OUR NETWORK

Pulau Mohupomba. Pulau Eksklusif di Boalemo yang Memiliki Limited Time

Sumber Gambar: Google Maps @Sujarno Abd Hamid

Pulau Mohupomba, sebuah pulau yang cantik dan unik. Pulau ini juga memiliki nama beken lain yaitu Pulau Idaman Boalemo. Lokasinya berada di Bajo Kecamatan Tilamuta, Kabupaten Boalemo, tepatnya di Provinsi Gorontalo.

Pulau ini memiliki pasir putih, jadi wajar jika banyak yang menyebutnya juga sebagai Pulau Pasir. Wah, wah, nama bekennya banyak sekali, ya. Hihi. Nah, yuk, intip seperti apa, sih, keunikan yang ada di pulau ini. Berikut ulasan selengkapnya.

Ramai Diperbincangkan

Pulau Mohupomba mulai ramai diperbincangkan sejak tahun 2008 lalu. Hal yang menjadi topik perbincangan tersebut adalah benar atau tidaknya terkait keberadaan palau ini. Pasalnya kerap kali hilang ditelan lautan, jadi masih banyak yang belum mempercayainya.

Lantas bagaimana dengan fakta sebenarnya? Pulau Mohumpomba benar-benar ada. Hanya  saja pulau ini akan terlihat dan tampak di permukaan air dari jam 10 pagi sampai matahari akan tenggelam yaitu pukul 3 sore. Jadi bisa dibilang pulau ini memiliki limited time, dan limited edition bagi yang ingin melihatnya hihi. Anda yang datang di luar waktu tersebut, maka tidak akan bisa melihat pulau ini.

Sumber Gambar: Google Maps @Is Rauf Official

Selain itu datang ke Pulau Mohupomba juga tidak bisa setiap bulan, loh. Waktu yang paling disarankan adalah antara bulan November sampai dengan Juli. Nah, selama Bulan November tersebut kondisi perairan laut Boelamo dalam keadaan baik sehingga Pulau Mohupomba pun tidak ragu untuk eksis menunjukkan diri.

Di pulau ini anda juga bisa menemukan temannya Spongebob, yaitu Patrick hihi. Bintang laut tersebut hidup, loh, dan tentu saja keren jika diajak selfie atau wefie. Walaupun begitu jangan sampai dibawa pulang, ya,

Sumber Gambar: Instagram @ruthabigaelusman

Ah, pokoknya jika mengambil liburan di pulau ini indah banget, deh. Siap-siap banyak yang iri pada mereka yang tidak ikut. Apalagi nyaris semua spot alami di pantai bisa membuat kamera andalan anda betah untuk beraksi, jadi daripada nantinya nyesel karena kehabisan baterai sebaiknya bawa baterai cadangan atau power bank, ya.

Jika ingin lebih menikmatinya lagi, bawa tikar dan bekal dan nikmatilah acara santap-santap lezat anda baik dengan keluarga, sahabat atau pasangan ditemani pesona Pulau Mohupomba ini.

Akses Menuju Pulau Mohupomba

Akses menuju Pulau Mohupomba terbilang bagus dan cukup mengasyikkan.  Untuk mengunjungi pulau ini anda bisa naik speedboat. Alternative lainnya dapat juga memakai Perahu Katintin yang disewakan para warga disana. Sesuaikan saja dengan keinginan anda.

Apabila ingin cepat, maka gunakanlah speedboat, namun jika ingin slow-slow sambil menikmati panorama sekitar gunakanlah Perahu Katintin. Jika waktu kamu sudah terbatas karena pulau mohupomba akan menghilang semisal berangkatnya pukul 12 siang untuk mengunjunginya, maka tentu saja pilihan yang tepat adalah menggunakan speedboat.

Sumber Gambar: Google Maps @Is Rauf Official

Selama perjalanan menuju pulau ini anda akan ditemani keindahan karang juga kehidupan biota Laut Boalemo. Karang-karang tersebut bahkan tampak dengan jelas dari ketinggian air dua meter. Sebagian lainnya terlihat dikedalaman 8 meter.

Tidak hanya karang, berbagai jenis ikan pun akan terlihat bergerombol dan berlarian kesana kemari. Saat mereka dilewati perahu, maka akan terkejut dan gesit langsung berhampuran. Hihi. Ya, karena mereka suudzon takut anda akan menangkapnya. Tapi moment berhamburan itu, lah, yang menjadi visualiasasi indah tersendiri.

Sumber Gambar: Instagram @galeryboalemo

Masih ada lagi, nih. Anda juga akan menemukan deretan bagan atau biasa disebut juga perahu mirip kalajengking. Kenapa dikatakan demikian? Karena perahu tersebut mempunyai kaki yang banyak dan tali yang berhampuran di antara dua tiang raksasa penyangga.

Sumber Gambar: Google Maps @fandi hamzah

Perahu inilah yang kerap digunakan para nelayan untuk berlayar dimalam hari. Pegunungan Kabupaten Boalemo pun dapat anda saksikan dengan jelas, gunung-gunung tersebut begitu menawan dan gagah. Sungguh Tuhan yang Maha Esa adalah seniman yang luar biasa. Salah satu karya indahnya bisa anda jumpai selama perjalanan ke Pulau Mohupomba ini.

Sumber Gambar: Google Maps @Ryan Novsky

Waktu penyebrangan dengan perahu kurang lebih sekitar 15 menit. Cukup sebentar, karena posisi dari Pelabuhan Tilamuta menuju Pulau mohupomba memang tidak terlalu jauh.

Lantas bagaimana soal biayanya? Jangan khawatir, tidak terlalu merogoh kocek dalam, kok. Apabila anda mengambil perjalanan dari kota gorontalo, biaya mobil biasanya sekitar 70 ribu itu pun sudah PP alias pulang pergi, sementara biaya lainnya untuk menyewa transportasi menuju pulau adalah 40 ribu rupiah per orang. Jika anda menyewanya secara berkelompok lebih murah , semisal 5 orang yaitu hanya 150 ribu per kelompok.

Demikianlah ulasan menarik terkait Pulau Mohupomba. Aduh, jadi tidak sabar ya ingin segera menemui keindahannya langsung. So, jangan sampai tidak dimasukkan ke dalam list liburan anda tahun ini, ya.

Salam.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…