OUR NETWORK

Pantai Sekunyit, Obyek Wisata Yang Sedang Populer Di Bengkulu

Halo, sahabat wisato.id. pada kesempatan kali ini kami akan mengajak anda untuk jalan-jalan ke Bengkulu. Surga wisata yang ada di daerah ini tidak kalah cantiknya, loh, dibandingkan daerah lainnya di nusantara.

Sumber: Instagarm @bengkuluinfo

Apabila memiliki agenda untuk berlibur ke Bengkulu, ada satu pantai yang wajib anda kunjungi namanya adalah Pantai Sekunyit. Pantai ini terletak di Kabupaten Kaur. Pesona yang dimilikinya sangatlah menawan. Yuk, kita intip seperti apa sih, pantai primadona Bengkulu ini. Check this out.

Menyambangi Pantai Sekunyit

Sumber: Instagram @garnayuda

Pantai Sekunyit berjarak sekitar 2 KM dari pusat kota di pinggir jalan raya Lintas barat jalur Lintas Sumatera. Jalanan menuju ke pantai ini mengharuskan anda untuk melewati perkebunan kelapa sawit milik warga setempat. Nah, karena sifatnya adalah milik perorangan alias pribadi, maka sulit bagi pemerintah untuk membangun akses jalan ke Pantai Sekunyit. Itulah kenapa, walaupun sudah ada sejak lama namun Pantai Sekunyit baru populer akhir-akhir ini setelah viral di social media.

Pantai Sekunyit terkenal akan pasirnya yang berwarna cokelat. Ketika anda menggenggam pasir tersebut maka akan terasa begitu halus di telapak tangan. Nah, apabila anda mempunyai kemampuan untuk membuat istana pasir, maka bisa menyalurkannya disini.

Sumber: Instagram @annisahedini

Di sekitar pantai berjejer deretan pohon kelapa yang rindang. Anda bisa berteduh disana, menyantap bekal yang sudah dibawa atau dibeli sambil menikmati keindahan Pantai Sekunyit.Air di pantai ini pun sangat jernih. Saking jernihnya anda dapat melihat langsung para ikan karang yang sedang bermain. Hihi.

Sumber: Instagram @hendrie05
Sumber: Instagram @rezki_haryandha

Selain akhir pekan, pada hari hari biasa, penduduk banyak yang mendatangi pantai ini ketika sore hari. Apalagi jika cuacanya sedang bagus dan memungkinkan melihat sunset dengan jelas, yang datang pun semakin ramai. Biasanya kebanyakan anak muda lah yang datang pada saat moment tersebut.

Tempat Belanja Berbagai Jenis ikan

Sumber: instagram @a.bashirulhaq

Tahukah anda, Pantai Sekunyit tidak hanya dijadikan sebagai tempat wisata saja, namun juga sebagai Sentra tempat dimana berlabuhnya para perahu nelayan sekaligus kegiatan pelelangan ikan.

So, intinya pantai ini pun kerap dipadati para penduduk yang ingin membeli ikan. Tidak hanya untuk disantap pribadi, restoran atau pedagang yang memang menjual makanan dengan bahan dasar ikan banyak juga yang membelinya di pantai ini.

Sumber: Instagram @leonardusselamat

Biasanya jenis ikan favorit yang disuguhkan oleh nelayan disana adalah jenis karang, gurita dan juga lobster. Wah, cocok banget deh untuk diolah langsung di pantai ataupun dibawa sebagai oleh-oleh. Apalagi lobsternya, uh, wajib banget buat dibeli. Rasanya super mantul!!

Oh, ya, pemerintah Kabupaen Kaur juga sudah membangun beberapa fasilitas untuk menunjang kegiatan pelelangan ikan. Seperti fasilitas jalan setapak yang panjangnya 200 meter dan pondok pendaratan ikan.

Sumber: Instagram @dikdik_172

Apabila tidak ingin membelinya, dan ingin memperoleh ikan hasil tangkapan sendiri, memancing saja  di pantai ini. Jenis spesies ikannya bermacam-macam, loh. bahkan tak jarang hanya ditemukan dan ada di Pantai Sekunyit saja. Tidak heran jika fishing mania di Bengkulu, kerap memilih Pantai Sekunyit untuk menyalurkan hobi mancing mereka.

Ombak Ideal untuk Surfing

Sumber: Instagram @asep.s0202

Selain sebagai tempat laris manis untuk pelelangan ikan, Pantai Sekunyit juga adalah surga bagi para pecinta surfing. Ombak di pantai ini sangat ideal untuk melakukan kegiatan olahraga tersebut. Hal inilah yang menjadikan wisatawan mancanegara hobi sekali mengunjungi Pantai Sekunyit.

Kendati demikian, anda juga harus berhati-hati terlebih jika membawa anak-anak. Sebagai informasi tambahan karena saking populernya Pantai Sekunyit, saat musim libur lebaran tahun ini pun polisi sampai membuat larangan untuk mandi di pantai.

Hal ini dilakukan sebagai tindakan antisipasi supaya tidak ada lagi korban jiwa. Hampir setiap tahun selalu ada korban di Pantai Sekunyit, terlebih mereka yang nakal dan memaksa mandi ketika kondisi hujan dan gelombang ombak tinggi.

Kenapa dilakukan saat libur lebaran? Sebab biasanya puncak lautan manusia di Pantai Sekunyit terjadi pada saat moment tersebut sehingga diperlukan tindakan preventif untuk menghindari bahaya  ekstrim yang bisa saja terjadi.

Nah, itulah keindahan Pantai Sekunyit di Kabupaten Kaur, Bengkulu. Indah sekali bukan?

Akhir kata, semoga bermanfaat bagi anda dan sampai bertemu lagi pada pembahasan menarik berikutnya.

Comments

Loading...