in

Pesona Dan Rute Menuju Pantai Kuala Kambas

Sumber: Instagram @lampunginsta

Pantai kuala kambas merupakan salah satu spot wisata dari Taman Nasional Way Kambas. Jadi pantai ini masih berada dan menjadi bagian dari Taman Nasional Way Kambas. Oleh karena itu untuk mengunjungi area pantai harus melalui Taman Nasional Way Kambas terlebih dahulu. Kondisi dari pantai masih sangat asri dan natural. Lalu kondisi dari pantai juga seolah sama sekali belum termajah oleh manusia. Mengingat kondisi dari pantai itu sendiri masih sangat bersih dan barang ditemukan sampah yang berserakan.

Sumber Gambar: wisataidn.com

Ciri khas dan sekaligus sebagai pesona dari Pantai Kuala Kambas ini yaitu pepohonan cemara. Jenis pohon cemara yang terdapat di pantai yaitu cemara laut. Selain pohon cemara di pantai juga dipenuhi dengan pohon pinus. Kemudian lokasi dari pantai yang cukup terpencil membuat suasana pantai sangat menenangkan. Jadi saat berada di pantai tersebut serasa berada di sebuah private beach.

Warna pasir pantai di Kuala Kambas ini tergolong sangat langka dan unik. Umumnya warna dari pasir pantai yaitu coklat dan putih. Namun tidak untuk Pantai Kuala Kambas ini. Untuk warna dari pasir di pantai Kuala Kambas yaitu berwarna kuning. Hal ini juga menjadi suatu fenomenal yang sangat langka. Sekaligus menjadi ciri khas dan daya tarik dari pantai ini. Sayangnya fasilitas yang tersedia di pantai sangat minim, jadi harus membawa bekal sendiri dari luar. Namun di pantai terdapat fasilitas gazebo untuk bersantai.

Lokasi Pantai Kuala Kambas

Lokasi dari Pantai Kuala Kambas berada di dalam Taman Nasional Way Kambas. Tepatnya di bagian paling ujung timur dari area taman nasional. Untuk lokasi dari Taman Nasional Way Kambas itu sendiru berada di daerah Bandar Sribawono, Lampung Timur.

Jadi untuk letak dari pantai ini dapat disebut sebagai destinasi alam yang cukup terpencil. Karena cukup jauh dari pusat Taman Nasional Way Kambas. Terlebih lagi cara untuk mengunjungi pantai juga kurang memadai dan harus menggunakan jalur air dengan menyelusuri aliran sungai. Walaupun pada dasarnya letak dari Taman Nasional Way Kambas sendiri tidak terpencil dan sangat strategis. Apalagi Taman Nasional tersebut menjadi destinasi wisata favorit dan sangat popular.

Kepopuleran dari Taman Nasional Way Kambas sendiri disebabkan oleh saya tariknya yang cukup khas. Daya tarik dari Taman Nasional tersebut terdapat pada kehidupan alamnya. Taman Nasional Way Kambas merupakan cagar alam para fauna. Di dalamnya terdapat puluhan satwa yang hidup di alam bebas dan tidak dikurung seperti kebun binatang. Bahkan di Taman Nasional tersebut dapat dijumpai beberapa spesies hewan yang hampir punah dan sangat langka.

Dari semua satwa yang ada, sebenarnya Taman Nasional Way Kambas hanya terpusat pada 2 kehidupan hewan yaitu harimau Sumatra dan gajah Sumatra. Bahkan di Taman Nasional tersebut disediakan spot gajah khusus seperti menunggang gajah dan pertunjukan gajah.

Rute Untuk Menuju Pantai Kuala Kambas

Sumber Gambar: Google Maps @Tambayu Rizqi

Untuk menuju ke Pantai Kuala Kambas harus melewati pintu gerbang dan area Taman Nasional Way Kambas terlebih dahulu. Setelah melewati area tersebut, perjalanan dilanjutkan dengan jalur air. Jadi dengan jalur ini, harus mengeluarkan akomodasi untuk kontribusi tiket masuk Taman Nasional Way Kambas.

Untuk cara tersebut memerlukan waktu yang cukup lama. Dengan area Taman Nasional Way Kambas sendiri yang sangat luas.

Disamping dari harus melewati Taman Nasional Way Kambas terlebih dahulu, ada 2 buah tips yang cukup efektif untuk menuju ke pantai kuala kambas. Tips yang pertama yaitu dengan menyelusuri aliran sungai way kanan. Tips kedua yaitu melewati Kuala Penet.

1. Rute Pantai Kuala Kambas dari Pos Sungai Way Kanan

Untuk cara yang pertama yaitu dengan melalui arus Sungai Way Kanan. Untuk cara ini sebaiknya tidak disalah artikan sebagai menyelusuri sepanjang sungai way kanan / di semua titik sungai way kanan.

Sumber gambar: rakyatnews.co.id

Kondisi dari Sungai Way Kanan Sendiru sangat panjang dan ada beberapa titik yang cukup berbahaya jika dilalui dengan perahu. Titik yang berbahaya tersebut merupakan titik dimana terdapat curug. Hampir sebagian besar curug / air terjun yang ada di daerah Way Kanan mempunyai sumber mata air yang berasal dari Sungai Way Kanan.

Namun untuk titik yang dimaksud dalam rute menuju ke Pantai Kuala Kambas yaitu Pos Sungai Way Kanan. Letak dari pos Sungai Way Kanan tersebut berada di dalam area Taman Nasional Way Kambas. Sehingga untuk cara pertama ini, dapat pula diartikan dengan rute Taman Nasional Way Kambas.

Letak dari pos sungai way kanan tersebut berada tepat di tengah – tengah wilayah Taman Nasional Way Kambas. Dengan luasnya Taman Nasional Way Kambas mungkin cukup sukit dalam menemukan letak dari pos way kambas. Sehingga harus sering meminta arahan dari petugas taman supaya tidak tersesat.

Walaupun letak dari Pos Way Kambas terdapat di Google map, namun pada kenyataannya hal tersebut kurang efektif. Terlebih lagi rute yang diarahkan oleh Google map secara global tanpa mengetahui keadaan dari Taman Nasional Way Kambas secara detail. Hal yang lebih mengerikan yaitu jalur yang ditunjukan merupakan area habitat Harimau Sumatra.

Sumber Gamba: Google Maps @Aditya Febrianto

Setelah tiba di lokasi pos sungai way Kambas, perjalanan selanjutnya dilakukan dengan menggunakan perahu. Perlajanan dari arah Pos Sungai Way Kanan memakan waktu selama ±1 jam. Selama perjanjian dapat menyaksikan area Taman Nasional Way Kambas yang sangat natural.

Dimana pesona dari Taman Nasional layaknya sebuah daerah yang jauh dari manusia. Dengan kata lain tanpa tersentuh peradaban manusia sama sekali. Jadi area tersebut benar – benar menggambarkan hutan belantara yang dipenuhi dengan fauna yang hidup secara liar dan bebas.

2. Rute Pantai Kuala Kambas dari Kuala Penet

Kuala Penet merupakan daerah yang berada di sekitar Taman Nasional Way Kambas. Letaknya pun tepat berada di tepi wilayah Taman Nasional tersebut.cSedangkan lokasi dari Kuala Penet berada di daerah Margasari, Lampung Timur. Area tersebut merupakan area pemukiman penduduk. Tetapi di area tersebut sangat penuh pusat perbelanjaan dan area food court. Sehingga untuk daerah kuala Penet dapat dijadikan sebagai referensi tempat belanja dan makan dekat Taman Nasional Way Kambas. Untuk rute yang kedua ini dapat memakan waktu selama ±1 jam perjalanan air. Untuk rute yang satu ini harus menuju ke tempat pelelangan ikan terlebih dahulu.

Jadi untuk rute yang satu ini sebenarnya kurang efektif karena akan merasakan bau amis yang kental. Namun jalur ini juga cukup recommended. Sebab untuk jalur darat yang dilalui cukup mudah dijangkau. Terlebih lagi akses Google map dapat dimanfaatkan dengan efektif.

Setelah tiba di lokasi tempat pelelangan ikan, selanjutnya yaitu menuju ke dermaga. Kamudian perjalanan menuju ke lokasi pantai kuala kambas dilanjutkan dengan jalur air. Dari rute ini perjalanan air ini dengan menyelusuri area laut Jawa.