OUR NETWORK

Pantai Simallo, Pantai Unik yang Terletak di Tengah Daratan

Apa yang pertama kali ada di pikiranmu saat mendengar Sumatera Utara? Saya yakin salah satunya adalah Danau Toba dan Pulau Samosir. Sebenarnya itu juga bukan hal yang salah, karena memang Danau Toba dan Pulau Samosir sudah menjadi ikon dari provinsi yang beribu kota di Medan tersebut. Selain itu, Danau Toba juga dikenal sebagai danau terindah dan terbesar di Indonesia, sehingga namanya pun sudah sampai ke pelosok negeri.

Namun apakah wisata alam di Sumatera Utara hanya Danau Toba? Tentu saja tidak, karena provinsi yang satu ini masih memiliki banyak wisata alam lainnya yang menawan dan bisa dijadikan sebagai rujukan untuk mengisi waktu luangmu. Selain air terjun dan danau, di Sumatera Utara juga ada pantai yang cukup indah, salah satunya adalah Pantai Simallo yang terkenal akan keunikannya.

Lokasi Pantai Simallo

Sumber: Erik Butarbutar

Pantai Simallo sendiri terletak di aliran sungai Aek Piasa, desa Aek Nagali, kecamatan Bandar Pulau, kabupaten Asahan, Sumatera Utara. Untuk yang datang dari Medan, maka kamu harus menempuh perjalanan darat sejauh 204 km atau dengan waktu tempuh selama 4,5 jam. Meskipun harus menempuh perjalanan jauh, namun kamu dijamin tidak akan pernah merasa bosan, karena selama di perjalanan akan dusuguhkan pemandangan yang indah khas pegunungan.

Namun bagi para wisatawan yang datang dari ibu kota kabupaten Asahan, Kisaran, maka mereka hanya perlu menempuh perjalanan sejauh 50 km dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam menuju ke arah barat daya. Soal transportasi, banyak pilihan yang bisa kamu gunakan. Selain dengan menggunakan kendaraan pribadi, kamu juga bisa menggunakan angkot menuju ke desa Aek Nagali.

Pesona Pantai Simallo

Sumber: Facebook@aliansyahputra

Meskipun dinamakan pantai, namun sebenarnya tempat wisata yang satu ini bukanlah sebuah pantai yang di mana berupa daratan dan berbatasan langsung dengan laut. Karena Pantai Simallo berlokasi di tengah-tengah daratan, dan terbentuk karena aliran sungai Aek Piasa. Kabarnya, tempat ini disebut pantai karena di tepi aliran sungai Aek terdapat hamparan pasir putih yang cukup halus layaknya sebuah pantai pada umumnya.

Meskipun bukan pantai dalam artian yang sesungguhnya, namun tempat wisata alam yang satu ini memiliki pemandangan alam yang tak kalah indahnya. Karena Pantai Simallo terletak di antara tebing yang kokoh dan tinggi menjulang, berpadu dengan pepohonan yang rindang di sekelilingnya. Air di Pantai Simallo juga cukup jernih dengan berwarna sedikit kehijauan.

Aktivitas di Pantai Simallo

Sumber: Instagram@rachman_rambe

Banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di sana, selain bermain air tentunya. Bagi kamu yang memang berjiwa petualang, kamu bisa coba melakukan olahraga ekstrem seperti panjat tebing. Namun untuk melakukan olahraga ekstrem tersebut kamu harus mempersiapkan semua peralatannya dari rumah, karena di sana tidak ada tempat persewaan alat panjat tebing.

Untuk kamu yang ingin bersantai, duduk di tepi pantai sembari menikmati keindahan alam dan udara yang sejuk juga bisa menjadi pilihan. Di sekitar Pantai Simallo juga terdapat lahan yang cukup luas dan landai, sehingga sangat memungkinkanmu untuk mendirikan tenda di sana. Untuk kamu yang hanya ingin sekedar bermain air atau berenang jangan khawatir, karena Pantai Simallo atau aliran sungai Aek Piasa cukup dangkal dan yang pasti tak berombak.

Fasilitas di Pantai Simallo

Menurut informasi yang didapat, Pantai Simallo baru dikembangkan menjadi objek wisata pada Juni 2016 yang lalu melalui Badan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Meskipun tergolong sebagai objek wisata yang baru dibuka, namun fasilitas di Pantai Simallo sudah cukup memadai untuk memanjakan para pengunjung. Dengan keindahan dan fasilitas yang dimilikinya, bukan hal yang salah jika pantai ini sering kali menjadi tujuan wisatawan untuk menghabiskan hari libur mereka.

Harga Tiket Masuk Pantai Simallo

Pada saat pertama kali dikelola sebagai tempat tujuan wisata pada tahun 2016 yang lalu, para pengunjung hanya dikenakan tiket masuk sebesar 1.000 rupiah untuk bisa menikmati keindahan alam dari Pantai Simallo. Sementara untuk update harga terbaru masih belum ditemukan informasi yang valid. Bagaimana, tertarik untuk berkunjung ke Pantai Simallo? Dengan keindahan dan keunikannya, saya yakin kamu pasti tertarik untuk berkunjung ke sana.

Comments

Loading...