OUR NETWORK

Pantai Walakiri dan Pohon Mangrove yang Menari

Source Image: referensiwisata.com

Nusa Tenggara Timur, adalah provinsi yang dianugrahi dengan bentang alam yang sungguh menawan. Lokasinya yang dikelilingi oleh lautan luas membuatnya memiliki banyak pantai yang eksotis, salah satunya adalah Pantai Walakiri yang berlokasi di Kabupaten Sumba Timur. Pantai ini memiliki keunikan, yang tidak akan ditemukan di tempat lainnya, yaitu keberadaan pohon bakau yang menari.

Lokasi Pantai Walakiri

Secara administratif Pantai Walakiri berada di Watumbaka, Pandawai, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, kira-kira sekitar 24 km jauhnya dari pusat Kota Waingapu. Dari pusat Kota Waingapu, para pengunjung hanya butuh menempuh perjalanan selama 30 hingga 45 menit untuk bisa sampai di Pantai Walakiri.

Sumber: Instagram @nathanrohy

Akses menuju ke pantai yang satu ini sangat mudah, karena lokasinya yang tidak terlalu jauh dari jalan raya menuju ke Melolo, salah satu kecamatan besa di Sumba Timur. Namun, minimnya transportasi umum di Sumba membuat para pengunjung harus mendatangi Pantai Walakiri dengan menggunakan transportasi pribadi. Dari pusat Kota Waingapu, kamu bisa mengambil jalan ke arah timur laut menuju ke Kambajawa, melewati Jalan Adam Malik, sebelum akhirnya belok kiri menuju ke Jalan Prof. Yohannes, kemudian Jalan R. Suprapto di Prailiu. Setelah menjumpai beberapa belokan, lanjutkan menuju Jalan Adi Sucipto ke Watukamba.

Harga Tiket Masuk Pantai Walakiri

Sumber: Instagram @eryradixa

Pantai Walakiri dibuka untuk umum selama 24 jam. Menariknya, para wisatawan tidak akan dipungut biaya untuk bisa menikmati keindahan dari Pantai Walakiri. Bagaimana, menarik bukan? Para wisatawan hanya perlu membayar biaya parkir sebesar 10 ribu rupiah untuk kendaraan roda empat dan 5 ribu rupiah untuk kendaraan roda dua.

Pesona Pantai Walakiri

Sumber: theeastsumba.com

Meskipun gratis, namun pesona Pantai Walakiri sangat mengagumkan dan tidak murahan. Di sana kamu akan disambut dengan keindahan pantai yang menawan, lautan biru jernih, dan segerombolan pohon bakau yang cantik. Di sekitar tepi pantai juga berjejer pohon kelapa dan cemara, yang siap melindungi para wisatawan dari teriknya sinar matahari.

Sumber: Instagram @donsorey

Pantai Walakiri memiliki dua jenis pasir yang berbeda. Pasir putih lembut, layaknya pantai pada umumnya, bisa kamu temukan di pesisir Pantai Walakiri. Akan tetapi ketika air laut sedang surut, kamu bisa menemukan pasir dengan tekstur seperti semen basah atau bedak, yang kemudian kering dan mengeras.

Ombak yang tenang dan pantai yang bersih, membuat para pengunjung bisa dengan leluasa bermain air di Pantai Walakiri. Waktu terbaik untuk bermain air di Pantai Walakiri adalah ketika air laut pasang, yaitu pada pagi hingga siang hari. Ketika laut surut, para wisatawan harus berjalan jauh dari bibir pantai untuk menemukan air laut, ditambah lagi dasar pantai yang berupa pasir mengeras membuat para pengunjung tidak akan bisa bermain air dengan nyaman.

Pohon Bakau yang Menari

Sumber: Instagram @gustindra

Ketika air laut surut, para pengunjung bisa dengan mudah menemukan pohon bakau unik di sekitar Pantai Walakiri. Dikatakan unik karena pohon bakau di Pantai Walakiri bentuknya kerdil dan tidak tumbuh bergerombol, rantingnya kecil-kecil dan daunnya tidak terlalu rimbun. Ranting pohon bakau di Pantai Walakiri bentuknya meliuk-liuk, seperti sedang menari-nari. Pokoknya cantik banget!

Spot Sunset Terbaik

Sumber: Instagram @ge_aye

Keindahan Pantai Walakiri akan semakin menjadi-jadi ketika matahari akan terbenam atau sunset. Perpaduan antara cahaya matahari yang meninggalkan rona kuning kemerahan, ditambah dengan kondisi pantai yang bersih dan lautan yang jernih, membuat para pengunjung betah berlama-lama di sana untuk menikmati keindahan sunset. Pasir pantai yang halus dan siluet cahaya matahari yang terbentur dengan pohon mangrove yang menari-nari akan menjadi pemandangan yang sulit untuk dilupakan.

Fasilitas Pantai Walakiri

Meskipun memiliki pemandangan yang menawan, namun fasilitas di Pantai Walakiri belum memadai. Hal itu tak lepas dari status Pantai Walakiri yang belum diolah secara resmi oleh pemerintah. Keberadaan toilet yang seharusnya menjadi fasilitas utama di tempat wisata, masih sulit ditemui di Pantai Walakiri.

Bagaimana, apakah kamu tertarik berkunjung ke Pantai Walakiri? Dijamin kamu tidak akan menyesal berkunjung ke pantai yang satu ini. Segera siapkan hari liburmu, dan nikmati pesona alam yang disuguhkan oleh Pantai Walakiri.

Selamat Berlibur!!!

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…