OUR NETWORK

Taman Nasional Teluk Cendrawasih, Mutiara Papua yang Sayang Untuk Dilewatkan

Sumber: idntimes.com

Rasanya, kamu belum mengenal Indonesia bila belum berkunjung ke Papua. Dimana, kawasan ini mempunyai surga yang tidak pernah berhenti. Rasa-rasanya mengeksplor tempat ini tidak cukup satu bulan lho. Terutama Taman Nasional Teluk Cendrawasih yang bisa dikatakan disinilah keindahan papua selain Raja Ampat.

Konon katanya, tempat ini menjadi Taman laut terbesar di Indonesia dengan titik selaman terbaik. Karena, kamu bisa melihat kurang lebih 5,5 % populasi terumbu karang. Selain itu, tempat ini juga punya beberapa spot menarik yang harus kamu kunjungi. Walaupun, untuk mengunjunginya kamu harus berkeliling menggunakan kapal.

Mengenal Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Di Taman Nasional Teluk Cendrawasih mempunyai kurang lebih 5 spot yang menawan mulai dari Pulau Rumberpon, Nusrowi, Mioswar, Yoop, dan Roon yang mempunyai keindahan masing-masing dan berbeda-beda pesonanya. Tidak hanya soal pesona alamnya saja, kamu juga bisa menikmati soal satwa-satwa dan juga wisata religi yang menarik untuk dijelajahi.

Sumber: nativeindonesia.com

Ada juga goa-goa yang bisa kamu nikmati, dimana goa ini sudah sejak zaman purba dan juga peninggalan bersejarah dengan hadirnya kerangka leluhur dari etnik Wandau yang konon menjadi orang yang pertama datang ke pulau ini.

Cara Menuju ke Titik Lokasi


Cara menuju ke titik lokasi Taman Nasional Cendrawasih sebenarnya tidak terlalu sulit. Hanya saja, perjalanan panjang harus kamu jalani. Kawasan ini terdiri dari banyak pulau yang bisa kamu pilih. Perjalanan yang disarankan menuju ke Nabire atau juga Sorong kemudian, kamu bisa naik kapal menuju ke masing-masing tempat yang ingin kamu tuju.

Pesona Keindahan Teluk Cendrawasih

Sumber: idntimes.com

Pesona keindahan dari Taman Nasional Teluk Cendrawasih memang tidak ada duanya. Mulai dari hutan Bakau dengan pesisir pasir puntihnya sepanjang 6 kilometer di Pulau Rumberpon. Dari sini, kamu juga bisa melakukan pengamatan satwa. Kelebihan dari kawasan ini adalah hadirnya dunia bawah lautnya.

Ada kurang lebih 196 jenis moluska dan 209 jenis ikan bawah laut yang benar-benar membuat kamu rindu akan tempat ini suatu saat nanti. Tidak cukup sampai disitu saja, banyak fauna yang juga bisa kamu lihat seperti penyu, kura-kura, lumba-lumba, dan juga hiu paus, ikan duyung, dan masih banyak lagi yang bisa kamu nikmati di sini.

Sumber: rimbakita.com

Dari segi zaman prasejarah, kamu bisa melihat beberapa kerangka tengkorak manusia, berbagai macam peralatan kesehariannya seperti, piring-piring antik, gelas, sendok, Ada pula peti-peti yang berukir. Sungguh sangat mengesankan sekali memang.

Tidak cukup sampai disitu saja, pesona Teluk Cendrawasih masih akan mengejutkan kamu dengan hadirnya Goa dibawah laut yang mempunyai kedalaman hingga 100 kaki lho. Atau juga kehadiran kitab injil kuno yang merupakan terbitan tahun 1898. Sampai saat ini masih disimpan rapi di dalam sebuah Gereja Tua.

Spot Diving dan Snorkeling

Sumber: Instagram @isarahadiansah

Inilah hal wajib yang harus kamu kunjungi saat pergi ke kawasan ini. Pesona spot diving dan snorkeling melihat begitu banyak panoram bawah laut yang disajikan. Mulai dari karang-karang dan jenis ikan kecilnya yang cukup membuat kamu tidak bisa berkata-kata apa pun.

Ada koloni karang hitam, biru, dan karang lunaknya. Semuanya tampak begitu ramah menambut kamu enggan untuk beranjak pergi dari tempat ini. Kemegahan dari spot disini kamu bisa melihat beberapa jenis ikan seperti, ikan kupu-kupu, damselfish dan parrotfish ada pula whaleshrak. Ditambah lagi dengan kerang terompet, kerang kerucut dantriton terompet.

Burung Cendrawasih

Inilah salah satu hal yang harus kamu nikmati saat berkunjung ke Taman Nasional Teluk Cendrawasih. Dimana, Burung Cendrawasih yang ada di Desa Kwatisore. Kamu bisa melihat mereka menari, melihat merek bermian. Tetapi, kamu harus naik ke bukit sekeitar 30 menit.

Sumber: tribunnewswiki.com

Usahakan untuk datang pagi atau sore dan jangan berisik. Hampir semua spesies burung cendrawasih ada disini, bisa kamu amati dan menyaksikan pesona warnanya yang sangat menarik. Sehingga, perjuanganmu tidak akan sia-sia.

Kesimpulan

Taman Nasional Teluk Cendrawasih menjadi salah satu bagian penting yang harus kamu kunjungi saat menjelajah Papua. Keindahannya begitu lengkap mulai dari fauna, terumbu karang, wisata sejarah, sampai religi. Bila kamu mengunjungi pulau-pulaunya kamu bisa menikmati keramahan penduduknya.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…