Pantai Pok Tunggal, Keindahan Alam Eksotis Di Balik Perbukitan Karst

Pantai Pok Tunggal merupakan salah satu pantai yang cukup populer di Gunungkidul. Pantai yang satu ini  berada di Desa Tepus, Kecamatan Tepus. Posisinya sejajar dan jaraknya tidak jauh dari Pantai Indrayanti dan Pantai Watulawang yang tidak kalah populer.

Nama Pok Tunggal sendiri berasal dari adanya pohon duras di kawasan pantai ini. Pohon sejenis ini memang terkenal sangat susah untuk tumbuh di daerah pesisir. Tetapi uniknya ada satu pohon duras yang mampu tumbuh di tempat ini dan Karena hanya satu-satunya, pohon ini kemudian menjadi semacam maskot bagi pantai ini.

Sumber Gambar: Google Maps @Farhan Hidayat

- Advertisement - From Korea With Love Concert

Pantai Pok Tunggal ini memiliki ciri khas di mana pantai ini memiliki bentuk yang sempit dan memanjang. Ditambah lagi, karena keberadaan nya yang dikelilingi bukit kapur dan karang menjadikan Pok Tunggal tampak lebih eksotis. Pantai yang satu ini cocok dijadikan sebagai  destinasi berbagai macam kegiatan rekreasi.

Sumber Gambar: Google Maps @Melisa eldaisa

Untuk bisa sampai ke tempat ini, para wisatawan akan melewati jalan yang cukup sulit, karena mendekati lokasi Pantai jalan yang awalnya mulus berubah menjadi berkerikil dan lumayan kasar. Karena itu, para wisatawan yang membawa kendaraan pribadi baik mobil atau pun motor harap berhati-hati. Karena jika tidak berhati-hati, bisa menyebabkan kendaraan tergelincir. Setelah sampai, para wisatawan bisa langsung melihat di balik bentangan bukit kapur terdapat hamparan pasir putih dipadukan dengan lautan luas. Pasir putih yang berkilau berbatasan langsung dengan laut biru yang jernih. Diikuti Angin laut sepoi-sepoi yang lembut bertiup menghasilkan ombak yang bergulung-gulung.

Pantai Pok Tunggal ini memiliki istilah sendiri yaitu The Hidden Paradise yang artinya surga yang tersembunyi. Keindahan pesona yang di berikan lewat  pemandangan alam yang begitu eksotis di balik perbukitan karst berhasil menyita perhatian banyak orang. Selain menikmati pemandangan yang ada para wisatawan juga dapat melakukan berbagai aktivitas di tempat ini seperti,

  1. Snorkeling dan Diving

Sumber Gambar: tripadvisor.com

Salah satu kegiatan yang patut di coba ketika sedang berkunjung ke Pantai Pok Tunggal ini adalah melakukan snorkeling dan diving. Adanya Air laut yang cukup tenang akan membuat para wisatawan tidak perlu khawatir akan terseret arus. Pesona indahnya bawah laut bisa para wisatawan rasakan lewat  Snorkeling dan keseruan Diving disana tidak kalah dengan Pantai Nglambor. Para wisatawan akan menambah pengalaman yang mengesankan lewat snorkeling di Pantai yang satu ini. Di tambah dengan Air laut yang masih alami, tenang dan bening tentu menjadi hal mendukung untuk aktivitas yang satu ini.

  1. Camping

Sumber Gambar: Google Maps @Rinta

uniknya para wisatawan bisa juga bermalam di Pantai ini. Pantai Pok Tunggal ditemani putihnya Pasir Pantai menjadikan tempat ini pilihan menarik untuk kegiatan camping. Bermalam di Pantai ini juga akan memberi pengalaman yang tidak akan terlupakan. Menikmati malam yang dingin ditemani deburan suara ombak serta cahaya dari bulan malam pasti akan sempurna untuk dirasakan. Para wisatawan juga dapat menyaksikan keindahan sunrise dan sunset.

  1. Rock Climbing

Sumber Gambar: Google Maps @Lasak Boy

Kegiatan yang menjadi Daya Tarik Pantai Pok Tunggal yang lainnya yaitu Rock Climbing. Pantai ini terdiri dari tebing-tebing karts yang saling berjejeran dan berhimpitan. Sehingga keberadaan tebing menjulang ke langit bagai benteng. Para wisatawan dapat ikut  mencoba rock climbing dan menguji adrenalin dengan menaiki atau menuruni tebing-tebing yang cadas tersebut.

  1. Menjelajah kuliner

Di sekitar kawasan pantai ini, para wisatawan bisa melihat adanya beberapa warung makan yang tertata rapi  yang menjajakan berbagai Makanan Khas Pantai maupun makanan khas Gunung Kidul. Selain bisa kuliner di tempat ini, para wisatawan juga dapat membeli berbagai buah tangan yang ditawarkan oleh para pedagang souvernir di tempat ini. Berbagai souvernir juga di tawarkan dari berbagai souvernir kecil hingga besar, juga dari pernak-pernik hingga baju. Banyaknya pilihan oleh-oleh akan membuat para wisatawan kalap jika belanja di tempat ini.

  1. Memburu foto

Sumber Gambar: Google Maps @wisata Jogja21

Berlibur selain ingin menghilangkan seluruh rasa lelah dan penat dari kegiatan sehari-hari, juga pastinya untuk berburu foto untuk materi upload di sosial media. Pemandangan Pantai yang begitu memukau menjadikan tempat ini sebagai tempat menarik untuk berswafoto dan tentunya dengan vibes eksotis yang di berikan foto yang di ambil pasti akan terlihat lebih sempurna. Untuk para pemburu sunset dan sunrise bisa dengan menaiki anak tangga untuk menuju puncak bukit karst, membidik sunrise maupun membidik sunset.

Untuk bisa masuk ke tempat ini, para wisatawan bisa membeli tiket masuk seharga Rp  10.000,-/orang. Para wisatawan juga perlu membayar biaya parkir untuk motor sebesar Rp  2.000,-/unit, Mobil Rp 10.000,-/unit, ELF Rp 15.000,-/unit, dan Bus sebesar Rp 25.000,-/unit. Para wisatawan juga dapat menikmati fasilitas Gazebo sebesar Rp 20.000,- juga ada tenda dome sebesar Rp 60.000,-.  Dengan biaya tersebut, para wisatawan dapat menggunakan Fasilitas Pantai Pok Tunggal yang memadai dan menikmati berbagai objek dan pemandangan alamnya.

Lokasi : Jl. Pok Tunggal, Desa Tepus, Tepus, Gunung Kidul, DI Yogyakarta, Indonesia, 55881

Must Read

Related Articles

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.