in

Pulau Pling, Pulau Mutiara Tersembunyi Di Provinsi Aceh

pulau pling

Potensi wisata yang ada di indonesia tidak pernah ada habisnya dari masa ke masa. Selalu ada wisata wisata baru yang muncul di daftar pariwisata nasional bahkan internasional. Salah satunya adalah Pulau Pling yang terletak di kecamatan Setia Bakti. Pulau paling tepatnya berada di wilayah Desa Sawang.

Untuk menuju Pulau tersebut, kalian bisa melakukan penerbangan ke Kabupaten Aceh Jaya. Kemudian Kecamatan Simpang, dimana Pulau Pling berada, adalah salah satu dari 9 kecamatan di Kabupaten Aceh Jaya.

Mengenal Tentang Pulau Pling

Pulau Pling sendiri merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang belum banyak dikenal. Bahkan jika mencari referensi di internet, artikel yang membahas tentang Pulau tersebut masih sangat sedikit, bahkan hampir tidak ditemukan.

Namun bukan berarti Pulau Pling bisa diabaikan begitu saja. Karena karena pulau yang berupa batuan karang ini merupakan salah satu lokasi dengan pemandangan alam yang sangat indah. Keberadaan pantai menjadi daya tarik utama di Pulau ini.

Hal Yang Menarik di Pulau Pling

Aceh terkenal dengan deretan wisata alam yang sangat mempesona. Mulai dari sungai, gugusan Pulau, waduk, air terjun, lembah, pantai hingga perbukitan tersedia lengkap di Provinsi Aceh. Buat kalian yang suka wisata air, Aceh menjadi surga liburan yang tak terlupakan.

Pulau Pling sendiri menawarkan pesona alam yang tidak kalah indah dari lokasi wisata lainnya. Kalian bisa menikmati petualangan kecil di alam yang indah. Selain itu, kalian juga dapat melakukan acara camping yang sangat seru.

Berbeda dengan pantai lainnya yang pesisirnya didominasi pasir, pantai di Pulau tersebut banyak didominasi batuan karang. Kalian bisa menjadikan bebatuan ini sebagai spot cantik dan unik untuk berfoto.

Selain itu, air lautnya juga sangat jernih, tidak kalah dengan pantai-pantai lain. Seperti pantai Lhok Geudong, Pantai Batee Puteeh, Pantai Babah Dua, dan sederet pantai cantik lainnya.

Buat kalian yang ingin berlibur di tempat yang sepi dan masih asri, Pulau Pling tentu saja bisa menjadi pilihan yang tepat. Berada diantara gugusan bukit yang hijau, Pulau tersebut memiliki suasana yang sangat asri dan menyatu dengan alam.

Akses Lokasi Menuju Pulau Pling

Perlu kalian ketahui, bahwa Pulau Pling merupakan salah satu dari beberapa pulau yang tidak berpenghuni di Provinsi Aceh. Di Aceh sendiri memang ada banyak jumlah pulau yang tersebar di sekitaran wilayah Aceh Barat dan Aceh Selatan. Beberapa pulau tidak berpenghuni karena kondisi geografisnya tidak mendukung untuk kehidupan sehari-hari.

Karena menjadi salah satu pulau tanpa penghuni, tentu saja akses menuju pulau paling bisa dikatakan tidak terlalu mudah. Tidak ada angkutan umum atau kendaraan khusus yang menuju Pulau yang satu ini.

Untuk menuju Pulau ini, kalian bisa melakukan penerbangan ke bandara Lapangan Terbang Calang. Bandara ini alamatnya ada di Padang Datar, Krueng Sabee, Kabupaten Aceh Jaya. Dari sini kalian bisa melanjutkan perjalanan menuju Kecamatan Setia Bakti menggunakan kendaraan umum.

Untuk lebih amannya, kalian bisa pergi ke Pulau ini menggunakan jasa tour. Selain itu, kalian bisa sekaligus explore berbagai wisata lain yang berada di sekitar Pulau ini. Bisa mampir di sungai Bahorok, Waduk Pusong, Lembah Istana, dan lain sebagainya.

Perjalanan menuju Pulau ini juga tidak akan mengecewakan. Berbagai pesona alam yang indah akan memanjakan mata sepanjang perjalanan.

Jelajah Cita Rasa Aceh Di Sekitar Sana

Sekalian pergi ke Pulau Pling, kalian bisa sekaligus menikmati aneka kuliner Aceh. Diantara makanan khas Aceh seperti Timphan, Meuseukat, Dodoi sabang, sop sumsum, sate matang dan sederet kuliner khas lainnya.

Setiap wilayah di Provinsi Aceh memiliki makanan khas masing-masing. Kalian bisa mencoba sepuasnya mulai dari yang pedas hingga yang manis-manis. Kalian juga bisa sekaligus membeli berbagai kerajinan khas Aceh sebagai oleh-oleh.

Demikian beberapa hal tentang Pulau tersebut sebagai mutiara tersembunyi dari Provinsi Aceh. Meski belum banyak dikenal, namun keindahan Pulau Pling tidak diragukan lagi. Pulau Pling Sendiri menjadi salah satu bukti bahwa Indonesia tidak pernah kehabisan pesona wisata alam.

Geomedia - JFK 2022