Surga Tersembunyi Di Meulaboh Itu Bernama Krueng Tutut

Kawasan Aceh memang menyimpan banyak sektor wisata alam yang punya potensi baik di masa mendatang. Sebut saja mereka pantai Pusong Sangkalan, pulau Gosong, gua Seumancang dan pantai Suak Ribe. Namun, selain yang telah disebutkan tadi masih ada Krueng Tutut yang tak kalah cantiknya. Penasaran dengan keindahan panoramanya?Yuk ikuti ulasannya berikut.

Indahnya Krueng Tutut, Bikin Kegelisahan Sirna

Krueng Tutut bisa dibilang merupakan salah satu objek wisata air di Aceh yang punya potensi berkembang sangat bagus. Bagaimana tidak, panorama alam di sana sangat indah dan memukau.

Objek wisata ini menyuguhkan suasana laut yang langsung berbatasan dengan tebing tinggi. Alamnya yang hijau, masih alami dan terasa sejuk merupakan salah satu nilai plus dibandingkan tempat lain.

- Advertisement - From Korea With Love Concert

Air laut disana terlihat jernih dan biru, akan semakin berkilau saat terkena pantulan sinar matahari. Tebing batunya yang tinggi berwarna putih keabu-abuan berdiri sangat gagah dan kokoh.

Sekitar pinggiran Krueng Tutut terdapat batuan terjal dengan ukuran sedang hingga kecil menambah indah lukisan alam tersebut. Jika kamu berada di sana bisa dipastikan hanya perasaan kagum yang muncul dalam benakmu.

Lokasi Krueng Tutut

Lokasi Krueng berada di Gampong Tutut, Desa Tanoh Mirah, Meulaboh, Aceh Utara. Letaknya memang bisa dibilang paling jauh, yaitu sekitar 60 km dari pusat kota Meulaboh. Bisa dibayangkan bukan bagaimana perjuangan kamu untuk mencapai kesana dengan jarak sejauh tu.

Tetapi tenang saja begitu sampai di sana rasa lelahmu akan terobati dengan pemandangan yang begitu menyihir mata.

Fasilitas Yang Tersedia

Sebagai tempat yang belum banyak terjamah wisatawan membuat fasilitas yang ada disana begitu minim. Masyarakat sekitarlah yang secara swadaya memelihara dan menyediakan fasilitas seadanya.

Misalnya saja membuka akes jalan masuk menuju ke lokasi, merapikan tempat sekitar untuk digunakan memarkir kendaraan. Untuk fasilitas lain seperti tempat makan, tempat ibadah, toilet belum ada dan hal ini perlu mendapat perhatian khusus dari pemerintah.

Hal Menarik Yang Bisa Dilakukan

Banyak kegiatan menyenangkan yang bisa kamu lakukan saat menginjakkan kaki di tempat tersebut. Beberapa diantarannya adalah sebagai berikut:

  1. Menikmati Keindahan Alam

Hal paling mudah dan sederhana yang bisa kamu lakukan adalah bersantai sembari menikmati pemandangan alam yang tak biasa. Kapan lagi kamu bisa meilihat air, pepohonan, bebatuan tebing berpadu dalam satu tempat. Pepohonan yang berbaris di sekitar gampong tentu saja akan memberikan efek sejuk. Jika kamu punya waktu luang yang lumayan, pulanglah agak sore karena sun set di tempat ini luar biasa.

  1. Bermain Air Di Kolam Yang Dingin

Para pecinta olahraga air seperti berenang bisa mencoba menguji nyalinya disini. Genangan air yang berbentuk mirip danau ini bisa sekali untuk berenang atau sekedar berendam saja. Ketika ingin merendam kaki kamu bisa duduk di batu tepi kolam sembari mencelupkan kaki ke air yang jernih dan dingin. Tetapi yang paling penting adalah tetap selalu berhati-hati karena fasilitas seperti pelampung tidak tersedia di sini.

  1. Hunting Foto Yang Instagramable

Bagi anak muda moment memotret sudah tentu menjadi ritual yang wajib. Ingin makan saja di foto dahulu apalagi berlibur. Krueng Tutut salah satu tempat yang pasti disukai oleh anak muda karena spot-spotnya yang instagramable. Berfoto dengan background tebing bisa, pepohonan, langit biru ataupun kolam yang jernih komplit. Bagi kamu yang akan menikah tempat ini cocok untuk sesi foto prewedding.

Tips Saat Berkunjung

Agar liburan yang telah kamu rencanakan berjalan mulus ada baiknya ikuti tips berikut:

  • Bawa baju ganti saat kamu punya tujuan bermain air atau berenang.
  • Bawa makanan atau bekal sendiri dari rumah karena disana tidak ada warung atau tempat makan.
  • Hindari kegiatan yang dapat merusak lingkungan misalnya membuang sampah sembarangan atau merusak sarana yang ada.

Sangat cantik bukan wisata alam yang ada di Meulaboh ini? Maka dari itu pihak tertentu harus ikut membantu pengelolaannya agar gaungnya terdengar lebih luas lagi. Sekian dahulu ya, semoga ulasan kali ini bermanfaat.

Must Read

Related Articles

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.