OUR NETWORK

Pantai Lhoknga, Surganya Pecinta Surfing di Aceh

Berbicara soal keindahan Aceh memang tidak akan ada habisnya. Karena memang provinsi yang terletak di bagian ujung pulau Sumatera ini memiliki begitu banyak tempat wisata alam yang indah dan eksotis, terutama pantai. Hal yang sebenarnya tak mengherankan, karena memang Aceh diapit oleh dua lautan lepas, yakni samudera Hindia di sebelah selatan dan laut Andaman di sebelah utara.

Banyak pantai di Aceh yang keindahannya sudah terkenal di kalangan wisawatan, baik lokal atau pun mancanegara. Jika kamu pecandu wisata pantai, kamu pasti sudah tak asing dengan nama-nama pantai indah yang ada di Aceh seperti halnya Pantai Pasie Saka, Pantai Iboih, Pantai Lampuk, dan Pantai Lhoknga. Dari nama-nama pantai tersebut, kali ini saya akan mengajakmu untuk membahas Pantai Lhoknga, pantai yang terkenal sebagai surganya para pecinta surfing.

Lokasi Pantai Lhoknga

Sumber: Instagram @rfphotography92

Secara lokasi, pantai Lhoknga terletak di kecamatan Lhoknga, kabupaten Aceh Besar, bersebelahan dengan pantai Lampuk. Untuk mencapai lokasi pantai Lhoknga, kamu hanya perlu menempuh perjalanan dengan jarak 20 km atau dengan waktu tempuh kurang lebih selama 30 menit dari ibu kota Aceh, Banda Aceh.

Jika masih awam dengan daerah tersebut, kamu bisa menggunakan Google Maps untuk menuju lokasi Pantai Lhoknga. Akses yang sudah memadai akan membuat siapa pun bisa dengan mudah menemukan pantai yang satu ini.

Pesona dan Fasilitas di Pantai Lhoknga

Sumber: Instagram @pramestidita

Ketika sudah sampai di lokasi, kamu akan langsung disambut oleh hamparan pasir putih dan laut bersih yang berwarna kebiru-biruan. Di sekitar pantai juga terdapat beberapa perbukitan hijau, sehingga akan membuatmu semakin betah untuk berlama-lama di sana.

Sumber: Instagram @pujanggasenja

Pantai Lhoknga memiliki ombak yang cukup besar, sehingga sering kali dimanfaatkan untuk berselancar. Bahkan ombak di pantai Lhoknga juga sudah terkenal di kalangan para peselancar lokal hingga mancanegara.

Sumber: Instagram @oshi_adv

Semakin tenarnya nama pantai Lhoknga juga membuat pengelola terus meningkatkan fasilitas yang ada. Selain area parkir yang cukup luas, di sana kamu bisa dengan mudah menemukan toilet. Bagi para pengunjung yang beragama Islam, di sana juga telah disediakan mushalla, sehingga mereka tak harus meninggalkan lokasi untuk menunaikan ibadah.

Sumber: Instagram @hazem.hazemi

Nah, bagi mereka yang ingin berselancar, di sana telah banyak tempat penyewaan papan selancar dan peralatan pendukung lainnya. Di sekitar pantai juga telah disediakan beberapa warung yang menjual makanan atau kuliner khas Aceh. Jadi kamu gak perlu bingung jika harus membeli oleh-oleh, karena tanpa meninggalkan lokasi kamu pun bisa membelinya.

Sumber: Instagram @acehsurfschool

Bagi kamu yang ingin menikmati keindahan Pantai Lhoknga lebih lama, di sana juga telah disediakan tempat penginapan. Kamu akan dihadapkan dengan beberapa jenis penginapan, yang tentunya bisa kamu sesuaikan dengan budget yang ada. Bermalam bersama pasangan halal sambil menikmati keindahan pantai dan suara deburan ombak bisa menjadi pengalaman yang tak terlupakan di sepanjang hidupmu.

Aktivitas di Pantai Lhoknga

Sumber: Instagram @elvidarisna

Selain berselancar dan bermalam di pantai Lhoknga, masih banyak aktivitas lainnya yang bisa kamu lakukan di sana. Meskipun memiliki ombak yang cukup besar, namun kamu masih bisa memanfaatkan bibir Pantai Lhoknga untuk berenang. Hanya saja ombak di sana tidak cukup bersahabat untuk anak-anak. Oleh sebab itu, para orang tua harus selalu mendampingi anak-anak mereka jika memaksakan diri untuk berenang atau sekedar bermain air di bibir Pantai Lhoknga.

Pasir Pantai Lhoknga yang lembut juga memungkinkanmu untuk bermain pasir ria di sana. Jika tak ingin bermain pasir, kamu pun bisa memanfaatkan ayunan yang ada di tepi pantai untuk sekedar melepas penat.

Jika ingin menikmati keindahan Pantai Lhoknga dengan cara yang lebih santai, kamu bisa memancing di sana. Dijamin, kamu tak akan pernah menyesal memancing di pantai Lhoknga.

Harga Tiket Masuk Pantai Lhoknga

Untuk bisa menikmati keindahan dan berbagai fasilitas yang ada di Pantai Lhoknga, para pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar 3 ribu rupiah per orang. Bagaimana, cukup murah bukan?

Liburan gak perlu mahal, karena hanya dengan tiket masuk sebesar 3 ribu rupiah saja kamu sudah bisa menikmati kepingan surga yang tertinggal di Aceh, Pantai Lhoknga.

Comments

Loading...