in

Surga Tersembunyi Di Maluku Barat Daya Pantai Tonweru, Pulau Moa

pantai tonweru
Sumber Gambar: travelingyuk.com

Siapa yang tidak mengenal pulau Maluku. Salah satu pulau eksotis di Indonesia dengan bentangan alam yang mempesona. Pegunungan, laut, hutan dan padang rumput mereka semua adalah magnet wisatawan yang tak terelakan. Meskipun semua sudut pulau Maluku indah, tetapi jika ada kesempatan kesana cobalah datang ke Maluku Barat Daya. Mengapa begitu? Yuk, simak reviewnya berikut ini.

Mengenal Wisata Maluku Barat Daya, Pantai Tonweru Dan Pulau Moa

Maluku Barat Daya merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Maluku, ibu kotanya berada di Kelurahan Tiakur. Mungkin nama bagian pulau Maluku ini memang belum terlalu populer jika di bandingkan daerah lain seperti Bali atau Raja Ampat. Namun, sekalinya kesana bisa dipastikan akan ada perasaan untuk kembali mengulang moment tersebut.

Dua dari sekian banyak tempat indah yang wajib di singgahi ketika pergi ke Maluku Barat Daya adalah Pantai Tonweru dan Pulau Moa. Pantai Tonweru sendiri sebenarnya merupakan objek wisata yang terdapat di Pulau Moa. Pasir putihnya yang bersih, bebatuan di sepanjang pesisir serta air laut biru bak lukisan yang nyata. Udaranya juga masih segar karena cukup jauh dari hiruk pikuk kota dan belum banyak wisatawan datang kesana.

  • Ombaknya tenang dan damai

Ombak di pantai Tonweru juga cenderung tenang jadi aman sekali kalau kamu mau main air dan bukan hanya sekedar penikmat pemandangan. Akses jalan di pulau Moa juga cukup baik, beraspal mulus tak kalah dengan jalan-jalan yang ada di pulau Jawa. Hal ini sesuai dengan komitmen pemerintah untuk memajukan pulau-pulau di daerah pesisir yang punya potensi. Pembangunan berbagai infrastruktur ini sendiri juga memiliki harapan agar ekonomi masyarakat setempat menjadi lebih baik.

Pulau Moa juga sangat terkenal karena memiliki padang rumput luas mirip seperti bentang alam di Afrika. Saat sedang kemarau warna rumput di sabana akan lebih indah, sebagian menguning dan sebagian masih kehijauan. Jika beruntung kamu akan melihat ratusan ekor Kerbau yang sedang asyik mencari makan dan berendam di kubangan lumpur. Tak hanya itu, beberapa kuda milik penduduk yang sengaja di biarkan liar juga akan kamu temui di sana.

  • Bisa belajar budaya setempat

Minat untuk belajar budaya masyarakat setempat? Di Pulau Moa juga bisa kamu dapatkan. Terdapat beberapa desa adat yang akan kamu jumpai lengkap dengan segala ciri khasnya. Ketika datang biasanya para tamu akan di sambut tarian adat sebagai penanda kedatangan di terima dengan baik. Uniknya rumah di desa adat tidak ada satupun yang berdinding semen, melainkan hanya dari daun koli.

Atapnya juga hanya berbahan daun kelapa dan di dominasi oleh struktur kayu. Meski begitu rumah tetap terlihat kokoh dan sangat asri. Penggunaan bahan bangunan yang semuanya dari alam juga dimaksudkan untuk menjaga nilai tradisi yang sudah ada sejak dahulu. Itulah, mengapa banyak turis mancanegara datang ke Maluku Barat Daya selalu menyempatkan untuk singgah di pulau Moa. Karena hal seperti ini tidak pernah mereka dapatkan di negara asal mereka.

Demikian dulu ya ulasan mengenai Surga Tersembunyi Di Maluku Barat Daya Pantai Tonweru, Pulau Moa. Jangan lupa memasukkan bagian dari pulau Maluku ini ke dalam list destinasi wisatamu. Selain mendapatkan pengalaman belajar kebudayaan di sana kamu juga bisa melihat alamnya yang indah.  Semoga bermanfaat!