From Korea With Love Concert

Pantai Sambolo, Keindahannya Bikin Mata Tak Bisa Berkedip!

Melipir sedikit tak jauh dari Ibukota Jakarta ternyata terdapat sebuah provinsi yang memiliki banyak sekali pilihan wisata bahari mulai dari pantai hingga kepulauan kecil, provinsi ini adalah Banten. Berkunjung ke berbagai pilihan wisata bahari di Banten bisa menjadi pilihan ketika kamu ingin mengisi hari libur akhir pekan atau bahkan libur panjang, apalagi bagi kamu warga Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi dan sekitarnya pasti akan mempertimbangkan untuk datang kesini karena jaraknya yang tak begitu jauh.

Dari sekian banyak pilihan wisata bahari di Banten, kali ini rekomendasi dari Wisato.id adalah sebuah pantai yang berada di Jl. Raya Anyer – Sirih, Desa Bandulu, Kecamatan Anyar, Kabupaten Serang, Banten tepatnya di kawasan Pantai Anyer yakni Pantai Sambolo. Pada kawasan Pantai Anyer pastinya lebih banyak orang yang mengenal nama Pantai Anyer itu sendiri dibandingkan pantai – pantai lain yang juga berada sederetan dengannya namun jika kamu ingin coba berkunjung ke pantai yang tak kalah dengan Anyer maka bisa memilih Pantai Sambolo karena pantai ini menawarkan keindahan dari hamparan pasir putih yang bergabung dengan pasir berwarna agak kecoklatan sehingga membuatnya terlihat lebih eksotis.

- Advertisement - From Korea With Love Concert

Sumber Gambar: orami.co.id

Pantai Sambolo memiliki bentang garis pantai yang lumayan panjang yakni > 2 km dan wilayahnya dibagi menjadi dua yakni Pantai Sambolo 1 dan Pantai Sambolo 2, walaupun keduanya masih dalam satu bentang garis pantai namun memiliki ciri khas yang sedikit berbeda antara satu sama lain. Jika kamu ingin mencari pantai dengan area hamparan pasirnya yang luas maka sebaiknya kamu memilih untuk datang ke Pantai Sambolo 2, disana memang ramai sekali pengunjung karena dirasa bibir pantainya lebih luas sehingga cocok untuk bermain di tepian walaupun ramai pengunjung.

Namun, Pantai Sambolo 1 dengan tipe pantai yang landai dan area hamparan pasirnya yang tak begitu luas memiliki kelebihan lain yaitu terdapat jembatan dengan tinggi sekitar 2 m dari tepian pantai hingga menjorok ke arah laut dengan sebuah gazebo berbentuk seperti pondok pada ujung jembatan. Pada spot jembatan dan gazebo diujungnya inilah banyak pengunjung memanfaatkannya untuk berfoto dan bersantai sambil melihat deburan ombak.

Kedua wilayah Pantai Sambolo memiliki fasilitas yang terbilang sangat lengkap mulai dari lahan parkir yang luas, toilet, ruang bilas, musholla, gazebo, sewa ban, lifeguard, warung makan hingga wahana permainan air yang banyak jenisnya dan yang pastinya kedua area pantai ini bebas karang sehingga cocok jika membawa si kecil.

Untuk bisa masuk ke area Pantai Sambolo maka kamu tidak dikenakan tiket masuk per orang melainkan akan dikenakan tarif parkir per kendaraan yakni Rp 100.000 per mobil dan Rp 25.000 per motor, jadi bila datang ke sini menggunakan mobil lebih baik datang dengan rombongan agar harga tiket terkesan lebih murah. Sedikit tips buat kamu yang akan datang baik ke Pantai Sambolo 1 atau 2, jangan kaget bila banyak sekali pedagang makanan, pedagang oleh – oleh, pedagang pakaian dan jasa urut yang datang menawarkan dagangannya karena memang hal ini memang tak bisa dihindari namun kamu cukup menolak bila kamu merasa tak perlu jasa atau barang dagangannya.

Rute ke Pantai Sambolo

Kawasan Pantai Sambolo mudah sekali untuk dicapai karena lokasinya berada di pinggir jalan dan ada papan nama baik itu Pantai Sambolo 1 ataupun Pantai Sambolo 2. Jika memulai perjalanan dengan mobil dari Jakarta maka waktu tempuhnya sekitar 3,5 jam melewati ruas Tol Jakarta – Merak lalu keluar di pintu Tol Cilegon Timur, dari pintu tol tersebut harus berbelok ke kiri melalui Jl. Bojonegara – Serdang lalu mengikuti jalan sejauh 18 km hingga bertemu Polsek Pelabuhan Banten. Dari polsek tersebut kamu cukup mengikuti jalan sejauh 14 km atau kurang lebih selama 25 menit untuk bisa tiba tepat di Pantai Sambolo 1 atau Pantai Sambolo 2, kamu tinggal melihat papan penunjuk menuju ke 2 pantai tersebut karena jarak keduanya tak begitu jauh.

Aktivitas Seru di Pantai Sambolo

  • Watersport dan ATV

Sumber Gambar: Google Maps @pakdhe Notro

Sumber Gambar: Google Maps @Atep mahpudin

Di kedua wilayah Pantai Sambolo kamu bisa mencoba berbagai permainan air atau watersport mulai dari banana boat, donat boat, parasailing, jet ski, naik perahu wisata hingga mengelilingi garis pantai dengan ATV. Harga yang ditawarkan juga tergolong cukup murah misalnya untuk sewa papan surfing Rp 20.000 saja dan untuk banana boat, donat boat, jet ski, parasailing, ATV mulai dari Rp 50.000.

  • Menyelam dan berenang

Sumber Gambar: Google Maps @Noey Sambolo

Karna ombak di wilayah pantai ini tergolong cukup tenang dan khususnya di kawasan Pantai Sambolo 2 air lautnya terbilang jernih maka ada fasilitas snorkeling yang ditawarkan pada pengunjung. Biaya snorkeling mulai dari ratusan ribu sudah termasuk dengan perlengkapannya mulai dari sepatu katak, pelampung, snorkel dan masker khusus menyelam. Namun, jika kamu tidak memiliki budget lebih untuk menyewa paket snokerling maka dengan berenang di bibir pantai pun nampaknya sudah cukup.

  • Bersantai di gazebo

Sumber Gambar: Google Maps @Sarah Nurul Azkiya

Di pinggir pantai terdapat banyak sekali gazebo yang di sewakan, gazebonya berbentuk seperti pondokan dengan atap jerami. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 75.000 sampai Rp 100.000 per gazebo, sebaiknya kamu pintar – pintar menawar. Satu gazebo berukuran sedang ini bisa menampung kurang lebih 4 – 5 orang dewasa sehingga jika kamu membawa keluarga rasanya cocok untuk meriung bersama menikmati pemandangan pantai dari gazebo.

  • Piknik di pinggir pantai

Sumber Gambar: Google Maps @HGSEMPERFI

Kalau kamu datang hanya sendiri atau paling tidak ber 3 dan tidak ingin mengeluarkan budget lebih maka sebaiknya kamu duduk santai di pinggir pantai dengan menggelar tikar, kamu bisa membawa tikar dari rumah dan jangan lupa untuk membawa bekal agar bisa dimakan selama berpiknik di pinggir pantai.

  • Berfoto di jembatan Pantai Sambolo 1

Sumber Gambar: bundahaifa.com

Jika kamu datang ke Pantai Sambolo 1 maka jangan lupa untuk mengabadikan moment dengan berfoto di sepanjang jembatan dan gazebo yang ada di ujung jembatan. Sambil berfoto kamu juga bisa menikmati angin sepoi – sepoi dan melihat gulungan ombak yang tak begitu kencang dari tengah laut hingga ke bibir pantai.

From Korea With Love Concert

Must Read

Related Articles

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.