OUR NETWORK

Suasana Sepi Yang Menyenangkan di Pantai Pulau Datok

Kamu harus tahu kalo ternyata Presiden Jokowi sudah pernah berkunjung ke Pantai Pulau Datok. Kala itu Presiden Jokowi membuka Sail Selat Karimata 2016 di Pantai Pulau Datok. Tentu pantai ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah karena Jokowi selaku presiden di Indonesia sudah pernah mengunjungi pantai ini.

Sumber : tribunnews.com

Pantai Pulau Datok memiliki pemandangan alam yang sangat indah dengan pasir putih dan ombak yang tenang. Para wisatawan pasti akan betah berlama – lama di lokasi wisata ini.

Sumber : tribunnews.com

Apa saja sih keistimewaan yang dimiliki pantai ini? Daripada penasaran, langsung aja deh kita bahas keistimewaan Pantai Pulau Datok.

Pantai Pulau Datok

Pantai Pulau Datok ini memiliki keindahan alam yang membuat siapa saja ingin berkunjung ke pantai ini. Lokasi pantai ini menghadap langsung ke Teluk Sukadana di arah barat. Pantai Pulau Datok juga merupakan pantai yang cocok untuk menikmati keindahan matahari terbenam.

Sumber: Instagram @hed.friwandana

Di sekitar pantai sudah terdapat beberapa fasilitas. Faslitas tersebut diantaranya area parkir yang luas, toilet umum, dan mushola. Kamu tidak perlu khawatir masalah penginapan karena di sekitar pantai sudah disediakan beberapa jasa penginapan. Jadi kamu bisa memilih ingin menginap dimana. Karena Pantai Pulau Datok memiliki daya tarik yang kuat bagi banyak wisatawan, maka banyak pelaut mancanegara yang mengunjungi lokasi wisata ini.

Sumber: Instagram @sanlysan88

Namun Pantai Pulau Datok merupakan salah satu wisata pantai yang belum terlalu terkenal di Indonesia. Kawasan pantai sangat sepi. Sehingga jika kamu berkunjung suasana yang dominan di pantai ini adalah keheningan dan ketenangan, karena tidak banyak pengunjung. Letak dari pantai ini tidak jauh dari kota Sukadana. Kota Sukadana merupakan ibukota Kabupaten Kayong Utara. Bagi warga Kayong Utara, Pantai Pulau Datok sudah cukup populer.

Akses Jalan Menuju Lokasi Objek Wisata

Sumber: Instagram @yosi3110

Lokasi dari Pantai Pulau Datok ini tidak sulit untuk dicapai. Kamu bisa menggunakan sepeda motor untuk menuju ke lokasi pantai. Jika kamu berangkat dari Kabupaten Ketapang, maka jarak yang akan ditempuh sejauh 86 kilometer.

Jalan untuk menuju pantai sudah tergolong baik karena kebanyakan jalan sudah di aspal. Letak dari objek wisata ini juga bisa ditempuh melalui jalur air. Jika kamu berangkat dari kota Pontianak, maka kamu bisa menggunakan speed boat dari Pelabuhan Seng Hi lalu menuju ke Sukadana. Setelah itu kamu harus menempuh perjalanan darat sekitar 3 kilometer. Jika kamu menggunakan speed boat, maka kamu akan dikenakan tarif Rp. 175 Ribu Rupiah / orang. Speed boat ini berangkat jam 9 pagi melalui pelabuhan Seng Hi.

Suasana Sepi Yang Menyenangkan di Pantai Pulau Datok

Sumber: Instagram @novyay

Karena pantai ini bisa menghadirkan suasana sepi yang hening dan tenang, maka pantai ini sangat cocok buat kamu yang tidak menyukai kebisingan. Suasana yang cenderung sepi justru menjadi kelebihan yang dimiliki oleh Pantai Pulau Datok. Kamu bisa menikmati panorama alam tanpa kegaduhan dan gelak tawa dari para pengunjung yang berada di lokasi pantai. Kamu bisa merasakan hembusan angin laut dengan suara desiran ombak yang akan membuat hati kamu menjadi tenang dan teduh.

Di sepanjang pantai terdapat beberapa pohon-pohonan, diantaranya adalah Pohon Akasia, Pohon Manggis Hutan, dan beberapa jenis pohon lainnya. Kamu bisa menikmati hamparan pasir putih dengan ombak yang kecil.

Sumber: Instagram @aditiarakhmangusti

Kamu bisa memanjat batu yang besar di sebelah kiri pantai ini. Aliran sungai mungil yang berisi air tawar mengalir dengan tenang menuju ke permukaan laut.

Kamu juga akan mendengar lirih-lirih suara serangga yang menggema. Di pantai ini juga terdapat banyak burung pemakan ikan, diantaranya adalah Burung Raja, Burung Elang dan Burung Udang. Suara owa-owa juga akan terdengar jelas dari pantai ini karena lokasi pantai dekat dengan Gunung Peramas.

Kekurangan Dari Pantai Pulau Datok

Objek wisata ini memang sangat indah dan mempesona, namun ternyata pantai ini juga memiliki beberapa kekurangan. Kondisi kebersihan di lokasi kurang terjaga. Terdapat banyak sampah ranting dan dedaunan yang bertebaran di sekitar lokasi pantai. Kurangnya perawatan dan perhatian dari pemerintah membuat keindahan Pantai Pulau Datok menjadi tidak maksimal. Beberapa fasilitas juga belum memadai.

Sumber : website kompasiana.com

Namun meskipun demikian kamu tidak boleh melewatkan kunjungan ke Pantai Pulau Datok jika kamu kebetulan sedang berada di wilayah Kabupaten Kayong Utara.

Alam menawarkan pesona yan tiada habisnya, salah satunya pemandangan alam yang ada di Pantai Pulau Datok. Perhatian pemerintah terhadap pantai ini sangat diharapkan agar pantai ini menjadi salah satu pobjek wisata yang layak bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Jangan lupa nikmati keindahannya dan abadikan momennya.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…