OUR NETWORK

Pulau Langkai di Selat Makassar, Surganya Para Pemancing

Source Image: Instagram @ardylastt

Wisata bahari di Makassar tidak hanya soal Pantai Losari, karena jauh di seberang sana masih terdapat banyak pulau-pulau yang cantik dan memancarkan keeksotisan yang abadi. Dari sekian banyak pulau terluar di Makassar, salah satunya yang menarik adalah Pulau Langkai, karena selain eksotis pulau tersebut juga dihuni banyak ikan, menjadikannya sebagai salah satu surga bagi para pemancing.

Berkenalan dengan Kehidupan di Pulau Langkai

Sumber: Instagram @ian_fyhunk

Pulau Langki berjarak sekitar 36 km dari pesisir Kota Makassar, dan termasuk salah satu dari tiga pulau terluar di Kota Daeng, sekitar 5,5 km dari Pulau Lanjukang. Pulau ini masih termasuk ke dalam wilayah Kelurahan Barrang Caddi, Kecamatan Ujung Tanah, Kota Makassar. Luasnya sekitar 27 ha, dengan dikelilingi oleh terumbu karang seluas 142 hektar.

Walaupun berstatus sebagai pulau terluar, namun Pulau Langkai nyatanya berstatus sebagai salah satu pulau terpadat di Makassar. Setidaknya ada 430 jiwa dengan 127 KK yang mendiami pulau tersebut, dengan rincian 80 persen penduduk merupakan Suku Bugis dan sisanya adalah Suku Mandar serta Suku Makassar. Sementara itu, sekitar 55 persen mata pencaharian penduduk Pulau Langkai adalah sebagai nelayan, 5 persen sebagai pembuat perahu, dan sisanya adalah pedagang, guru, hingga pegawai negeri.

Sumber: sekolah.data.kemdikbud.go.id

Pulau Langkai juga sudah dialiri listrik yang dihasilkan oleh dua buah generator yang hanya akan dinyalakan pada pukul 17:30 hingga 21:00 WITA. Beberapa rumah warga juga telah dipasangi panel surya untuk menunjang kebutuhan listrik. Fasilitas sanitasi di Pulau Langkai bisa dibilang masih cukup terbatas, namun di sana sudah ada puskesmas pembantu dengan 3 ruangan bangunan permanen, ada pula sarana pendidikan berupa Sekolah Dasar, yang mana muridnya adalah warga Pulau Langkai dan beberapa yang lainnya adalah anak warga di pulau sekitar.

Akses Menuju ke Pulau Langkai

Sumber: Instagram @ian_fyhunk

Tidak ada transportasi regular menuju ke Pulau Langkai, sebagian besar yang menuju ke pulau tersebut adalah kapal pengangkut ikan atau kapal milik warga. Bagi wisatawan yang tertarik berkunjung ke pulau tersebut, bisa juga menumpang kapal-kapal yang akan menuju ke Pulau Langkai, dengan resiko jadwal kepulangan yang belum pasti. Ada juga alternatif lainnya, yaitu dengan menyewa kapal sekoci seharga 750 ribu rupiah untuk perjalanan pulang pergi, dengan kapasitas 10 penumpang. Untuk rombongan besar, bisa juga menyewa kapal dengan kapasitas 50 hingga 70 orang, dengan harga sewa 1,5 hingga 2 juta rupiah untuk perjalanan pulang pergi.

Sumber: Instagram @makassarguide

Mencari kapal menuju ke Pulau Langkai bisa dibilang susah-susah gampang. Bagi wisatawan yang berasal dari luar kota dan belum mengerti seluk beluk Kota Makassar, bisa berkunjung pada pagi hari sebelum pukul 08:00 WITA ke Pelabuhan Paotere. Di sana mereka bisa bertanya-tanya kepada para pemilik kapal atau nelayan mengenai kapal yang akan berlayar menuju ke Pulau Langkai. Dari Pelabuhan Paotere, setidaknya dibutuhkan waktu kurang lebih 2 jam untuk sampai di Pulau Langkai.

Pesona Pulau Langkai

Sumber: Instagram @arwin_pratama11

Setelah melalui perjalanan yang panjang dan cukup menguras kantong, para wisatawan akan langsung disambut dengan pesona Pulau Langkai yang sangat eksotis. Pulau ini memiliki pesisir berupa pasir putih yang cukup lembut, berpadu dengan air laut yang sangat jernih, dan pepohonan kelapa yang tumbuh berjajar di tepi.

Sumber: Instagram @ardiyanta

Bagi para penyuka taman bawah laut, di sana para wisatawan juga bisa bebas menyelam atau snorkeling untuk melihat terumbu karang yang cantik dengan ikan warna-warni yang saling berkejaran. Spot terbaik untuk menikmati keindahan alam bawah laut Pulau Langkai adalah sekitar 300 hingga 500 meter dari bibir pantai.

Surganya Pemancing

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Pulau Langkai adalah surganya para pemancing. Di sekitar pulau banyak ditemukan ikan dengan berbagai jenis, mulai dari ikan napoleon, bambangan, kerapu, kaneke, lamuru, hingga ikan terbang. Oleh sebab itu, mereka dipastikan tidak akan kecewa memancing di sekitar Pulau Langkai.

Penginapan di Pulau Langkai

Ada beberapa pilihan untuk menginap di Pulau Langkai, di mana yang seru pastinya dengan cara mendirikan tenda di tepi pantai. Sebelum berangkat, para wisatawan juga bisa mengakses akun Instagram @langkaimks, yang mana akun tersebut dikelola oleh pemuda di pulau tersebut, untuk membantu para wisatawan mengenai transportasi dan penginapan selama di Pulau Langkai.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…