OUR NETWORK

Pemandian Air Panas Alami yang Ada di Jawa

Source Image: Instagram @iam.zamm_

Pulau Jawa terkenal dengan berbagai wisatanya yang masih alami salah satunya adalah pemandian air panas yang sumber airnya berasal dari tanah (kerak bumi) setelah di panaskan secara geothermal (panas bumi). Masing-masing kabupaten dan kota di Jawa memiliki objek wisata pemandian air panas alami yang tidak kalah dengan tempat wisata pemandian air panas buatan.

Wisata pemandian air panas alami di Jawa kerap di kunjungi oleh sebagian besar wisatawan yang dari berbagai  manca negara. Selain dapat menikmati pemandangan alaminya, air dengan kandungan belerang dan sulfur yang berkhasiat menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Berikut rekomendasi pemandian air panas alami yang ada di Jawa:

Gracia

Sumber: Instagram @graciaspa_resort

Obyek Wisata pemandian air panas alami Gracia di Subang Jawa Barat adalah salah satu tempat wisata pemandian yang berada di Jalan Blok Dawuan, Desa Cikondang, Ciater, Nagrak, Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Banyak wisatawan yang belum mengetahui pemandian air panas Gracia.  Lokasi pemandian air panas Gracia ini tidak begitu jauh dari pintu gerbang masuk objek wisata Gunung Tangkuban Perahu dan Saeri Ater. Sebelum mencapai gerbang masuk disebelah kanan jalan akan ada petunjuk reklame tulisan GRACIA. Lokasinya memang agak tersembunyi dari  jalan utama sekitar 1 km ke dalam. Tempat ini menawarkan pemandian air panas alami dengan belerang dan kolam renang outdoor. Suasana pemandian ini cenderung sepi, sehingga tepat sekali bagi mereka yang menginginkan ketenangan dalam berlibur sambil berelaksasi.

Candi Umbul

Sumber: Instagram @fithhh

Pemandian Air panas Candi Umbul terletak di Grabak, Magelang, Jawa Tengah. Dahulu kisahnya, Pemandian air panas alami ini adalah pemandian bagi para permaisuri kerajaan Mataram. Di tempat ini terdapat dua buah kolam berukuran besar berdampingan, satu merupakan air hangat dan satu lagi air dingin. Yang unik dari tempat ini adalah suhu dari sumber air tidak begitu panas dan juga tidak berbau belerang. Sehingga pengunjung dapat berendam di tempat ini sepuasnya tanpa resiko. Namun di dalam pemandian air panas alami ini terdapat kandungan belerang yang bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit dan suhu airnya dapat digunakan untuk terapi tulang serta mempelancar peredaran darah. Candi ini terletak di desa Kartoharjo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Songgoriti

Sumber: Instagram @bud1_pr4yogo

Selain terkenal dengan destinasi wisata agro buah. Kota Malang, Jawa Timur menyajikan wisata pemandian air panas alami Songgoriti. Lokasi ini berada di ujung selatan Kota Batu tepatnya berada di Desa Songgokerto, sebuah lembah permai yang di kelilingi bukit. Pemandian air panas alami Songgoriti merupakan air panas alami yang di salurkan ke kamar mandi dan kolam pemandian yang dapat berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Di kawasan ini kita juga dapat menjumpai candi peninggalan Kerajaan Majapahit yaitu Candi Supo yang menurut masyarakat sekitar percaya dapat di gunakan untuk mencuci pusaka. Lokasi ini juga terdapat outbond dan taman-taman yang mempesona serta ziarah ke makam Empu Supo dan Mbah Pathok yang mempunyai  sejarah. Di sekitarnya juga terdapat fasilitas unik yaitu sepeda air yang dapat digunakan mengitari danau buatan.

Cangar

Sumber: Instagram @tourbromokita

Pemandian air panas alami Cangar berada di kaki Gunung Welirang, tepatnya di dusun Cangar Sumber Brantas, Bumiaji, Kota Wisata Batu, Jawa Timur. Pemandian ini berada di komples Tahura R Soerjo. Ada berbagai air panas alami dengan tingkat panas yang berbeda, mulai dari air hangat, sedikit panas dan panas. Sumber air panas ini berasal dari Gunung Welirang dan airnya mengandung belerang. Untuk mencapai lokasi ini harus menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan karena tidak ada kendaraan umum yang lewat. Sepanjang perjalanan menuju pemandian air panas alami Cangar terdapat pemandangan alam berupa pegunungan yang hijau, pertanian, serta kebun sayur dan buah.

Sangkanhurip

Sumber: Instagram @cirebonnews

Pemandian air panas alami Sangkanhurip, berlokasi di Desa Sankanhurip Kecamatan Cigandamekar, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Sumber airnya berasal dari Air mata yang mengandung belerang. Air tersebut di yakini sebagai penyembuhan berbagai penyakit seperti reumatik dan penyakit kulit lainya. Suhu yang terdapat pada air pemandian mencapai 36 derajat sampai 42 derajat celcius yang kaya dengan mineral dan mikro organisme yang baik dalam kolam terbuka maupun tertutup. Terdapat dua kolam pemandian yaitu kolam pemandian air panas dan air dingin. Kolam renang air dingin cukup elok yang di sebut sebagai kolam luncuran naga karena bentuk luncuran yang indah di kepala luncuran dan lidah sebagai papan luncurnya. Hal yang menarik lainya adalah keindahan panorama Gunung Ceremai yang terlihat di kejauhan sehingga para pengunjung bisa menikmatinya.

Ciater

Sumber: Instagram @dolandolen

Pemandian air panas alami Caiter sekitar 32Km dari kota Bandung, Jawa Barat. Sumber air yang berasal dari lagenda sangkuriang yang mempunyai kandungan mineral, alumunium, kalsium, magnesium, thermo, sulfat dan clorida yang baik untuk kesehatan tubuh. Tempat ini berada di ketinggian 800 meter dari atas permukaan laut dan di kelilingi perkebunan teh. Pemandian air panas alami Ciater memiliki 2 sensasi. Dalam menikmati panasnya yaitu pemandian air panas alami langsung berupa tempat untuk berendam air panas alami di sungai yang mengalir. Berupa kolam umum yang terdapat penyewaan kamar pemandian air panas. Sehingga bagi yang ingin memerlukan privasi dalam menikmati sensasi air panas alami Ciater yang di percaya dapat menyehatkan dan menyegarkan ini. Dapat menggunakan kamar-kamar yang telah di sediakan  oleh pengelola pemandian.

Pacet

Sumber: Instagram @iam.zamm_

Pacet merupakan salah satu kecamatan yang terletak di Mojokerto, Provinsi Jawa Timur yang sudah populer dan di kenal oleh masyarakat luas karena wisata pemandian air panas alaminya. Pemandian ini terletak di dataran tinggi dengan ketinggian 925mdpl yang memiliki luas sekitar 99,7 hektar terdiri dari hutan pinus. Sumber Air panas yang mengalir dari Gunung Welirang  dapat digunakan untuk berendam di dua tempat yang bersebelahan dengan suhu air yang beda. Suhu air panas alami di kolam tersebut antara 40 derajat celcius hingga paling hangat dengan suhu 30 derajat celcius. Pemandian ini mampu menampung penggunjung yang banyak sekali bahkan hingga ratusan.

Cibolang Pangalengan

Sumber: Instagram @explorepangalengan

Pemandian air panas alami di Cibolang Pangalengan berlokasi di Desa Wayang Windu, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Perlu di ketahui bahwa pemandian ini terkenal akan manfaatnya yang berkhasiat untuk mengobati berbagai macam kulit secara ampuh. Hal ini di karenakan sumber air yang di alirkan ke kolam bersumber dari Gunung Windu. Karena penggunjung yang berdatangan dari banyak golongan usia. Maka pemandian ini menyediakan beberapa kolam pemandian air panas alami dengan kedalaman dan fungsi yang berbeda-beda. Kedalaman pemandian pada kolam pertama yang dekat dengan pintu masuk mencapai sekitar leher orang dewasa dengan suhu yang mencapai 40 derajat celcius. Jenis kolam yang satunya memiliki kedalaman sekitar 80cm dengan suhu air panas alami yang mencapai 35 derajat celcius.

 

Sumber Gambar:
instagram.com/p/BUHEEnkjg1t/
instagram.com/p/BR0AUWhBslp/
instagram.com/p/BRaxRl5AJ5p/
instagram.com/p/BWfDv2SnJsS/
instagram.com/p/BLsrcfSAu0m/
instagram.com/p/BOlxvkxFT5u/
instagram.com/p/BTkwt4RjbM3/
instagram.com/p/BQRuvx_jPcl/

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…