OUR NETWORK

Pesona Pantai Sirombu Usai Dihantam Tsunami

Keindahannya Memanjakan Mata
Source Image: Google Map

Dikenal sebagai objek wisata terbaik di Kabupaten Nias Barat, Pantai Sirombu sempat diluluhlantakkan oleh bencana Tsunami pada tahun 2004. Sehingga ada sebagian kawasan pantai yang mengalami perubahan bentuk, dan seluruh bangunan yang ada di kawasan pantai, saat itu hancur dihantam gelombang dahsyat.

Kini setelah 15 tahun berlalu, pantai yang sempat porak poranda tersebut, kini sudah kembali menghadirkan keindahan yang tidak jauh berbeda dengan saat masih belum dihantam oleh Tsunami. Bangunan-bangunan toko yang dulu berderet di sepanjang jalan menuju ke lokasi wisata, sebagian besar sudah berdiri kembali.

Sumber: Instagram @faqihwarouwu

Di kawasan pantai juga sudah banyak berdiri gubuk-gubuk beratap rumbia yang menjual berbagai macam makanan utamanya olahan seafood, gubuk-gubuk untuk tempat beristirahat wisatawan, dan juga sudah dibangun sejumlah fasilitas pendukung seperti area parkir, kamar mandi dan toilet serta mushollah.

Perjalanan Menuju Pantai Sirombu 

Secara administratif Pantai Sirombu terletak di Desa Sirombu, Kecamatan Sirombu, Kabupaten Nias Barat, Provinsi Sumatera Utara. Untuk berkunjung ke pantai ini, pengunjung yang dari luar Pulau Nias dapat mengaksesnya dengan menggunakan transportasi udara maupun transportasi laut.

Bagi yang menggunakan transportasi udara, dari Bandara Kuala Namu (Medan) dapat naik pesawat ATR 72-600 yang disediakan maskapai penerbangan GIA atau pesawat ATR 72-500 yang disediakan Wings. Pesawat nantinya akan mendarat di Bandara Binaka yang ada di Kota Gunungsitoli.

Sumber: Google Map

Sedang untuk yang menggunakan sarana transportasi laut, dapat menggunakan kapal Pelni yang secara berkala berlayar dari Pelabuhan Tanjung Priok – Padang – Gunungsitoli. Selain itu tersedia pula kapal feri dengan rute Sibolga – Teluk Dalam, Sibolga – Lahewa dam Sibolga – Gunungsitoli.

Wisatawan yang sudah sampai di Kota Gunungsitoli dapat melanjutkan perjalanan menuju ke Pantai Sirombu dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat yang menempuh perjalanan sejauh kurang lebih 70 km dengan lama perjalanan sekitar 2,5 – 3 jam. Akses jalan menuju lokasi sudah beraspal mulus sehingga cukup aman dan nyaman untuk dilewati kendaraan.

Pesona Pantai Sirombu

Sumber: Instagram @mojokebaya

Nias yang dikenal memiliki banyak pantai yang eksotis, salah satu diantaranya adalah pantai ini. Pesona Pantai Sirombu tidak berbeda halnya dengan pantai-pantai yang ada di Nias lainnya, berhias pasir yang putih bersih, dengan bat-batu karang pada beberapa bagiannya serta memiliki ombak yang cukup besar.

Karena itu, wisatawan yang berkunjung ke Pantai Sirombu disarankan untuk tidak mandi terlalu ke tengah jika merasa tidak bisa berenang. Mereka yang pandai berenangpun harus pandai-pandai memilih lokasi dengan memilih area yang jauh dari batu karang.

Sumber: mediaaceh.com

Dengan ombaknya yang relatif besar, Pantai Sirombu juga kerap digunakan untuk surfing. Hanya saja, mereka yang berselancar di sini kebanyakan adalah surfer pemula, karena untuk aktifitas surfing, ombak di pantai ini tidak sebesar Pantai Plengkung yang ada di Banyuwangi, Pantai Sipora Mentawai di Sumbar, Pantai Sorake yang juga ada di Sumut, Pantai Bangko-bangko di NTB dan sejumlah pantai di Bali seperti Pantai Kuta dan Pantai Uluwatu.

Pengunjung yang takut untuk mandi karena besarnya gelombang yang menghantam pesisir, dapat melakukan aktifitas lainnya yang tidak kalah mengasyikkan, seperti bermain di hamparan pasir putih, berjalan-jalan menyusuri kawasan pantai, atau duduk di gubuk-gubuk yang memang disiapkan bagi para pengunjung sambil menikmati indahnya pemandangan dan sejuknya hembusan angin laut.

Sumber: Instagram @raimondduha6866

Bagi yang memiliki hobby fotografi atau mereka yang gemar selfie, keindahan Pantai Sirombu sudah barang tentu sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja, tanpa diabadikan dengan lensa kamera atau menggunakan kamera ponsel. Birunya laut yang menyatu dengan birunya langit ditambah gunung dan bebukitan yang menjadi latar belakang, membuat pemandangan yang tersuguh begitu menawan.

Terlebih pantai ini juga digunakan para nelayan untuk menyandarkan perahu. Sehingga wisatawan dapat memanfaatkan perahu-perahu nelayan sebagai background  foto yang hasilnya bisa dipastikan sangat menawan.

Sumber: review.bukalapak.com

Perahu-perahu tersebut sebenarnya digunakan para nelayan untuk mencari ikan. Namun apabila pengunjung ingin menyusuri kawasan perairan, para nelayan akan dengan senang hati menyewakan perahunya dan mengantar wisatawan. Karena memang tidak dimanfaatkan secara khusus sebagai perahu wisata, maka tidak ada patokan harga bagi yang mau menyewa. (*)

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…