in

Pesona Gemericik Air Terjun Bertingkat Yang Memukau Hati

Sumber Gambar: surgawisataindah.blogspot.com

Banyak wisata alam yang ada di Bali mulai dari pantai, pegunungan, sawah, sungai dan air terjun. Salah satu air terjun yang ada di Bali adalah air terjun bertingkat. Wisata alam ini sangat asri dan bersih sehingga akan membuatmu ingin mengunjunginya.

Tidak salah lagi jika Bali dijuluki sebagai surga dunia karena pesona keindahannya. Berbagai pesona alamnya mampu menarik wisatawan datang untuk menikmatinya secara langsung.

Daya Tarik Air Terjun Bertingkat

Sumber Gambar: Google Maps @Andre Vibip

Air terjun bertingkat merupakan sebuah air terjun yang bertingkat-tingkat yaitu ada 3 tingkatan. Setiap turun satu tingkat membentuk sebuah kolam alami sampai pada tingkat ke tiga. Aliran air yang turun membentuk air terjun sehingga juga terdapat tiga air terjun dan tiga kolam alami yang sangat indah.

Sumber Gambar: Google Maps @Made Sumidra

Disekitar air terjun terdapat berbagai tanaman hijau yang menyejukkan ketika dipandang. Bebatuan yang ada di kolam alami dapat digunakan sebagai pijakan saat kamu ingin menyusuri air terjun.

Ketinggian keseluruhan air terjun yang berjumlah tiga tingkat cukup tinggi dan aliran air yang jatuh sangat deras. Selain itu air yang mengalir sangat jernih dan segar sehingga akan membuatmu ingin segera merasakan kesejukan airnya saat sampai di air terjun.

Lokasi Air Terjun

Lokasi lengkap air terjun ini ada di desa Gitgit, kecamatan Sukasada, kabupaten Buleleng. Tidak heran jika banyak orang yang menyebut air terjun ini dengan nama air terjun Gitgit. Selain itu nama lain dari air terjun ini juga lebih banyak yang mengenal dengan nama Multi Tier Waterfall.

Saat mengetik pada google maps, kamu akan dengan mudah mendapatkan alamat lengkap serta rute untuk menuju ke air terjun Multi Tier ini. Hal ini karena di desa Gitgit juga terdapat tempat wisata lain yang berdekatan dengan air terjun Bertingkat sehingga lokasinya mudah ditemukan.

Cara Menuju Ke Lokasi Air Terjun

Sumber Gambar: Google Maps @Rustem Fattakhov

Jika kamu berangkat dari kota Denpasar maka jarak yang harus kamu tempuh ke air terjun Bertingkat adalah 70 km. Saat ke air terjun yang ada di desa Gitgit ini, kamu juga bisa mampir ke beberapa lokasi wisata lain.

Letaknya juga searah dengan lokasi wisata Bedugul, jika dari Bedugul jarak yang harus ditempuh menuju air terjun adalah 20 km. Sesampainya di tempat wisata, kamu harus memarkirkan kendaraanmu pada tempat parkir yang sudah di sediakan.

Selanjutnya kamu harus berjalan pada jalan setapak yang sudah disediakan dengan menikmati pesona keindahan alam sepanjang perjalanan. Kamu membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk sampai ke air terjun.

Fasilitas Yang Tersedia di Air Terjun Bertingkat

Sumber Gambar: Google Maps @Doni Andreana

Fasilitas tempat wisata dibangun untuk memenuhi kebutuhan para pengunjungnya. Begitu juga di air terjun Bertingkat ini.

Pengunjung yang datang tidak perlu khawatir saat berada disana karena sudah dibangun beberapa fasilitas yang aman, diantaranya adalah :

  • Tempat parkir kendaraan, fasiliotas ini merupakan fasilitas yang wajib dimiliki oleh setiap tempat wisata.

Kendaraan pribadi pengunjung bisa ditempatkan pada parkiran yang aman dan dijaga oleh petugas sehingga ketika berwisata pengunjung tidak perlu mengkhawatirkan kwamanan kendaraannya.

  • Jalan setapak dengan pemandangan alam yang indah, menuju ke air terjun ada fasilitas jalan setapak yang dikelilingi pemandangan alam mempesona. Jalan setapak ini tertata rapi sehingga kamu bisa melewatinya dengan aman.
  • Toilet, disekitar tempat wisata ada beberapa toilet yang disediakan untuk para pengunjung yang utuh buang air kecil atau berganti pakaian.

Tips Saat Berkunjung

Mengunjungi wisata alam terbuka seperti air terjun ini, usahakan kamu memakai pakaian santai yang nyaman dan juga alas kaki yang aman. Hal ini karena untuk menuju ke lokasi kamu harus jalan kaki sehingga keamanan dan kenyamannamu menjadi hal yang utama.

Pastikan kamu juga sudah membawa baju ganti agar tidak kebingungan saat bajumu basaah. Tujuan wisatamu adalah air terjun sehingga pasti kamu akan terkena air meskipun tidak mandi. Jadi baju ganti adalah barang bawaan wajib yang tidak boleh terlupakan.

Keindahan pesona wisata alam air terjun Bertingkat menjadi destinasi yang wajib kamu kunjungi saat berwisata ke Bali. Kamu akan merasa nyaman dan betah berada disana karena udaranya yang sejuk.