OUR NETWORK

Pantai Lampuuk, Pantai Eksotis yang Telah Pulih dari Keganasan Tsunami

Masih ingat dengan tsunami yang menerjang Aceh pada 26 Desember 2004 yang lalu? Ya, bencana alam maha dahsyat itu pun menyisakan duka yang mendalam bagi warga Aceh. Selain kehilangan sanak keluarganya, gelombang tsunami setinggi 30 meter itu juga menghancurkan rumah dan harta benda warga Aceh. Semua tak ada yang tersisa, kecuali hanya seonggok puing-puing yang tak lagi berguna.

Sumber: Instagram @pakdotkepik

Tak hanya itu, tsunami juga merusak banyak tempat wisata alam yang ada di Aceh. Dari sekian banyak wisata alam yang luluh lantah diterjang gelombang tsunami, salah satunya adalah Pantai Lampuuk. Hotel-hotel yang ada di sekitar Pantai Lampuuk roboh rata dengan tanah dan bahkan setengah dari penduduk meninggal diterjang oleh ganasnya gelombang tsunami.

Trauma Penduduk di Sekitar Pantai Lampuuk

Gelombang tsunami yang menerjang Aceh membuat banyak pohon pinus di pantai Lampuuk tumbang. Gelombang dahsyat itu juga menyisakan puing-puing, yang membuat warga Aceh semakin trauma untuk datang berwisata ke Pantai Lampuuk. Oleh sebab itu, Pantai Lampuuk sempat ditutup sementara untuk aktivitas wisata. Akan tetapi lambat laun Pantai Lampuuk telah pulih dan kembali menunjukkan keindahannya. Kini Pantai Lampuuk kembali menjadi primadona bagi warga Aceh.

Lokasi Pantai Lampuuk

Sumber: Instagram @anggiaples

Bagi yang ingin berkunjung ke Pantai Lampuuk, kamu hanya perlu menempuh perjalanan sejauh 15 km dari ibu kota Aceh, Banda Aceh atau dengan waktu tempuh selama 30 menit untuk menuju ke desa Meunasah Masjid, kecamatan Lhoknga, kabupaten Aceh Besar. Meskipun bukan warga Aceh, namun kamu dipastikan tak akan kesulitan untuk menemukan pantai cantik yang satu ini. Karena pantai ini sendiri sudah terdaftar di Google Maps, sehingga kamu hanya perlu mengaktifkan internet di ponsel dan ikuti arah yang disarankan oleh Google Maps.

Daya Tarik Pantai Lampuuk

Sumber: yukepo.com

Sesampainya di Pantai Lampuuk, kamu akan langsung disuguhi pemandangan berupa pantai dengan hamparan pasir putih yang halus bak kepingan mutiara. Melepas pandangan ke kanan dan ke kiri, kamu akan melihat bentang pantai yang cukup panjang sejauh 5 kilometer. Daya tarik selanjutnya adalah air laut yang masih sangat jernih dengan warna biru kehijauan disertai dengan ombak yang cukup besar. Pantai Lampuuk terlihat semakin menawan dengan adanya ratusan pohon pinus yang tumbuh berjejer di tepi pantai.

Sumber: Instagram @amy_dali

Dengan keindahan yang dimilikinya, banyak yang mengatakan bahwa Pantai Lampuuk adalah Pantai Kuta versi Aceh. Bagi kamu yang ingin ke Pantai Kuta, tak perlu jauh-jauh ke Bali, karena kamu bisa menemukan pemandangan serupa hanya dengan berkunjung ke Pantai Lampuuk.

Aktivitas di Pantai Lampuuk

Sumber: qemana.com

Banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di Pantai Lampuuk, dan tentunya hal itu akan membuatmu semakin betah untuk berlama-lama di Pantai Lampuuk. Dengan pasir pantainya yang begitu lembut, bermain pasir bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu. Kamu pun bisa membuat tulisan hingga membangu istana pasir di sana.

Sumber: Instagram @hermespalacehotelbandaaceh

Kalau ingin melakukan aktivitas lain yang lebih menantang, kamu juga bisa mencoba bemain selancar, mengingat ombak di Pantai Lampuuk cukup besar. Tak hanya itu, kamu pun bisa mencoba bermain banana boat, dan rasakan sensasinya yang menegangkan.

Jika tidak ingin basah-basahan, hunting foto juga bisa menjadi pilihan yang pas. Karena lokasi Pantai Lampuuk yang dikelilingi oleh perbukitan hijau membuatnya memiliki banyak landscape yang menawan. Tak berhenti sampai di situ, kamu pun bisa mencoba bermain golf di lapangan golf yang ada di depan pantai.

Fasilitas Pantai Lampuuk

Sumber: Instagram @l0lomu

Untuk fasilitas di Pantai Lampuuk bisa dibilang sangat lengkap, karena di sana telah dibangun lahan parkir yang cukup luas, toilet, dan tempat ibadah. Di sana juga terdapat tempat penginapan dan warung yang menjajakan aneka makanan dan minuman ringan, yang bisa dijadikan sebagai pendamping untuk menikmati keindahan alam Pantai Lampuuk.

Harga Tiker Pantai Lampuuk

Untuk bisa menikmati keindahan Pantai Lampuuk, kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar 3000 rupiah di luar tarif parkir kendaraan. Dengan harga tiket yang murah dan pemandangan yang menawan, bukan hal yang mengherankan kalau pantai yang satu ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan saat hari libur akhir pekan atau hari libur nasional.

Comments

Loading...