in

Suguhan Alam Luar Biasa Air Terjun Tukad Unda di Semarapura Klungkung

Air Terjun Tukad Unda

Bali memang menyimpan pesona sumber daya alamnya yang sangat luar biasa. Tidak hanya dipenuhi dengan pantai-pantai indahnya, ada juga objek wisata lain yang tidak kalah indahnya. Salah satunya yaitu Air Terjun Tukad Unda di Semarapura Klungkung.

Air terjun ini tepatnya berada di Tukad Yeh Unda, desa Semarapura Kelod Kangin, Kecamatan Karangasem, Kabupaten Klungkung, Bali.

Saking indahnya, tempat ini tidak pernah sepi oleh kunjungan wisatawan asing maupun lokal. Oleh sebab itu, sangat disayangkan jika kamu tidak mencoba untuk mengunjunginya.

Daya Tarik Air Terjun Tukad Unda di Semarapura Klungkung

Source Image : villadibali.net

Saat berkunjung ke Air Terjun Tukad Unda di Semarapura Klungkung, wisatwan dijamin pasti akan dibuat melongo karena pesonanya yang sangat memikat.

Air terjun ini memang tidak tinggi. Objek wisata yang satu ini merupakan sungai yang bertingkat dua dengan aliran air yang tenang.

Sumber Gambar: Google Maps @Agus Junaedi

Air Terjun Tukad Unda akan sangat cocok terutama bagi kamu yang hidup di kota dan setiap harinya sibuk dengan aktivitas pekerjaan yang membuat penat.

Meluangkan waktu sejenak di air terjun ini akan membuat tubuh dan pikiranmu seolah direset kembali sehingga menjadi lebih segar dan kembali semangat. Suara gemericik air yang tenang akan memberikan kenyamanan bagi siapapun yang mengunjunginya.

Sumber Gambar: Google Maps @Syandana Channels

Air Terjun Tukad Unda di Semarapura Klungkung bagi warga lokal sudah tidak asing lagi. Sebab objek wisata ini sebenarnya merupakan bendungan atau dam yang dibangunan pada aliran sungai terbesar di Bali yaitu Sungai Yeh Unda. Jadi, objek wisata ini keberadaanya memang sangat penting untuk warga sekitar.

Air Terjun Tukad Unda menawarkan sensasi liburan yang berbeda. Disini kamu akan bisa menyaksikan keindahan aliran air terjun yang menyerupai tirai raksasa, membentang dengan aliran air terjun yang merata. Berikut ini beberapa daya tarik lainnya dari Air Terjun Tukad Unda.

  • Merupakan Gabungan Dari Beberapa Sungai

Sumber Gambar: Google Maps @Koko Ch

Air Terjun Tukad Unda dibangun dengan bentuk bertingkat. Pada tingkat bagian atas lebih tinggi dibandingkan tingkat yang ada di bawahnya.

Air terjun yang merupakan bagian dari Sungai Yeh Unda ini berasal dari gabungan beberapa buah sungai, sehingga airnya hampir tidak surut di sepanjang musim.

Salah satu hulunya adalah aliran air sungai Telaga Waja yang berasal dari mata air pegunungan. Telaga Waja juga dijadikan sebagai salah satu tempat wisata di Bali.

Hal ini semakin menunjukkan bahwa keindahan Air Terjun Tukad Unda tidak boleh diragukan lagi.

  • Pesona Air Terjun Tukad Unda Yang Begitu Indah

Sumber Gambar: Google Maps @Aries Hape

Meskipun merupakan objek wisata alam buatan, namun air terjun ini tidak pernah gagal. Aliran air jernihnya selalu menyambut wisatawan agar tertarik untuk bermain air dan merasakan kesegarannya.

Dari air terjun kamu bisa melihat sebuah jembatan yang menghubungkan antara dua kabupaten yaitu Kabupaten Klungkung dan Kabupaten Karangasem.

Air terjun yang berada di aliran sungai terbesar di Bali ini seolah mengalir dengan sangat rapi bak tirai yang membentang panjang.

Dari sisi kiri kamu bisa melihat deretan rumah-rumah warga sekitar, perpaduan yang ada di objek wisata ini menambah sempurna pesonanya yang sangat luar biasa.

  • Tidak Dikenakan Biaya Tiket Masuk

Sumber Gambar: Google Maps @Putra Sudana

Hal menarik lainnya dari Air Terjun Tukad Unda adalah kamu tidak perlu merogoh kocek satu persen pun. Iya benar! Kamu bisa menikmati keindahan air terjun ini dengan cuma-cuma alias gratis!

Meskipun gratis, namun kondisi sekitar air terjun sangat bersih dan terkesan sangat alami. Ini tentu akan menjadi penawaran yang sangat menarik terutama untuk kamu yang ingin liburan low budget!

Untuk bisa turut menjaga kebersihan dan kelestarian alam sekitar, jangan sampai membuang sampah sembarangan saat berkunjung ya!

Karena berada di aliran sungai terbesar, suasana di objek wisata ini akan terasa sangat sejuk dan menyegarkan.

Pepohan yang ada di sekitar akan menawarkan angin sepoi-sepoi yang dijamin akan membuatmu betah untuk berlama-lama deh! Ditambah lagi beberapa warga sekitar yang menjajakan makanan dan minuman untuk melengkapi hari liburmu.

Itu dia beberapa daya tarik yang dimiliki oleh Air Terjun Tukad Unda di Semarapura Klungkung yang wajib kamu ketahui.

Tips untuk kamu yang berkunjung pada saat musim hujan adalah harus lebih berhati-hati. Sebab aliran air atau debit air bisa bertambah secara tiba-tiba.