OUR NETWORK

Taman Nasional Bunaken, Manado

Kalian tentu sudah tidak asing lagi dengan nama Taman Nasional Bunaken yang ada di Manado Provinsi Sulawesi Utara bukan? Taman Nasional ini berada di Teluk Manado Di Kecamatan Bunaken, Kota Manado. Jadi masih berada di kawasan Pemerintahan Kota Manado. Kawasan Taman Nasional Bunaken ini terkenal dengan sebutan segitiga terumbu karang, dan juga merupakan Taman Nasional pertama kali di Dunia karena sudah ada sejak tahun 1991. Sejak saat itu pula, Taman Nasional ini menjadi ikon wisata di Kota Manado. Serta terdaftar sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO.

Sumber: Instagram @pge_dc

Perjalanan yang harus kalian tempuh untuk sampai ke Taman Nasional Bunaken ini sangat mudah, dan sudah tersedia banyak tranportasi umum untuk membawa kalian menuju Taman Nasional ini. Nah, ada beberapa Tips PRAKTIS Ke Bunaken Ala Backpacker nih! Jika kalian bertolak dari Bandara Internasional Sam Ratulangi, rute selanjutnya yang harus kalian tempuh adalah menuju Kota Manado. Kalian bisa menggunakan transportasi umum dari Bandara. Kemudian sesampainya di Kota Manado, harus menuju Pelabuhan Marine Blue Banter. Karena untuk menuju Taman Nasional Bunaken, kalian harus meneberangi selat terlebih dahulu. Dari sini kalian akan dibawa menuju ke Taman Nasional Bunaken.

Dan setelah menyeberangi selat menggunakan kapal tersebut, sampailah kalian di Taman Nasional Bunaken. Sebagai sambutan selamat datang kalian, kalian disuguhi dengan pemandangan hamparan laut dengan warna air biru jernih, dengan pemandangan biota bawah laut yang sebagian bisa kalian lihat dar bibir pantai. Untuk tiket masuknya, kalian di kenakan biaya Rp 50.000. Dengan biaya masuk segitu, kalian bisa menikmati keragaman flora fauna yang di lindungi di Taman Nasional Bunaken ini.

Sumber: Instagram @fadityasbas

Sesampainya kalian di Taman Nasional Bunaken, kalian bisa melakukan snorkeling, diving, atau hanya ingin berkeliling menikmati indahnya laut sambil menikmati keindahan bawah laut dari atas perahu. Selain itu, kalian juga bisa memancing di Taman Nasional ini. Tetapi kebanyakan dari pemancing, mereka me release, atau melepaskan kembali ke laut ikan yang sudah mereka dapatkan. Bagi nelayan, tidak di perbolehkan menggunakan bom laut untuk menangkap ikan di Taman Nasional ini. Karena hanya akan merusak ekosistem bawah laut.

Sumber: Instagram @hlormel

Jika kalian ingin melakukan diving di Taman Nasional ini, ada banyak tempat penyewaan alat selam, dengan harga kisaran antara 100-300 ribu. Dengan harga segitu, kalian bisa menikmati keindahan bawah laut di Taman Nasional ini. Kurang lebih ada 23 spot diving yang bisa kalian kujungi. Salah satu spot yang akan kalian kunjungi adalah Mandolin. Disini kalian bisa melihat dinding dan juga puncak karang yang dihuni banyak ikan yang bergerombol. Salah satunya adalah Unicorfish, surgeonfish, dan juga bannerfish. Ikan di spot diving ini sangat jinak, jadi kalian bisa mendekatinya, dan jika kalian beruntung, kalian bisa mengambil foto dengan ikan-ikan tersebut.

Sumber: Instagram @murexdive

Karena berada di segitiga Terumbu karang, tak heran jika Taman Nasional Bunaken memiliki lebih dari 390 spesies terumbu karang, dan juga 90 spesies ikan yang hidup di Taman Nasional ini. Dan kesemua spesies tersebut masuk ada perlindungan di bawah pengawasan Taman Nasioal. Selain itu, ada lembaga kelestarian lingkungan hidup seperti WWF yang ikut mengawasi spesies disini. WWF memberi bantuan dalam konservasi meliputi patrol terhadap penggunaan bom ikan di Taman Nasional ini. Jadi bagi kalian yang mengunjungi Taman Nasional Bunaken, saya sarankan berhati-hati ya, jangan sampai kalian merusak keindahan alam yang menjadi salah satu warisan dunia ini.

Sumber Gambar:
instagram.com/p/BmEAsyNA-hd/
instagram.com/p/BjOawlQnB3K/
instagram.com/p/BngEpzNn8pw/
instagram.com/p/BnlMaFRFCHb/

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…