OUR NETWORK

Sumber Air Panas Rimbo Panti Yang Selalu Diselimuti Dengan Uap Panas

Sumber Gambar: Google Maps @RMPD CHANNEL

Destinasi wisata alam Rimbo Panti adalah sebuah destinasi wisata alam sumber air panas dan juga merupakan cagar alam. Destinasi wisata ini cukup terkenal dan menjadi destinasi wisata favorit keluarga. Nama dari tempat wisata ini diambil dari bahasa Indonesia, yaitu kata rimba dan panti. Arti kata rimba sendiri adalah kehidupan bebas. Sedangkan arti dari kata panti berarti tempat dan sekaligus merupakan nama dari kecamatan letak destinasi wisata alam ini.

Selain mempunyai kesan liar, destinasi wisata ini mendapat julukan yang cukup unik, yaitu permata hijau di Pasaman. Hal ini juga merupakan julukan yang sempurna mengingat kondisi destinasi wisata tersebut didominasi dengan wilayah hutan.

Nama Rimbo Panti sangat cocok dengan destinasi wisata ini yang penuh dengan berbagai macam fauna yang hidup secara liar. Ada berbagai macam spesies hewan yang di wilayah Rimbo Panti, diantaranya termasuk ke dalam hewan langka. Hewan tersebut meliputi rusa, tapir, monyet seaming, harimau Sumatera, beruang madu, rusa dan lain – lain.

Letak Destinasi Wisata Alam Rimbo Panti Sumatera Barat

Cagar wisata alam Rimbo Panti berada di Panti, Pasaman, Sumatera Barat. Lokasi dari destinasi wisata tersebut sangat strategis. Sebab terletak tepat di pinggir jalur trans Sumatera HWY. Sehingga lokasi tersebut sangat muda terdeteksi oleh Google map dan mudah pula untuk ditemukan. Hanya dengan menyelusuri sepanjang jalur trans Sumatera HWY yang berada di daerah kecamatan panti. Para wisatawan langsung dapat menjumpai tempat tersebut dari jalanan.

Selain itu juga terdapat petunjuk jalan yang akan mengarahkan ke tempat destinasi wisata ini. Resiko tersesat, terutama bagi para wisatawan yang berasal dari luar Sumatera menjadi sangat minim.

Pembangunan Destinasi Wisata Alam Rimbo Panti Sumatera Barat

Perencanaan akan destinasi wisata Rimbo Panti sekitar tahun 1992 / 1993. Pada tahun tersebut telah diputuskan terlebih dahulu tentang batas dan luas wilayah destinasi wisata alam ini.

Sumber Gambar: Google Maps @RMPD CHANNEL

Ada 3 buah pembagian batas wilayah dari tempat wisata ini dengan luas sebesar 570 hektar. Wilayah pertama adalah sebagai batas luar sepanjang 21,6 km. Wilayah yang kedua adalah kawasan hutan lindung sepanjang masa 14,4 km. Untuk wilayah yang terakhir adalah taman wisata dengan panjang batas wilayah 11,2 km.

Tempat wisata alam ini juga terdiri dari 3 buah destinasi sekaligus, yaitu sumber air panas, kolam air panas dan gedung herbarium. Namun kini telah ditambahkan dengan sebuah kawasan mini ground yang terdapat berbagai macam permainan untuk anak – anak.

Keunikan Tempat Wisata Rimbo Panti Sumatera Barat

Destinasi wisata ini mempunyai suatu keunikan yang terletak pada sumber air panasnya. Keunikan tersebut antara lain sebagai berikut ini :

1. Mempunyai suhu 100 derajat Celsius dan dapat digunakan untuk merebus makanan

Keunikan yang pertama ini hanya merupakan ciri khas dari sebuah sumber mata air panas. Namun untuk sumber air panas di Rimbo Panti ini mempunyai suhu yang sangat tinggi hingga 100 derajat Celsius. Dengan suhu yang sangat panas tersebut terasa seperti air yang tengah mendidih. Bahkan sumber air panas pun dapat dimanfaatkan untuk merebus apapun.

Sumber Gambar: Google Maps @RMPD CHANNEL

Waktu yang diperlukan untuk merebus sangat singkat, hanya sekitar ±10 menit. Hal tersebut tergantung makanan apa yang hendak direbus. Para pengunjung lainnya biasa selalu membawa berbagai macam makanan ketika mengunjungi destinasi wisata ini, misalnya telur, jagung, ubi – ubian dan lain – lain. Tingkat kematangan dari makanan yang direbus sangat pas. Selain itu hasil makanan yang telah direbus di sumber mata air tersebut sangat aman untuk dimakan.

2. Sumber air panas tidak dapat digunakan untuk berendam

Hal ini yang menjadikan destinasi wisata ini sangat berbeda dengan destinasi sumber air panas lain. Karena Sumber Air Panas Rimbo Panti sama sekali tidak dapat digunakan untuk berendam. Sementara destinasi wisata sumber air panas lainnya, berendam merupakan hal yang utama dilakukan oleh setiap pengunjung.

Sumber Gambar: Google Maps @tarmizi m. yusuf

Berendam dalam air panas mempunyai banyak manfaat kesehatan. Salah satunya adalah dapat menghilangkan rasa pegal – pegal. Lalu dapat membuat peredaran darah menjadi lancar. Serta masih banyak manfaat lain yang diperoleh dengan berendam dalam air panas.

Hal yang menjadi alasan Sumber Air Panas Rimbo Panti tidak dapat digunakan untuk berendam adalah suhunya yang sangat panas seperti air yang mendidih. Dengan suhu air yang tinggi tersebut kulit pun dapat langsung terbakar, bahkan hanya terkena percikan air. Tetapi bagi yang hendak berendam dalam air panas, destinasi wisata tersebut telah menyediakan tempat khusus yang diperuntukkan bagi pengunjung yang hendak berendam.

3. Mempunyai banyak sumber air panas

Keunikan dari destinasi wisata ini adalah jumlah sumber air panas yang mencapai puluhan buah. Sumber air panas ini terdiri dari kolam – kolam alami yang berisi sumber air panas. Kondisi kolam pun tidak begitu luas, tetapi mempunyai jumlah yang cukup banyak. Jadi ketika mengunjungi destinasi wisata tersebut, akan disuguhkan dengan jajaran kolam kecil. Hal tersebut menjadi suatu pemandangan yang cukup apik dan mempesona.

4. Kolam mempunyai uap air yang cukup tebal

Selain mempunyai suhu yang cukup panas, di atas kolam selalu terdapat uap air. Uap airnya pun cukup panas. Sehingga sangat disarankan supaya berhati – hati dengan uap air. Dengan adanya uap air tersebut, dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal misalnya mandi uap.

Bagi masyarakat Indonesia mungkin hal ini terdengar cukup aneh dan unik. Namun sebenarnya mandi uap merupakan hal yang sangat lumrah. Sebab di berbagai wilayah negara lain yang sangat minim dengan sumber air, mempunyai kebiasaan mandi yang sangat unik yaitu mandi dengan uap.

Selain dapat dimanfaatkan mandi uap, dapat juga dijadikan sebagai background foto yang sangat menarik. Dengan dikelilingi oleh uap, dapat menghasilkan gambar yang berkarakter dan instagramable.

Fasilitas Di Destinasi Wisata Rimbo Panti Sumatera Barat

Berikut ini adalah daftar fasilitas yang tersedia di destinasi wisata Rimbo Panti :

– Kolam air panas

Sumber Gambar: gapuranews.com

Fasilitas ini merupakan fasilitas utama dari sumber air panas tersebut. Ada banyak sumber air yang tersedia dan dapat dimanfaatkan oleh pengunjung.

– Akses menuju sumber air panas

Sumber Gambar: Google Maps @Fredy Kurniawan

Beberapa kolam sumber air panas mempunyai jembatan kayu. Dengan jembatan kayu pengunjung dapat menuju ke tengah kolam untuk merasakan suhu panas kolam.

– Spot foto

Sumber Gambar: Google Maps @Muhammad Habib

Di Rimbo Panti terdapat beberapa spot foto yang sangat kekinian. Spot tersebut merupakan spot favorit para remaja yang berkunjung.

– Mini ground

Fasilitas ini hanya diperuntukkan bagi anak – anak. Dalam mini ground tersebut telah tersedia berbagai macam permainan anak – anak, seperti jungkat jungkit, ayunan dan lain – lain.

Pemandian air panas

Meskipun Rimbo Panti merupakan destinasi wisata sumber air panas, tetapi suhu air sangat berbahaya apabila digunakan untuk berendam. Oleh karena itu bagi pengunjung yang hendak berendam telah disediakan tempat khusus.

– Gedung herbarium

Fasilitas ini merupakan sebuah fasilitas yang sedikit diabaikan. Namun di gedung ini merupakan tempat edukasi yang sangat bermanfaat untuk mengenal berbagai macam tanaman obat.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…