spot_img

Pesona Pulau Genteng Kecil, Tak Kalah dengan Pulau Tetangganya!

Kali ini, WISATO.ID akan memberikan rekomendasi wisata bahari yang dekat jaraknya bagi kamu warga Jabodetabek. Wisata bahari berupa kepulauan ini juga sangat mudah juga untuk dijangkau. Lokasinya pun masih berada dalam Provinsi DKI Jakarta lho! Siapa yang menyangka jika terdapat pulau – pulau cantik di pinggiran Jakarta? Nama kepulauan ini pastinya sudah tak asing didengar. Ya, Kepulauan Seribu namanya. Berwisata kesana sangat cocok untuk kamu yang ingin “self healing” sejenak, apalagi tempat wisata ini berupa ruas kepulauan dengan deburan ombak yang cukup membuatmu terkesan serta suasananya yang nyiur. Di Kepulauan Seribu ini banyak gugusan-gugusan pulau yang bisa dikunjungi. Salah satu rekomendasi gugusan pulau tersebut namanya Pulau Genteng Kecil. Ingin tau seperti apa kecantikan pulau yang masih berada di Provinsi DKI Jakarta ini? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Pesona Pulau Genteng Kecil

Kepulauan Seribu ternyata merupakan bagian dari Provinsi DKI Jakarta. Kepulauan ini termasuk sebuah wilayah kabupaten dari DKI Jakarta. Secara geografis, kawasan kepulauan ini memiliki luas total 4.745,62 kilometer persegi. Dari luas total wilayahnya, terdiri dari 8,76 kilometer persegi daratan dan ada lebih dari 110 pulau. Kepulauan Seribu memiliki 2 kecamatan yaitu Kepulauan Seribu Utara dan Kepulauan Seribu Selatan. Dari sekian banyak pulau-pulau di kepulauan tersebut, hampir sebagian besarnya menjadi tujuan wisata para pelancong. Keindahan alam laut dan pulaunya selalu saja menarik perhatian mata pelancong.

Sumber Gambar: Google Maps @Randy

Tak hanya pelancong lokal saja yang sengaja datang kesana untuk berlibur, tetapi banyak juga pelancong dari berbagai negara yang menyempatkan diri untuk berlibur. Salah satu bagian dari Kepulauan Seribu yakni Pulau Genteng Kecil bisa menjadi rekomendasi wisata bahari akhir pekan.

Sumber Gambar: kepulauanseribu.over-blog.com

Pulau Genteng Kecil bisa dikategorikan sebagai pulau ressort. Dengan kata lain, pulau ini dikelola oleh swasta dan tujuannya memang untuk wisata. Di pulau tersebut tidak ada penduduk sama sekali, alias tidak berpenghuni. Sehingga sangat cocok didatangi bagi yang ingin mencari ketenangan, bagi para pasangan muda yang ingin honeymoon atau bahkan wisata bersama rombongan.
Letak pulau ini pun ternyata masih menjadi bagian dari wilayah administrasi Pulau Kelapa. Walau hanya seluas 5,58 hektare, suasana Pulau Genteng Kecil sangat asri dan adem. Ditemani dengan semilir angin pantai yang sepoi – sepoi serta keindahan dari lautannya. Air laut masih sangat jernih serta transparan, sehingga tak heran banyak biota laut yang  bisa terlihat dari atas permukaan air.

Sumber Gambar: exploreseribu.com

Salah satu hal yang paling mengesankan yakni pelancong bisa dengan mudah menemukan sekelompok ikan badut atau  nemo yang berenang dengan asiknya. Namun, jangan harap bisa untuk menangkap dan membawanya pulang untuk dijadikan hiasan dirumah. Sebab, ekosistem serta kehidupan biota laut di pulau yang masih asri ini wajib kita jaga keberlangsungannya.

Keistimewaan Pulau Genteng Kecil

  • Spot Sunset Terbaik

Sumber Gambar: Instagram @pulaugentengkecil

 

Salah satu keistimewaan pulau ini adalah menjadi spot melihat sunset terbaik. Jika pelancong ingin menghabiskan waktu saat sore hari sambil melihat sunset, maka sebaiknya memilih untuk menginap. Untuk melihat sunset pun cukup melangkahkan kaki sebentar ke arah dermaga. Dari situlah para pelancong bisa duduk santai di tepian laut untuk melihat sunset.
  • Watersport Yang Seru

Sumber Gambar: Instagram @pulaugentengkecil

Salah satu fasilitas yang bisa pelancong temukan di pulau ini adalah berbagai macam jenis watersport. Mulai dari banana boat, canoe, kayak hingga snorkeling. Untuk mencoba seluruh fasilitas tersebut, sebaiknya pelancong memesan sejak H-1 kedatangan. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 100.000 sampai Rp 300.000 per orang.
  • Cocok Untuk Honeymoon

Sumber Gambar: Instagram @pulaugentengkecil

Sebagai pulau yang tak berpenghuni, suasana private akan terasa disana. Bagi pelancong yang ingin menghabiskan waktu honeymoon bersama pasangan maka sangat disarankan menginap di ressort  yang tersedia di pulau ini. Jika tak mau repot memesan penginapan, dll maka sebaiknya memesan paket wisata melalui jasa tour. Pelancong bisa melakukan pencarian terlebih dahulu di internet. Sangat banyak sekali jasa tour yang bisa membantu pelancong untuk menyiapkan seluruh keperluan berlibur di Pulau Genteng Kecil termasuk akomodasi. Biasanya, untuk paket honeymoon lama waktunya minimal 3 hari 2 malam. Biayanya pun tergantung dari seberapa lengkap fasilitas yang para pelancong ingin dapatkan selama berada disana.
  • Island Hopping

Sumber Gambar: Google Maps @indoindians.com

Walau tak besar, jangan takut bosan selama berada di pulau yang cantik ini. Pulau Genteng Kecil berdekatan dengan beberapa pulau tetangga yang juga tak kalah cantik. Mulai dari Pulau Semut Besar, Pulau Bulat, Pulau Panjang dan Pulau Semut Besar. Pelancong bisa mengikuti kegiatan Island Hopping ke pulau – pulau tersebut. Biasanya waktu kunjungan tak sampai 1 jam untuk setiap pulau.
  • Gathering Bersama Rombongan

Sumber Gambar: Instagram @pulaugentengkecil

Pulau Genteng Kecil pun cocok untuk kegiatan gathering bersama rombongan. Misalnya rombongan keluarga, teman, arisan, kantor, dll. Suasana privatenya akan membuat kegiatan bersama menjadi lebih seru. Pelancong pun tak perlu khawatir karena di ressort yang terdapat di pantai ini ada fasilitas pendukung seperti meeting room, ruang serba guna, panggung kecil, sound system, organ tunggal, peralatan games, projector, dsb. Ketersediaan semua fasilitas tersebut akan disesuaikan dengan paket yang pelancong pilih nantinya.
close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.