satu dari wisata pantai yang sekaligus menjadi wisata pulau. Pulau yang terletak di seberang pantai bukan menjadi spot utama dari destinasi wisata alam ini. Walau demikian, keberadaan dari pulau tersebut sekedar menjadi pelengkap dan sekaligus sebagai ciri khas dari pantai yang ada di Krui, Lampung ini.

 

Sumber: Instagram @siofanneo

Selain keberadaan dari pulau kecil, ada hal lain yang menarik dari tempat wisata pantai ini. Hal itu ialah pantau ini termasuk ke dalam golongan free destination. Sehingga pantai pun selalu menjadi referensi wisata utama di Krui dalam segala masa. Serta tanpa harus memperdulikan kondisi keuangan, entah sedang dalam kondisi kritis ataupun sedang mendapat rezeki yang berlimpah. Hal menarik lain dari pantai ini yaitu ombak lautnya. Ombak laut di area pantai menjadi ombak terbaik untuk surfing. Dengan kondisi ombak tersebut membuat surfing menjadi hal yang paling menarik dan menjadi tujuan utama di Pantai Labuhan Jukung.

Lokasi Pantai Labuhan Jukung

Letak dari Pantai Labuhan Jukung saat ini berada di Pekon, Kampung Jawa, Pesisir Tengah, Krui. Khusus untuk lokasi dari pantai ini mungkin masih tersebar akan 2 buah versi.

Versi lokasi pertama yaitu berada di daerah Krui yang merupakan lokasi administratif baru dari pantai. Sedangkan untuk letak versi yang kedua yaitu berada di daerah Lampung Barat.

Sumber: Instagram @kruitourism

Kedua dari versi lokasi pantai ini disebabkan karena adanya perubahan administratif pada pemerintahan Lampung. Dahulu daerah Krui masih berada di dalam kawasan administratif Lampung Barat. Tetapi pada 2013, daerah Krui memisahkan diri dari Lampung Barat dan membentuk Kabupaten baru, yaitu Kabupaten Krui.

Sumber: Instagram @adellwpa

Hal ini cukup berpengaruh pada peta lokasi dalam Google map. Di dalam kondisi Google map sendiri Kabupaten Krui belum terdapat pada Google map. Sehingga saat mencari tahu keberadan dari pantai, pada keterangan lokasi masih menggunakan Kab Lampung Barat dan bukan Kab Krui.

Rute Lokasi Menuju Pantai Labuhan Jukung

Sebenarnya rute lokasi dari pantai ini cukup jauh dari pusat kota Bandar Lampung. Tetapi waktu perjalanan menuju pantai cukup singkat. Karena lokasi dari dari Pantai Labuhan Jukung sangat strategis dan mudah dijangkau. Waktu perjalanan yang dibutuhkan pun mungkin hanya akan memakan waktu ±2 jam.

Sumber: Instagram @arm.adrians

Cukup dengan menyelusuri sepanjang jalur lintas Sumatra Barat. Setelah memasuki daerah Krui, hal yang menjadi patokan dating pantai yaitu Masjid Jami AL Khotob. Tepat sebelum masjid tersebut, terdapat jalan masuk yaitu Jl palapa. Ikuti saja jalan masuk tersebut dan ambil arah lurus hingga sampai di lokasi pantai.

Harga Tiket Masuk Pantai Labuhan Jukung

Harga tiket masuk menuju ke Pantai Labuhan Jukung adalah gratis. Begitu pula dengan biaya tarif parkirnya yang juga tidak adanya tarif parkir apapun. Selain itu jika ingin memanfaatkan tempat duduk juga sangat bebas dan tidak ada tarif sewa sama sekali.

Sumber: Instagram @sailiwa

Tetapi kebijakan atas free HTM tersebut tidak berlaku setiap saat / setiap hari. Jadi pada hari – hari tertentu, untuk mengunjunggi pantai ini, akan dikenakan tarif masuk. Hal tersebut biasanya terjadi pada hari lebaran.

Sumber: Instagram @marka_dinata

Besar tarif tiket masuk tidak dapat diprediksi dengan tepat. Dengan kata lain tidak ada tarif tiket masuk tidak menentu dan dapat berubah setiap saat. Namun untuk rentang dari tiket masuk berkisar antara nominal 2000 IDR – 10.000 IDR. Selain tarif tiket masuk, juga terdapat tarif parkir. Tarif parkir hanya berlaku pada hari – hari tertentu sama dengan kebijakan atas tarif masuknya. Besarnya tarif parkir motor yaitu 5.000 IDR dan untuk mobil sebesar 10.000 IDR.

Fasilitas Pantai Labuhan Jukung

Fasilitas yang tersedia di dalam destinasi wisata alam ini yaitu sangat memadai, walaupun tidak terlalu kompleks. Hal itu cukup wajar mengingat Pantai Labuhan Jukung termasuk ke dalam free destination.

Daftar fasilitas yang ada di wisata pantai ini meliputi toilet, kamar bilas, bangku, area food court, penginapan, tempat parkir akses transportasi air, sewa papan surfing dan lain sebagainya. Dengan fasilitas tersebut membuat destinasi wisata pantai ini patut menjadi tempat wisata terbaik untuk surfing.

Sumber: Instagram @tamaa_11

Suasana surfing di pantai ini pun menjadi sangat menyenangkan. Karena dapat memilih tempat duduk dan memanfaatkannya sesuka hati. Selain itu kondisi pasir laut yang sangat putih sangat menyejukan mata. Setelah selesai surfing, dapat mengisi energi di area food court.

Spot Pantai Labuhan Jukung

Berikut ini adalah daftar spot di pantai labuhan jukung :

1. Surfing

Sumber: Instagram @riez_aries

Surfing menjadi spot utama di destinasi wisata alam ini. Oleh karena itu pada saat – saat tertentu, area pantai dipenuhi dengan peselancar. Baik itu hanya untuk sekedar hobi, latihan ataupun belajar surfing. Kondisi ombak pada pantai ini menjadi ombak terbaik untuk surfing. Ombak laut cukup tinggi dengan kondisi pantai yang hanya dipenuhi dengan area pasir, membuat destinasi wisata pantai ini menjadi tempat terbaik untuk surfing.

Dengan tidak adanya terumbu karang di area tersebut, membuat aktivitas surfing sangat aman. Karena sangat minim cidera / terluka apabila tubuh kehilangan keseimbangan. Jadi walaupun terjatuh dan terhempas oleh ombak, tidak perlu khawatir. Karena pasir tidak akan melukai tubuh.

Untuk waktu yang tepat dalam melakukan surfing yaitu pada bulan April – September. Kondisi ombak pada bulan tersebut sangat tinggi. Bahkan menjadi titik ombak tertinggi jika dibandingkan dengan ombak selain bulan tersebut. Suasana surfing pun menjadi sangat menantang.

2. Pulau Pisang

Sumber: Instagram @pesisirbarat_

Bagi yang hendak berwisata pulau, Pantai Labuhan Jukung ini sangat recommended. Pulau Pisang memang sangat menarik dan mempunyai view yang menakjubkan. Kondisi pulau dipenuhi dengan jajaran pohon kelapa. Jadi membuat kesan dari pulau pisang seperti hutan pohon kelapa.

Ada suatu tempat di pulau ini yang berupa gugusan tebing yang menjulang tinggi. Sekilas kondisi tebing mempunyai kemiripan dengan lokasi descendants of the sun, hanya saja tidak ada kapalnya.

Akses menuju ke pulau pisang sangat mudah dijangkau dari pantai ini. Tarif sewa kapal menuju ke Pulau Pisang yaitu 800.000 IDR. Sedangkan untuk tarif reguler yaitu 20.000 IDR per orang.

3. Kuliner Khas Krui

Saat mengunjunggi wisata Pantai Labuhan Jukung ini, tidak lengkap jika belum mencoba makanan khas Krui. Kuliner tersebut yaitu Nasi Uduk.

Ada suatu yang membedakan antara Nasi Uduk Krui ini dan Nasi Uduk Jakarta. Perbedaan tersebut terletak pada penggunaan lauknya. Untuk Nasi Uduk Jakarta umumnya menggunakan lauk daging ayam. Tetapi tidak untuk Nasi Uduk khas Krui ini yang tidak menggunakan daging ayam. Lauk yang terdapat pada Nasi Uduk ini yaitu ikan tuhuk. Ikan tuhuk merupakan salah satu hasil laut khas daerah pesisir Krui ini dan merupakan sejenis ikan marlin. Selain dimanfaatkan sebagi lauk Nasi Uduk, terdapat berbagai macam olahan ikan tuhun yang dapat dijumpai di Krui.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…