in

Pulau Barrang Lompo, Destinasi Wajib Bila Ke Makassar

Sumber Gambar dari Instagram @zlfhryy

Wilayah Indonesia bagian Timur menjadi surganya panorama alam Indonesia. Dimana, hampir setiap tempat mempunyai keindahan yang patut dibanggakan. Apalagi, kalau sudah berbicara dunia bawah lautnya. Tidak ada yang buruk, hanya bagus saja yang akan terdengar dari perbincangan wisatawan. Salah satunya adalah Pulau Barrang Lampo.

Tidak hanya cukup dengan berbagai macam keindahannya saja. Kamu juga bisa menemui banyak penduduk yang ramah-ramah dan bersahaja. Mereka seperti seorang saudara yang lama tidak ditemui. Disini pula kamu bisa melihat sebuah laboratorium penelitian marine field yang bergeak di bidang perikanan dan kelautan Indonesia.

Mengenal Pulau Barrang Lampo

Lingkungan dan fasilitas di pulau ini sendiri bisa dikatakan cukup lengkap. Dengan hadirnya beberapa gedung pendidikan dan kesehatan. Selain itu, kamu juga bisa melihat banyak berdiri ATM, foodcourt dan masih banyak lagi.

Sumber Gambar: bagooli.com

Untuk sinyal sendiri kamutidak perlu khawatir, karena disini sudah cukup bagus. Begitu pula dengan aliran listrik yang bisa dirasakan 24 Jam penuh. Mempunyai 4 RW dengan keindahan terumbu karangnya mencapai 71,72 Hektar.

Cara Menuju Ke Pulau Barrang Lampoo

Menuju ke Pulau Barrang Lompo tidak terlalu sulit. Kamu bisa memulianya dari Makassar. Ada dua alternatif yang bisa kamu pilih untuk masuk ke kota ini. Mulai dari penerbangan dan juga kapal. Dari segi harga, keduanya cukup berbeda. Bila masuk melalui bandara, kamu akan dipatok dengan harga 600 ribuan dari jakarta dengan waktu tempuh mencapai 3 jam sampai 4 jam lamanya.

Bagi yang memilih menggunakan kapal. Waktunya kurang lebih 4 hari 3 malam dengan harga 350 ribuan. Melalui pelabuhan Tanjung Priok Surabaya. Jadwal keberangkatannya sendiri biasanya hanya tersedia satu bulan 2 kali. Dari pelabuhan Makassar kamu bisa melanjutkan kembali menuju ke Dermaga Pulau Barrang Lompo dengan menggunakan kapal dan membayar dengan tarif 10 ribu rupiah yang hadir setiap hari.

Keindahan Pulau Barrang Lampo

Sumber Gambar: Google Maps @Sahraeni

Keindahan utama dari pulau ini adalah pesona karang bawah laut yang tidak akan kalah dengan kawasan lainnya. Disini, sudah banyak yang menyewakan jasa untuk snorkeling maupun diving.

Untuk spot snorkeling kamu akan disuguhkan dengan dua tempat yaitu 3 meter dan juga 6 meter. Dari sini saja, kamu sudah bisa melihat betapa indahnya terumbu karangnya. Untuk spot diving kamu bisa menyelam hingga ke dalaman 10 meter. Dari segi pandangannya cukup bagus. Tidak rugi bila kamu membawa kamera bawah laut ke tempat ini.

Untuk bisa menikmati kedua aktifitas ini kamu akan ditarik dengan harga mulai dari 50 ribu hingga 500 ribu rupiah saja. Semua peralatan keamanan yang kamu perlukan juga sudah dipersiapkan dengan standar keamanan tingkat tinggi.

Sudut Foto

Selesai berkenalan dengan berbagai macam terumbu karang, saatnya kamu berburu foto yang mengesankan. Dimana, kamu bisa menikmati pemandangan sunset nan cantik. terlebih lagi saatkapal berlalu-lalang kesana-kemari. Pemandangan siluetnya memang cantik. Kamu bisa menghabiskan sepanjang sore di dermaga. Menikmatinya dengan es kelapa muda yang asli dipetik dari pohonnya. Tidak hanya senja berakhir saja. Keindahannya berlanjut sampai di pesona malam hari yang memukau.

Sumber Gambar: Google Maps @Muh Rahmat

Nah, di malam hari pula kamu bisa menikmati sajian khas yang membuat liburan kamu semakin lengkap dan menyenangkan. Ada banyak menu makanan baik tradisional maupun menu barat seperti burger dan steak. Tetapi, percayalah untuk mencoba makanan dan minuman khas Makassar yang super lezat dan membuat kamu terbuai untuk menikmatinya lagi dan lagi.

Kesimpulan

Rasanya, ada yang kurang bila pulang tidak membawa oleh-oleh apa pun. Tempat ini memang kurang cocok membawa makanan berupa oleh-oleh. Mengingat perjalanan panjang yang akan kamu tempuh. Oleh karena itu, kamu bisa membeli pernak-pernik yang dijual mulai dari 10 ribu rupiah sampai satu juta rupiah lho.

Oleh-oleh tersebut berupa kerajinan yang dibuat oleh warga sekitar mulai dari perak dengan bentuk seperti, kapal pinisi, gantungan kunci, kaligrafi, mobil, kuda. Ada juga yang terbuat dari bahan kulit kerang, Kamu bisa pilih sendiri mana seleramu.

Pulau Barrang Lompo adalah keindahan yang harus kamu kunjungi. Keindahannya memang tidak setengah-setengah. Sehingga, kamu bisa menikmati liburan maksimal disini. Jadi, sudah siap untuk menikmati berbagai macam pesonanya?