OUR NETWORK

Review Destinasi Wisata Pemandian Alam Tapian Puti

Sumber Gambar: Instagram @yuda_youd

Tempat wisata alam Tapian Puti merupakan destinasi wisata pemandian alami yang sempurna. Kolam yang terbentuk secara alami merupakan hal yang paling menarik dan istimewa dari destinasi wisata ini.

Lokasi Tempat Pemandian Alam Tapian Puti Sumatera Barat

Tempat wisata yang eksotis ini terletak di Sumatera Priaman, Sungai Buluh, Batang Anai, Sumatera Barat. Lokasi tempat wisata yang berada di tepat jalan raya utama Sumatera. Hal ini membuat destinasi pemandian alam Tapian Puti tergolong ke dalam tempat wisata Sumatera dekat jalur trans Sumatera HWY.

Dengan lokasi tersebut, secara tidak langsung jalur yang menuju ke Tapian Puti sangat strategis. Hal yang paling istimewa mudah untuk ditemukan. Alasan ini mengingat beberapa destinasi wisata alam lokal yang eksotis sama sekali belum terekspose dan sulit ditemukan di google map.

Rute Arah Jalan Menuju Ke Tapian Puti

Sumber Gambar: Instagram @nandafirdaus32_

Rute arah jalan yang menuju ke destinasi memang sangat mudah. Hanya dengan menyelusuri jalur Trans Sumatera HWY. Lalu nanti akan menjumpai destinasi wisata ini tepat di tepi jalan. Sayangnya jalan tracking yang menuju ke arah air terjun cukup sulit. Harus melakukan tracking terlebih dahulu selama ±35 menit dengan jarak tempuh sekitar ±1 kilometer. Terlebih lagi tidak tersedia spot peristirahatan yang berupa angka maupun tempat makan sama sekali di lokasi. Jadi sangat diharuskan supaya membawa bekal, terutama air putih agar tidak dehidrasi.

Tarif Tiket Masuk Pemandian Alam Tapian Puti

Tarif kontribusi masuk untuk destinasi wisata alam ini tidak ada sama sekali. Dengan kata lain free / gratis. Dengan tarif free menjadi salah satu alasan destinasi wisata ini untuk dikunjungi. Di pemandian alam Tapian Puti ini terdapat beberapa pemandu wisata yang dapat mengarahkan menuju ke arah tempat pemandian. Tarif setiap pemandu pun berbeda – beda, mulai 70.000 IDR – 100.000 IDR.

Sumber Gambar: Instagram @yuda_youd

Jasa pemandu tersebut biasanya dimanfaatkan oleh para wisatawan yang tidak mempunyai passion traveling di alam. Wisatawan tersebut kurang bersahabat dengan jalur tracking setapak yang cukup ekstream. Sementara bagi nature travelers sejati hal tersebut merupakan suatu challenge yang tidak boleh untuk dilewatkan.

Fasilitas Yang Tersedia Di Pemandian Alam Tapian Puti

Tidak banyak fasilitas pendukung yang tersedia di destinasi wisata ini. Sebagian besar fasilitas pun merupakan suatu fasilitas murni yang berasal dari alam itu sendiri.

Fasilitas tersebut antara lain sebagai berikut ini :

  • Pepohonan yang sangat sejuk

    Sumber Gambar: blog.roomme.id

Di kawasan tersebut dikelilingi dengan pepohonan yang membuat kondisi suhu sangat sejuk. Ketika melakukan tracking, mungkin suasana hutan tersebut tidak begitu terasa. Namun setelah keluar dari area hutan dan memasuki area kolam pemandian, suhu udara terasa sangat sejuk. Kondisi inilah yang dapat mengobati rasa penat dan lelah setelah melakukan tracking yang cukup lama. Pepohonan tersebut juga menjadi tempat berteduh bagi para. Hal ini mengingat tidak adanya gazebo satu pun yang disediakan oleh pihak pengelola.

  • Kolam alami

    Sumber Gambar: Instagram @ari.rachmadi

Kolam ini merupakan fasilitas utama dari destinasi Pemandian Alam Tapian Puti. Kondisi kolam tersebut sangat unik dan menjadi ciri khas pemandian alam tersebut. Kolam memang terlalu luas dan bertingkat. Tetapi terdapat puluhan kolam kecil. Lalu setiap kolam juga terdapat aliran air / mini waterfall. Dengan batuan cadas yang sangat keras dan tidak mudah rapuh, membuat kolam sangat bersih. Hal yang unik dari batuan tersebut adalah terhubung satu sama lain. Jadi sangat muda ketika hendak menuju ke arah tengah.

Sumber Gambar: Instagram @putraa_wr

Arus air yang tidak terlalu deras disetiap kolam membuat aman untuk berenang / sekedar berendam. Keunikan lain dari kolam adalah warna air yang berubah – ubah. Terkadang, air berwarna biru laut / cyan, hijau tosca dan terkadang berwarna coklat. Perubahan dari warna air kolam dipengaruhi oleh cuaca dan iklim pada area tersebut.

  • Tapian Puti terdapat sebuah folklore / legenda

Legenda yang beredar di tempat tersebut berjudul “ Malin Deman dan Puti Bungsu “. Inti dari alur kisah legenda tersebut hampir sama dengan legenda Jaka Tarup Jawa. Legenda tersebut menceritakan hubungan antara seorang bidadari dan manusia.

Suatu ketika terdapat 7 bidadari yang sedang mandi di Tapian Puti. Lalu Malin Deman yang mengetahui bahwa terdapat 7 bidadari yang sedang berendam, dia mengambil salah satu selendang milik bidadari. Selendang tersebut milik dari bidadari bungsu. Malin Deman pun menyembunyikan selendang tersebut.

Karena bidadari bungsu tidak dapat menemukan selendangnya, membuat dia tidak dapat kembali ke kahyangan. Akhirnya Malin Deman pun menawarkan bantuan untuk menetap di rumahnya. Kemudian Malin Deman dan bidadari tersebut menikah serta mempunyai seorang anak laki – laki.

Suatu hari ketika bidadari datang ke rumah sang mertua, secara tidak sengaja dia menemukan selendangnya yang selama ini dicari. Bidadari pun sangat marah kepada Malin Deman dan memutuskan untuk kembali ke kahyangan. Serta membawa anaknya dan meninggalkan Malin Deman begitu saja.

  • Mempunyai 7 layer air terjun

    Sumber Gambar: akurat.co

Secara keseluruhan Pemandian Alam Tapian Puti mempunyai 7 buah tingkatan. Masing – masing air terjun memiliki tinggi yang berbeda – beda. Tetapi tinggi dari setiap air terjun hanya sekitar 5 meter.

  • Dijadikan sebagai tempat untuk melaksanakan tradisi adat istiadat Balimau

Tradisi Balimau merupakan suatu tradisi penyucuian diri yang dilakukan dengan cara berendam di sebuah mata air. Tradisi ini merupakan tradisi asli suku Minangkabau. Semua warga Minangkabau pun selalu melaksanakan tradisi ini di berbagai lokasi sumber mata air.

Hal tersebut dilakukan dalam upaya menyambut hari suci Ramadhan. Pelaksanaan tradisi tersebut dilakukan tepat sehari sebelum bulan Ramadhan. Tradisi ini dibuka untuk umum dan dapat diikuti oleh siapapun. Setiap orang yang mengikuti tradisi tersebut dengan cara berendam ke dalam kolam.

Dengan adanya tradisi tersebut merupakan suatu moment yang sangat dinantikan oleh masyarakat setempat dan juga para wisatawan luar daerah. Masyarakat setempat sangat percaya apabila menceburkan diri ke kolam, semua kotoran yang terdapat di dalam hati akan bersih.

  • Mempunyai julukan sebagai Kedung Kandang Sumatera Barat

Di daerah Jogjakarta terdapat sebuah destinasi wisata alam Kedung Kandang. View dari Kedung Kandang Jogja sangat mirip dengan Tapian Puti Sumatera Barat ini. Karena itulah destinasi wisata ini mendapat gelar sebagai Kedung Kandang Sumatera Barat. Julukan tersebut hanya karena faktor kepopuleran. Tempat wisata Kedung Kandang Jogja lebih dahulu populer daripada Tapian Puti.

Tips Wisata Di Tapian Puti

Ketika hendak Berkunjung ke Tapian Puti, ada beberapa tips yang berupa saran yang sebaiknya tidak diabaikan. Tips yang utama adalah membawa bekal. Perjalanan tracking yang lama dan cukup melelahkan dapat menguras tenaga. Sedangkan di area tersebut tidak terdapat pedagang sama sekali.

Tips yang kedua adalah memakai sandal casual / sneakers. Jalur tracking hanya berupa setapak yang cukup licin. Dengan menggunakan sandal / sneakers dapat lebih leluasa dalam tracking.

Untuk tips yang terakhir dan paling utama adalah jangan pernah meninggalkan jejak yang berupa sampah.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…