OUR NETWORK

Sungai Mosolo, Destinasi Wisata Sederhana dan Eksotis di Wowonii

Source Image: Instagram @wawoniibagus

Indonesia tidak pernah kehabisan cerita-cerita menarik tentang pesona alam yang dimilikinya. Jajaran pulau yang membentang dari Sabang sampai Merauke pun menyajikan bentang alam yang berbeda-beda, dan memiliki keunikan tersendiri yang mungkin tidak akan dijumpai di tempat yang lainnya. Nah, kamu pun akan mendapatkan banyak hal-hal yang menarik apabila berkunjung ke Pulau Konawe. Banyak bentang alam cantik yang bisa kamu temui di sana, lengkap dengan suasana yang syahdu dan alam yang masih sangat alami, salah satunya bisa kamu jumpai di Sungai Mosolo, atau yang disebut juga dengan Sungai Lakaranda. Kamu pun dijamin betah untuk berlama-lama di sungai yang satu ini.

Lokasi Sungai Mosolo

Sumber: Instagram @wawoniibagus

Secara administratif Sungai Mosolo terletak di Desa Mosolo, yang masuk ke dalam kawasan Kecamatan Wowonii, Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), Sulawesi Tenggara. Walau pun lokasinya jauh dari perkotaan, namun kamu tidak akan menemui kesulitan akses untuk menuju ke Sungai Mosolo, karena jarak sungai yang satu ini dari pemukiman terakhir di Desa Mosolo hanya sekitar 1 km, dan para pengunjung juga bisa menunggangi kendaraan bermotornya baik itu roda dua atau pun roda empat hingga ke bibir Sungai Mosolo.

Namun, sampai saat ini belum ada angkutan umum yang bisa mengantarkan para wisatawan menuju ke Desa Mosolo. Oleh sebab itu, bagi para backpacker, cara terbaik untuk menuju ke Desa Mosolo adalah dengan cara menyewa motor di pusat Kabupaten Konawe Kepulauan, Langara, dan kemudian memacunya hingga ke bibir Sungai Mosolo.

Kondisi Sungai Mosolo

Sumber: Instagram @wawoniibagus

Lokasinya yang jauh dari perkotaan membuat sungai yang satu ini masih sangat terjaga kealamiannya. Airnya pun begitu jernih dan terasa menyegarkan, apabila dipandang dari kejauhan akan terlihat berwarna kebiruan. Benar-benar menjadi pemandangan yang sangat mengagumkan. Di kanan dan kiri Sungai Mosolo kamu juga bisa menjumpai pepohonan besar yang cukup rindang, sehingga bisa menyejukkan pandangan para wisatawan. Beberapa sudut di Sungai Mosolo juga terlihat tebing yang begitu menawan, berwarna kecoklatan dan diselimuti tumbuhan hijau.

Sumber: potretsultra.com

Kondisi Sungai Mosolo tidak terlalu dalam, dasarnya dipenuhi dengan bebatuan alam yang tercecer. Jernihnya air sungai membuat dasar dari Sungai Mosolo bisa terlihat dari permukaan, sesekali ikan-ikan kecil juga terlihat berenang berseliweran.

Aktivitas di Sungai Mosolo

Sumber: potretsultra.com

Airnya yang sangat jernih dan terlihat menyegarkan, membuat berlibur ke Sungai Mosolo akan terasa kurang lengkap apabila kamu tidak menceburkan diri ke dalamnya. Aliran sungai yang tidak terlalu deras juga memungkinkanmu untuk berenang di bagian tengah sungai, yang sedikit lebih dalam ketimbang di bagian tepinya. Bermain air di tepian sungai juga bisa menjadi pilihan. Menurut penuturan warga sekitar, air di Sungai Mosolo juga aman untuk dikonsumsi secara langsung.

Sumber: Instagram @adhityaeko_01

Melihat kondisinya, Sungai Mosolo pun layak untuk dijadikan sebagai destinasi wisata liburan bersama keluarga. Dalam beberapa tahun terakhir, Sungai Mosolo juga sudah mulai banyak dikunjungi para wisatawan, terutama saat akhir pekan. Namun, puncak kunjungan di Sungai Mosolo dikabarkan berada pada libur tahun baru.

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk di Sungai Mosolo

Sumber: Instagram @wawoniibagus

Walau pun memiliki pesona alam yang cukup menawan, sampai saat ini Sungai Mosolo belum dikelola secara resmi oleh pemerintah setempat. Padahal sungai yang satu ini pernah didatangai langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Konawe Kepulauan, untuk meninjau potensi wisata yang dimilikinya. Namun, belum diketauhi secara pasti kapan Sungai Mosolo akan mulai dikelola secara resmi oleh pemerintah setempat.

Fasilitas di Sungai Mosolo juga masih sangat minim, karena statusnya yang belum dikelola secara resmi. Para pengunjung juga tidak akan ditarik biaya tiket masuk untuk bisa menikmati keindahan dari Sungai Mosolo.

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk berkunjung ke Sungai Mosolo? Sebelum sungai yang satu ini tercemar dan kehilangan pesonanya, segera siapkan waktu terbaikmu untuk berlibur dan bersenang-senang di Sungai Mosolo. Dijamin, kamu pun tidak akan menyesal berkunjung ke tempat yang satu ini.

Jangan meninggalkan apa pun di tempat wisata alam kecuali jejak, jangan mengambil apa pun kecuali gambar, dan jangan membunuh apa pun kecuali waktu. Selamat Berlibur!!!

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…