OUR NETWORK

Pulau Bintang Tolala, Perpaduan Alam yang Eksotis di Kolaka Utara

Source Image: Instagram @sarnis.sabir

Sudah punya agenda liburan di akhir pekan? Dari pada kebingungan memilih lokasi wisata, tidak ada salahnya kamu telah mempersiapkan destinasi jauh-jauh hari. Alam Indonesia itu begitu indah, banyak tempat wisata alam yang bisa kamu kunjungi, tinggal menyesuaikan budget. Untuk kamu yang bermukim di wilayah Sulawesi Tenggara, tempat terbaik menghabiskan waktu untuk berlibur adalah di Pulau Bintang Tolala. Di sana kamu akan disuguhi bentang alam yang sangat eksotis dan masih alami, jauh dari sentuhan tangan-tangan jahil manusia.

Lokasi dan Akses Menuju ke Pulau Bintang

Sumber: Instagram @sarnis.sabir

Pulau Bintang masuk ke dalam wilayah Kecamatan Tolala, Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara, yang berbatasan langsung dengan Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Apabila berangkat dari Sulawesi Selatan, kamu bisa menuju ke Pelabuhan Siwa untuk kemudian menumpang kapal Feri menuju ke Pelabuhan Tobaku di Kolaka Utara, dan melanjutkan perjalanan menuju ke dermaga Desa Tolala dengan jarak tempuh 85 km, kira-kira dengan waktu tempuh 2 hingga 2,5 jam perjalanan darat.

Sesampainya di sana, kamu bisa menyewa ketinting atau perahu mesin milik warga sekitar menuju ke Pulau Bintang dengan biaya sebesar 300 hingga 500 ribu rupiah, tergantung negosiasi. Apabila ingin mendapatkan harga yang lebih miring, kamu bisa pergi ke Pulau Bintang secara rombongan dengan kapasitas penumpang 8 orang, sehingga ongkos perahu bisa dibagi sama rata. Dengan perahu sewaan tersebut, kamu juga bisa meminta diantarkan singgah ke beberapa pulau karang yang ada di sekitar Pulau Bintang.

Pesona Pulau Bintang

Sumber: berita.kolutkab.go.id

Setelah melalui perjalanan yang panjang, sesampainya di Pulau Bintang kamu akan langsung disuguhi pemandangan yang begitu eksotis. Banyak pepohonan hijau yang rantingnya seakan siap menyapa kedatangan para pengunjung, pantai dengan pasir yang lembut, hingga lautan jernih yang berwarna kebiruan. Di sekitar Pulau Bintang juga ada beberapa gugusan pulau-pulau kecil yang tidak berpenghuni.

Menikmati Keindahan Pasir Putih

Sumber: Instagram @nurasyikams

Masih di dalam kawasan Pulau Bintang, kamu akan menemukan deretan pantai yang sangat mempesona, di mana yang paling terkenal adalah Pantai Pasir Putih. Ya, sesuai dengan namanya, pantai ini memiliki pasir yang berwarna putih dan sangat lembut, bagaikan gula pasir. Aktivitas terbaik di pantai tersebut adalah berenang, karena ditunjang dengan kondisi ombak yang tenang dan kontur pantai yang cukup landai. Oh ya, disarankan untuk pergi ke Pantai Pasir Putih di Pulau Bintang pada pagi hari, sebelum air laut pasang.

Berkunjung ke Villa di Puncak Bukit

Sumber: Instagram @joharuddinattasapril24

Walaupun statusnya sebagai pulau yang tidak berpenghuni, namun di Pulau Bintang ada sebuah villa yang terletak di atas bukit. Kamu pun bisa mampir sejenak ke villa tersebut, untuk menyaksikan pemandangan yang lebih sempurna dari Pulau Bintang. Lokasinya yang berada di ketinggian membuatmu bisa lebih leluasa dalam menikmati keindahan laut dan gugusan pulau-pulau karang di sekitar Pulau Bintang.

Snorkeling di Keramba Ikan

Sumber: Instagram @afdhawisra

Tidak jauh dari villa tersebut, kamu bisa menemukan deretan keramba ikan, lengkap dengan jembatan kayu yang dibangun sebagai perantaranya. Tidak hanya bisa memandanginya dari atas jembatan, kamu pun diizinkan untuk snorkeling di dalam keramba tersebut, dan berinteraksi langsung dengan ikan warna-warni yang hidup di dalamnya. Snorkeling sambil memberi makan ikan-ikan yang lucu itu juga bisa menjadi pilihan yang menarik.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Para pengunjung tidak akan dikenakan tiket masuk untuk berkunjung ke Pulau Bintang, sehingga mereka hanya perlu membayar biaya sewa perahu dari Desa Tolala menuju ke pulau. Sayangnya, di Pulau Bintang minim fasilitas, bahkan para wisatawan masih akan kesulitan untuk menemukan toilet yang layak. Di sana juga belum ada warung yang menjual aneka minuman dan makanan ringan, sehingga membuat wisatawan harus mempersiapkan perbekalan pribadi sebelum menuju ke pulau.

Meskipun demikian, keindahan yang dimilikinya membuat Pulau Bintang sangat layak untuk dijadikan sebagai destinasi liburan di akhir pekan bersama keluarga. Akan tetapi, masih dibutuhkan peran serta dari para wisatawan untuk menjaga kealamian dari Pulau Bintang. Jangan mengambil apapun di alam kecuali gambar, jangan membunuh apa pun kecuali waktu, dan jangan meninggalkan apa pun kecuali jejak.

Selamat berlibur di Pulau Bintang!!!

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…