OUR NETWORK

Pulau Ayer Wisata Pulau Dengan Konsep Floating Cottage Pertama Di Indonesia

Source Image: wisatalengkap.com

Pulau Ayer memiliki pesona alam yang cukup mempesona dan sangat menarik. Wisata alam ini telah menjadi wisata pulau terbaik yang ada di Kepulauan Seribu. Pulau ini mendapat julukan sebagai mutiara kepulauan.

Daya Tarik Pulau Ayer

Karena Pulau Ayer tidak hanya sekedar menawarkan pesona alam pulau, tetapi juga menawarkan berbagai macam fasilitas resort mewah dengan ciri khas floating cottage. Luas dari pulau ini hanya sekitar ±10 hektar.

Sumber: Instagram @barli8js

Untuk floating cottage yang merupakan fasilitas utama pada Resort Ayer Island. Sensasi yang ditawarkan dari cottage tersebut yaitu merasakan sendiri tinggal di rumah yang terapung di laut. Sama seperti yang dirasakan beberapa penduduk yang tinggal di floating village.

Sumber: Instagram @barli8js

Floating village / rumah terapung bukan menjadi hal baru di Indonesia, tetapi telah menjadi salah satu budaya dalam hunian. Ada banyak floating village yang tersebar di wilayah Indonesia. Dengan menginap di floating village memang dapat merasakan sensasi hidup di suatu tempat yang benar – benar terapung. Hanya saja nuansa floating village dan floating cottage sangat berbeda jauh. Untuk floating village sendiri merupakan salah satu bentuk rumah tradisional. Sebagian besar penduduk yang tinggal di floating village masih menggunakan peralatan tradisional yang telah turun temurun dari beberapa generasi.

Sedangkan untuk floating cottage di Pulau Ayer, sekilas masih mempertahankan desain rumah tradisional pada setiap kamar. Sebagian material pun terbuat dari kayu dan bambu. Hanya saja telah dilengkapi peralatan dan perkakas modern yang menjadi standar hotel bintang 4.

Sumber: Instagram @turiz.id

Keberadan dari floating cottage yang ada di pulau ini bukan hanya sekedar menjadi ciri khas Ayer Island Resort. Tetapi pulau tersebut pernah dikunjungi oleh Presiden Soekarno. Kedatangan Presiden Soekarno ke floating cottage tidak sendiri, namun beliau juga mengajak Presiden Tito Yugoslavia dan mantan sekretaris jenderal PBB, U Nu.

Dengan kunjungan Presiden Soekarno, menjadikan sebagai bukti bahwa floating cottage Pulau Ayer merupakan resort pertama di Indonesia yang menyajikan penginapan di atas air. Dengan kata lain pelopor resort dengan konsep floating room. Walaupun destinasi utama di Pulau Ayer yaitu floating cottage, tetapi tidak harus menginap saat mengunjungi Pulau ini. Tetapi dapat pula melakukan one day trip dengan mengeksplorasi keindahan alam di pulau tersebut.

Sumber: pulauseribu-resorts.com

Selain floating cottage, di pulau ini juga terdapat floating restaurants. Floating restaurants juga berfungsi sebagainya dermaga di Pulau Ayer. Dermaga tersebut hanya khusus pengunjung yang menggunakan jasa travel dan bukan single trip. Floating restaurants di pulau ini menggunakan konsep prasmanan. Jadi pengunjung pun dapat makan sepuasnya. Untuk harga dari olahan menu cukup terjangkau.

Untuk breakfast / sarapan akses floating restaurants dibandrol dengan harga 121.000 IDR per orang. Sedangkan untuk lunch / makan siang sebesar 134.000 IDR per orang. Sementara untuk dinner / makan malam sebesar 182.000 IDR per orang.

Lokasi Pulau Ayer

Letak dari Pulau Ayer berada di kawasan Kepulauan Seribu. Sehingga pulau ini hanya dapat ditempuh dengan jalur laut. Cara menuju ke pulau ini cukup mudah, karena tidak jauh dari Pantai Marina Ancol. Waktu perjalanan yang dibutuhkan dari arah dermaga 16 Pantai Marina dan puluhan ayer sangat singkat, hanya selama ±30 menit perjalanan.

Jadi jika hendak mengunjungi pulau ini harus menuju ke kawasan Pantai Marina Ancol terlebih dahulu. Di Pantai Marina sendiri terdapat alat transportasi umum yang memang menjadi alat transportasi untuk mengantar penumpang menuju ke Kepulauan Seribu.
Sayangnya alat transportasi umum tersebut memiliki waktu operasional yang sangat terbatas. Dalam 1 hari hanya beroperasi sebanyak 3 kali. Waktu operasional pertama dengan arah destinasi dermaga 16 Pantai Marina – Pulau Ayer. Kapal akan berangkat sekitar ±9 pagi. Jadi untuk mengunjungi Pulau Ayer harus stand by, setidaknya sekitar jam 8. Sebelum jam 9 pagi harus berada di dermaga 16 Pantai Marina.

Sumber: kumparan.com

Untuk waktu operasional yang kedua dan ketiga memiliki destinasi yang sama, yaitu dengan rute dari arah Pulau Ayer – dermaga 16 Pantai Marina. Waktu operasional kapal yang kedua yaitu pada pukul 14.00 WIB / 2 siang. Sedangkan untuk waktu operasional terakhir pada pukul 16.00 WIB / jam 4 sore.

Dengan waktu operasional kapal yang sangat terbatas, sebaiknya tidak berlarut – larut saat berada di pulau ini. Karena jika lebih dari pukul 4 sore belum sampai di dermaga Pulau Ayer, maka harus menginap di Pulau Ayer. Lalu menunggu hari esok supaya dapat pulang dari pulau tersebut.

Paket Wisata Ayer Island

Sumber: wisatalengkap.com

Paket wisata Pulau Ayer ini terdapat beberapa jenis. Paket wisata pertama yaitu single trip dengan tidak menggunakan jasa travel. Sementara untuk paket wisata kedua dan ketiga yaitu day trip dengan jasa travel dan floating cottage.

  • Single trip tanpa jasa travel

Dari semua jenis paket wisata tersebut, sangat tidak disarankan untuk melakukan single trip tanpa menggunakan jasa travel. Karena sebagian besar wilayah di pulau ini merupakan milik Ayer Island resort. Mungkin hanya dapat mengunjunggi area spot foto dan mini shop.

Jika melakukan single trip tanpa jasa travel, akan kesulitan dalam akses Ayer island resort. Bahkan biaya yang harus dikeluarkan dengan single trip akan jauh lebih mahal. Besarnya biaya transportasi menuju ke Pulau Ayer sebesar 170.000 IDR per orang. Biaya tersebut untuk akomodasi pulang – pergi.

  • One day trip dengan jasa travel

Paket wisata yang satu ini sangat recommended bagus yang hanya berniat untuk mengunjungi pulau tanpa menginap. Besarnya tarif untuk paket one day tour orang dewasa sebesar 387.200 IDR per orang. Sedangkan untuk anak – anak umur 3 – 12 tahun akan dikenakan biaya sebesar 369.050 IDR. Sementara itu untuk pengunjung batita umur 1 – 3 tahun, akan dikenakan biaya sebesar 217.800 IDR.
Dengan menggunakan jasa travel pada paket wisata one day triple, akan memperoleh berbagai macam fasilitas. Fasilitas tersebut meliputi tiket transportasi laut pulang – pergi (dermaga 16 pantai marina dan pulau ayer), welcome drink, akses kolam renang, basket, volly pantai dan lunch.

  • Paket wisata 2 hari 1 malam

Dengan paket wisata ini, dapat merasakan sensasi tinggal di atas laut yang sesungguhnya. Walaupun hanya 1 malam. Besarnya biaya pada paket wisata ini disesuaikan dengan tipe kamar yang telah dipilih.

Ada 6 buah jenis biaya paket wisata 2 hari 1 malam. 2 diantaranya merupakan paket wisata dengan menginap di hotel, bukan di floating cottage. Besarnya harga paket wisata non floating cottage merupakan paket wisata yang paling murah diantara paket wisata lain.

Baik paket wisata di floating cottage dan non floating cottage memiliki fasilitas yang sama. Fasilitas yang pertama yaitu akses transportasi laut pulang – pergi dari dermaga 16 pantainya marina – Ayer Island.

Kemudian setiap orang akan mendapatkan welcome drink dan 3 kali makan ( lunch, dinner dan breakfast). Fasilitas selanjutnya yaitu akomodasi penginapan sesuai dengan reservasi. Fasilitas lain yaitu free akses untuk eksplorasi pulau dan resort.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…