OUR NETWORK

Pesona Pantai Ulee Lheue, Pantai Romantis di Banda Aceh

Berbicara tentang keindahan pesona alam Aceh memang tidak akan ada habisnya. Karena provinsi yang dijuluki sebagai Serambi Mekkah ini memiliki begitu banyak pesona alam yang menawan, mulai dari gunung, air terjun, hingga deretan pantai yang eksotis. Banyaknya pantai yang indah di Aceh memang bukan hal yang mengejutkan, karena provinsi yang beribu kota di Banda Aceh ini diapit oleh dua laut sekaligus, yakni samudera Hindia di sisi selatan dan laut Andaman di sisi utara. Dari sekian banyak pantai indah yang berada di Aceh, salah satunya adalah Pantai Ulee Lheue yang terkenal dengan pemandangan romantisnya. Pantai ini pun cukup unik, karena tidak memiliki pasir putih layaknya pantai di Aceh pada umumnya.

Lokasi Pantai Ulee Lheue

Sumber: Instagram @dimastryanto

Lokasi Pantai Ulee Lheue sangat mudah untuk ditemukan, karena berada dekat dengan Banda Aceh. Lokasi persisnya sendiri berada di desa Ulee Lheue, kecamatan Meuraksa, kota Banda Aceh, provinsi Aceh, atau berada tepat di sepanjang jalan pelabuhan Ulee Lheue yang digunakan sebagai penyebrangan menuju ke pulau Weh. Jika pengunjung datang dari pusat kota Banda Aceh, maka mereka hanya perlu menempuh perjalanan sejauh 3 km, dan bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan umum seperti taksi, labi-labi, atau juga bisa dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Sempat Rusak Dihantam Gelombang Tsunami

Sekedar diketahui, Pantai Ulee Lheue sempat menjadi salah satu pantai dengan kerusakan terparah karena hantaman gelombang tsunami dahsyat pada tahun 2004 yang lalu. Semua pohon tumbang, dan fasilitas yang ada di sekitar pantai pun rusak terkena hantaman gelombang tsunami yang sangat dahsyat.

Sumber: Instagram @raisopoto

Sebelum terjadinya bencana tersebut, konon pantai yang satu ini memiliki hamparan pasir putih yang cukup lembut. Akan tetapi hamparan pasir putih itu hilang tersapu gelombang tsunami yang sangat dahsyat tersebut.

Sumber: Instagram @felixiryantomo

Seiring dengan berjalannya waktu, pemerintah setempat mulai membangun kembali fasilitas yang ada di Pantai Ulee Lheue, dan juga membangun ekosistem pantai hingga menjadi seperti yang bisa kita nikmati sekarang. Akan tetapi pasir putih tetap tidak bisa kita temui lagi di pantai yang satu ini.

Pesona Pantai Ulee Lheue

Sumber: busy.org

Jika kebanyakan pantai di Aceh memiliki ombak yang besar, hal itu sama sekali tidak akan kamu temui di Pantai Ulee Lheue. Karena ombak di pantai ini cukup tenang, mengingat adanya tanggul dari tumpukan batu yang digunakan untuk memecah ombak. Pada sisi lainnya, pantai ini terdapat hamparan pasir hitam yang dipercaya memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit.

Sumber: Instagram @rifki_maqfirah

Banyak yang mengatakan bahwa waktu terbaik untuk menikmati pantai ini adalah ketika di sore hari, menjelang senja. Karena para pengunjung akan disuguhi oleh keindahan perpaduan antara birunya laut yang tenang dan awan senja yang berwarna kuning kemerahan. Saat sore hari, angin di pantai ini juga berhembus sepoi-sepoi, membuat para pengunjung semakin betah untuk berlama-lama. Dengan keindahan yang dimilikinya di kala senja, pantai ini pun terlihat romantis dan sering dijadikan sebagai tempat jujugan para muda-mudi untuk menghabiskan waktu luang mereka di sore hari.

Kegiatan di Pantai Ulee Lheue

Kamu dijamin tidak akan pernah bosan berada di Pantai Ulee Lheue. Karena di sana kamu bisa melakukan beragam aktifitas yang menyenangkan. Bagi kamu yang ingin berenang, kamu juga bisa melakukannya di pantai yang satu ini. Namun jika tidak ingin basah-basahan, kamu bisa menyewa sepeda air yang banyak disediakan di sana.

Sumber: Instagram @nazarrivolsa

Keberadaan tanggul di dekat pantai seringkali dijadikan warga setempat untuk memancing ikan. Untuk yang ingin mencoba wisata kuliner, di sekitar pantai juga banyak warung yang menjajakan jagung bakar. Duduk di tepi pantai sembari makan jagung bakar dengan ditemani angin yang sepoi-sepoi dan pemandangan senja bisa menjadi pilihan yang pas untuk menikmati keindahan Pantai Ulee Lheue.

Fasilitas di Pantai Ulee Lheue

Sumber: sengpaku.blogspot.com

Fasilitas di Pantai Ulee Lheue bisa dibilang cukup lengkap, di sana kamu pun bisa dengan mudah menjumpai fasilitas umum seperti toilet dan mushalla untuk beribadah. Lahan parkir di pantai ini pun cukup luas, meskipun hanya berada di bahu jalan. Bagi yang ingin bermalam, di sekitar Pantai Ulee Lheue terdapat beberapa tempat penginapan yang bisa dijadikan sebagai pilihan. Jangan takut soal harga, karena mayoritas tempat penginapan di Pantai Ulee Lheue harga sewanya relatif terjangkau.

Comments

Loading...