OUR NETWORK

Pantai Lancok, Wisata Pantai yang Dipadukan dengan Kelezatan Mie Kepiting

Aceh adalah provinsi paling ujung dari Indonesia, yang pernah mengalami bencana maha dahsyat pada tahun 2004 silam. Karena provinsi yang beribu kota di Banda Aceh ini pernah diluluhlantahkan oleh gelombang tsunami dahsyat setinggi puluhan meter, yang menyebabkan lebih dari 200 ribu korban jiwa meninggal dunia. Tentu saja musibah ini langsung menjadi perhatian dunia, dan membuat Indonesia menerima banyak bantuan kemanusiaan.

Akan tetapi seperti yang telah dijanjikan oleh Tuhan, tidak ada cobaan yang diberikan melebihi kemampuan umatnya, dan selalu ada hikmah di balik cobaan tersebut. Benar saja, setelah bencana tsunami pada tahun 2004 silam, kini Aceh sudah mulai kembali menata kehidupannya seperti sedia kala, bahkan bisa dibilang lebih baik. Kini mulai banyak wisata alam baru yang bermunculan, dan bisa menopang perekonomian masyarakat setempat.

Dari sekian banyak wisata alam baru yang berada di Aceh, salah satunya adalah Pantai Lancok. Pantai ini memiliki pemandangan yang menawan, dan seakan-akan inilah yang dianugrahkan oleh Tuhan untuk menghapus kesedihan rakyat Aceh pasca tsunami 2004.

Lokasi Pantai Lancok

Sumber: AJNN

Pantai Lancok sendiri terletak di desa Lancok, kecamatan Syamtalira Bayu, kabupaten Aceh Utara. Untuk wisatawan yang akan berkunjung ke Pantai Lancok, mereka yang datang dari Sumatera Utara atau pun Banda Aceh bisa melintasi jalur Medan-Banda Aceh.

Kemudian mereka bisa mengambil jalan di samping lapangan sepak bola Bayu, yang lokasinya berada persisi di depan Kantor Kecamatan Syamtalira Bayu. Selanjutnya wisatawan harus terus mengemudi sejauh kurang lebih 5 km, hingga menemukan tikungan yang di mana terdapat papan himbauan untuk selalu menjaga kelestarian lingkungan. Lokasi Pantai Lancok pun tak jauh dari titik tikungan tersebut.

Pesona dan Fasilitas Pantai Lancok

Sumber: steemot

Sesampainya di Pantai Lancok, kamu akan langsung disambut dengan hembusan angin yang sepoi-sepoi sembari didampingi oleh suara alunan ombak yang silih berganti tiada henti. Pantai Lancok juga memiliki pasir pantai yang halus dan bersih, seakan-akan mereka selalu siap memanjakan setiap langkah kakimu. Sejauh mata memandang, kamu akan disuguhkan oleh pemandangan laut biru yang sangat eksotis.

Semua keindahan yang dimiliki oleh Pantai Lancok seakan-akan memang diciptakan Tuhan untuk memanjakan setiap pengunjung yang datang menyambanginya, dan untuk menyembuhkan duka masa lalu masyarakat Aceh.

Sumber: steemit

Tak jauh dari bibir pantai, kamu akan menemukan sebuah tanggul yang dibangun untuk memecah ombak. Banyak dari pengunjung yang memanfaatkan bangunan tanggul tersebut untuk menyalurkan hobi mereka, yakni memancing.

Sementara itu, Pantai Lancok juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap, karena memang tempat ini sudah dikelola dengan maksimal oleh pemerintah setempat. Ketika baru pertama kali sampai di Pantai Lancok, kamu akan langsung menemukan areal parkir yang cukup luas. Di sana juga terdapat toilet umum yang bisa digunakan oleh para pengunjung. Ada juga sebuah mushalla yang bisa digunakan oleh para pengunjung yang beragama Islam untuk menunaikan shalat.

Sumber: Travel Kompas

Setelah membeli tiket dan memasuki area pantai, kamu akan menemukan deretan pondok semi-permanen yang dibangun di tepi pantai. Para pengunjung pun bisa memanfaatkan pondok-pondok tersebut untuk bersantai, sembari menikmati semilir angin laut dan suara deburan ombak yang perlahan-lahan menciptakan suasana syahdu.

Aktivitas di Pantai Lancok

Sumber: phinemo

Jika tak ingin hanya sekedar duduk-duduk di tepi pantai atau di pondok, para pengunjung juga bisa berenang di Pantai Lancok. Adanya tanggul pemecah ombak membuat pantai ini tak memiliki ombak yang besar, sehingga aman untuk dijadikan tempat berenang.

Jika tak suka berenang, kamu pun bisa memanfaatkan tanggul yang ada untuk memancing ikan. Bagi mereka yang tak membawa peralatan pancing jangan khawatir, karena di sana juga disediakan persewaan alat-alat pancing dengan harga 5 hingga 10 ribu rupiah, tergantung dari tipe alat pancingnya.

Sumber: anteroaceh

Jika sudah puas berenang dan memancing, kini saatnya kamu mengisi perut. Banyak tersedia berbagai jenis makanan yang dijual oleh para pedagang di Pantai Lancok, terutama mie kepiting. Karena bisa dibilang bahwa mie kepiting adalah sajian khas yang ada di Pantai Lancok. Jangan khawatir soal harga, karena meskipun memiliki kelezatan setara bintang lima, mie kepiting di Pantai Lancok hanya dibanderol seharga 25 ribu rupiah per porsi. Bagaimana, cukup murah bukan?

Harga Tiket Masuk Pantai Lancok

Untuk bisa menikmati keindahan dari Pantai Lancok, para pengunjung tak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Karena mereka hanya perlu membayar tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah di hari kerja, dan seharga 10 ribu rupiah di akhir pekan.

Comments

Loading...