OUR NETWORK

Suguhan Panorama Cantik Memanjakan Mata di Pantai Kerasak

Kata siapa Pulau Bangka tidak memiliki tempat seru dan cantik. Faktanya daerah penghasil timah terbesar di Indonesia ini memiliki banyak suguhan panorama alam yang sangat cantik dan sempurna. Salah satunya yaitu Pantai Kerasak. Pantai ini masih sangat perawan dan belum diketahui oleh banyak orang.

Sumber: Instagram @freddyaditjakra

Lantas ada di mana, sih, Pantai Kerasak itu?

Pantai Kerasak  berlokasi di Desa Pasir Putih, Bangka Selatan. Nah, jika anda ingin tahu lebih lengkap lagi tentang pantai ini, berikut ulasan selengkapnya.

Asal Muasal

Sumber: Instagram @okky_tungga

Tahukah anda kenapa pantai ini dinamakan Pantai Kerasak? Alasannya karena dulu sepanjang garis pantai ini dipenuhi oleh banyak dedaunan pohon yang berguguran. Bahkan tinggi semak yang bergugurannya pun sampai menyentuh lutut, loh. Masyarakat disana menyebutnya dengan kerasak. Itulah kenapa pada akhirnya pantai ini pun jadi beken dengan nama Pantai Kerasak. Unik, sekali bukan asal usulnya? Hihi.

Pantai Kerasak menyuguhkan panorama yang sangat indah nan rupawan. Pasirnya yang putih dan lembut, air lautnya yang berwarna biru dan jernih, akan membuat anda langsung terpesona saat pertama kali menyambangi pantai ini.  Bebatuan granit yang berserakan pun kian membingkai Pantai Kerasak semakin terlihat eksotis.

Sumber: Instagram @aan_darma

Di pantai ini anda akan dimanjakan dengan hembusan angin semilir tropis yang mampu memberikan efek tenang pada pikiran. Angin tersebut terasa semakin menyenangkan dan bersahabat tatkala anda menikmatinya sembari duduk dibawah pohon dan menyeruput es kelapa muda.

Sumber: Instagram @tukulwahyuhidayat

Selain itu, di Pantai Kerasak, anda juga akan menjumpai banyak lobster, udang, kepiting serta beragam ikan laut lainnya. Keberagaman tersebut akhirnya banyak menggoda para pengunjung untuk memancing. Nah, hasil tangkapannya bisa langsung di olah di Pantai Kerasak bersama teman-teman atau keluarga. Bahkan bisa bergabung dengan warga disana yang hobi juga memancing. sehingga anda pun jadi memperoleh kenalan baru.

Sekitar pantai kerasak banyak ditumbuhi oleh hutan-hutan alam yang lebat. Selain itu, terdapat juga pulau-pulau kecil yang semakin membuat Pantai ini kian indah.

Sumber: Instagram @kurohyde

Di Pantai Kerasak anda tidak hanya akan puas berfoto-foto saja dengan beragam spot instagramable, namun bisa juga berenang, serta bermain air sebab kondisi pantai ini terbilang masih cukup bersih. Anda juga dapat bermain voli di tepi pantai, membuat istana pasir atau pun sekedar berkeliling pantai dengan kaki telanjang.

Sumber: Instagram @utamanova

Oh, ya, jangan sampai lupa membawa bekal, ya. Sebab di sekitar Pantai Kerasak anda tidak akan menjumpai penjual makanan atau minuman. Selain itu yang menjadi kekurangan lainnya dari pantai ini adalah, tidak adanya fasilitas toilet dan kamar mandi. Jadi mau tidak mau anda harus pergi ke masjid terdekat atau menumpang di salah satu rumah warga disana jika ingin mandi atau pun buang air kecil.

Waktu Terbaik Berkunjung ke Pantai Kerasak

Sumber: Instagram @wonderfulbangka

Karakteristik pantai ini termasuk landai dan gelombang ombaknya juga tenang sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tempat wisata untuk membuat quality time bersama keluarga atau sanak saudara.

Walaupun demikian, biasanya pada musim-musim tertentu ombak yang tenang tersebut dapat berubah menjadi besar dan bergulung-gulung. Terlebih saat musim angin barat telah tiba.

So, jangan sampai anda salah mengagendakan waktu untuk mengunjungi pantai ini, ya.

Sumber: Instagram @siskaaidr

Saran dari kami, sebaiknya anda datang ke Pantai Kerasak pada bulan April sampai Oktober saja. Kenapa? Sebab pada bulan-bulan tersebut kondisi pantai ini masih sangat bersih dan belum terkena angin barat. Ombaknya juga tenang, dan tidak membahayakan seperti pada bulan Desember sampai Maret

Tempat Terbaik untuk Melihat Gerhana Matahari

Sumber: Instagram @hadiliega

Pantai Kerasak juga merupakan tempat yang sangat strategis untuk melihat gerhana matahari, loh. Nah, jika ada berita akan terjadinya gerhana matahari, biasanya warga lokal langsung berbondong-bondong mengunjungi pantai ini untuk menyaksikan fenomena menakjubkan tersebut.

Pemerintah disana juga sampai membangun sarana khusus untuk pengamatan gerhana matahari total di pantai ini, sebab merupakan titik terbaik dan paling jelas untuk melihat gerhana tersebut.

Akses Lokasi

Sumber: Instagram @tycheonsa

Apabila anda berangkat dari Pangkalpinang maka harus menempuh perjalanan sekitar 150 KM dengan estimasi waktu tempuh sekitar 2,5 jam untuk mencapai Pantai Kerasak. Sementara jika datang dari Kota Toboali maka jaraknya hanya 30 KM saja dengan estimasi waktu tempuh 1 jam.

Sepanjang perjalanan menuju pantai ini anda akan ditemani oleh hijaunya perkebunan kelapa sawit dan lada milik warga. Suasana alami khas pedesaan yang asri sangat begitu melekat disepanjang jalanan yang anda lewati. Akan tampak pula rumah-rumah khas perkampungan. Sungai-sungai kecil juga akan membuat anda semakin terhibur selama menuju Pantai Kerasak.

Bagaimana dengan kondisi jalanannya? Jangan khawatir, walaupun berada di jalur pendesaan akses jalannya sudah diaspal dan bagus. Jadi anda akan tetap nyaman dan lebih cepat untuk mencapai lokasi.

Ketika semakin dekat dengan pantai, akan tampak rumah panggung milik warga sekitar lengkap dengan sungai-sungai yang tidak kalah jernih dari yang anda lihat sebelumnya . Beberapa meter setelah itu, tibalah anda di Pantai Kerasak.

Demikianlah ulasan lengkap tentang Pantai Kerasak. Jika anda sedang bingung mencari tempat wisata bahari yang kece di Bangka, maka tidak ada salahnya menyambangi Pantai Kerasak. Dapat dipastikan anda tidak akan pernah menyesal jika mengunjungi pantai ini.

Akhir kata, semoga bermanfaat dan sampai bertemu lagi pada pembahasan menarik berikutnya.

Salam.

Comments

Loading...