OUR NETWORK

Pulau Berhala, Garda Terdepan Wisata Indonesia

Sumber: bijambi.com

Ada banyak sekali pulau di Indonesia yang berpenghuni dan belum berpenghuni. Semuanya mempunyai pesona nan menarik untuk dikunjungi. Dijadikan salah satu destinasi wajib untuk mengahabiskan waktu saat libur panjang mulai menyerang.

Diantara ribuan pulau tersebut, ada satu kawasan yang menarik dan menawan hati. Dimana, tempat ini menjadi garda terdepan diperbatasan antara Indonesia dan Malaysia. Objek wisata yang terletak di Sumatera Utara itu adalah Pulau Berhala.

Mengenal Pulau Berhala

Sumber: Instagram @lingkarsumut

Pulau ini termasuk salah satu dari beberapa pulau yang dijaga oleh TNI. Bagi anda yang ingin berkunjung ketempat ini ada berbagai macam peraturan yang wajib anda penuhi Diantaranya adalah dilarang berbuat asusila serta tidak diperkenankan membawa senjata tajam, miras, dan juga narkoba.

Di kawasan ini banyak sekali vegetasi tumbuhan dan juga hewan langka yang bisa anda nikmati. Ada penyu, biawak, hingga rusa. Kita bisa melihat di pasir pantai yang putih telur-telur penyu sehingga, tak heran bila kawasan ini dijadikan sebagai tempat penangkaran penyu.

Sumber: bijambi.com

Di saat musim penyu, para mariner yang menjadi penghuni dari pulau ini akan mencari telur penyu dan merawatnya. Hingga, mereka siap untuk dikembalikan lagi ke alam. Semuanya, bisa kita nikmati bila datang di waktu yang tepat. Menariknya lagi, semua kegiatan soal penyu ini bisa juga anda nikmati bersama dengan para marinir ini. Rasakan pengalaman luar biasa saat bekerja sama dengan mereka. Di balik kegarangan dalam menjaga pulau ini ternyata, ada sisi ramah yang membuat kita jatuh cinta dengan objek wisata ini.

Bagaimana Cara Ke Sana

Pulau Berhala terletak di Kabupaten Serdang Berdagai, Sumatera Utara. Dari medan menuju ke pelabuhan serdang kurang lebih 2 jam hingga 3 jam. Lalu, menyeberang naik kapal kurang lebih 4 jam hingga 5 jam.

Menuju ke objek wisata ini disarankan menggunakan jasa travel wisata dengan harga 500 ribu hingga 700 ribu rupiah. Dengan berbagai fasilitas yang siap memanjakan anda. Seperti makan, bus AC, dan dokumentasi dengan berbagai macam spot menarik.

Penginapan di Pulau Berhala

Sumber: wisatabaru.com

Tidak perlu ragu bila ingin menginap di tempat ini. Karena, disini ada mes para marinir yang sengaja disewakan untuk anda. Harganya pun cukup murah hanya 50 ribu saja. Anda bisa menikmati malam dengan tidur nyenyak.

Aktifitas yang Ditawarkan

Ada banyak aktifitas yang bisa anda nikmati disini. Mulai dari trekking menuju ke mercusuar yang memang cocok untuk dijelajahi. Anda harus melewati kurang lebih  700 tangga sehingga, sampai di titik puncaknya. Karena, dari titik ini kita bisa menikmati berbagai pemandangan dan keindahan Pulau Berhala.

Sumber: batasnegeri.com

Ada juga snorkeling dan Diving dengan terumbu karangnya yang luar biasa membuat siapa saja akan terkesan dan ingin berlama-lama di surga bawah laut ini. Ada teripang dan juga berbagai macam ikan lainnya. Ada pun bisa memberikan mereka makan dengan  membawa roti untuk mereka makan.

Bila anda menginap di tempat ini, kita bisa melihat pesona pasir pantainya yang berwarna biru nan mengesankan. Keadaan ini terjadi karena, banyak fitoplankton yang berada di pasir pantainya.

Asal nama Pulau Berhala

Sumber: gapuranews.com

Konon katanya, dahulu putri hijau dari kerajaan Deli sempat diculik oleh seseorang yang tak di kenal. Kemudian, putri hijau diselamatkan oleh adiknya sendiri yang menurut cerita warga adalah seorang naga. Banyak yang percaya bila tempat ini digunakan sebagai tempat untuk ritual mistis.

Ada pula yang mengatakan bila nama dari pulau ini diambil dari seorang raja yang sangat terkenal yaitu Tapak Kaki Datuk Paduko Berhalo. Sayangnya, makam datuk ini ada di antara hutan dan tebing jadi, jangan sekali-kali mencarinya ya.

Sumber: Instagram @amalinasyafiqah

Selain itu, ada sebuah misteri yang mengiringi kawasan ini dimana. Di sekitar Pulau Berhala, ada sebuah pulau bernama Pulau Sokong nenek. Menurut cerita dahulu, ada seorang nenek yang tinggal disini dan beliau meninggal. Kuburannya, di kubur di pulau tersebut. Hingga, saat ini banyak nelayan yang masih melihat nenek tersebut bila melintas di malam hari.

Akhirnya, selesai sudah perjalanan kita mengeliling kawasan pulau berhala yang memang tiada duanya. Jadi, kapan nih anda akan berkunjung ke objek wisata ini? Jangan lupa ajak teman, sahabat, dan keluarga agar semakin banyak wisatawan yang mengunjungi objek wisata ini.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…