in

Tengok Keindahan Pantai Dunu, Keindahan Surga Dunia di Gorontalo

Gorontalo memang memiliki banyak tempat wisata yang menawarkan keindahan wisata bahari yang begitu menawan. Bagi anda pengagum wisata bahari, anda sangat diwajibkan untuk mejelajahi pantai-pantai indah yang ada di Provinsi Gorontalo. Puluhan pantai yang sangat indah akan anda jumpai di Provinsi ini. Salah satunya adalah Pantai Dunu. Pantai ini berada di Desa Tolitehuyu, Kecamatan Monano, Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Indonesia.

Pantai ini termasuk salah satu pantai yang paling ramai di kunjungi, baik oleh wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Keindahan yang dimilikinya mampu menghipnotis siapapun yang mengunjunginya. Pantai ini memiliki pasir putih seperti pantai-pantai lainnya yang ada di Provinsi Gorontalo. Pantai Dunu sangat cocok anda kunjungi beramai-ramai bersama dengan keluarga, teman, sahabat, dan orang tersayang karena keindahannya sangat sayang jika hanya anda nikmati sendirian.

Sumber: bintalahe.blogspot.com

Karena menjadi salah satu pantai yang sangat ramai dikunjungi oleh banyak kalangan yang berasal dari berbagai penjuru daerah, pantai ini dapat berpotensi menjadi ikon wisata Provinsi Gorontalo. Sejak tahun 2011 pantai ini sudah menjadi tempat wisata unggulan yang menyimpan segudang potensi di sektor pariwisata. Berbagai manfaat dan keuntungan akan didapatkan saat menjadikan pantai ini sebagai ikon wisata di Provinsi Gorontalo, salah satu keuntungannya adalah dapat menunjang kemajuan ekonomi dari daerah sekitar, terutama bagi warga setempat.

Kurangnya Fasilitas Meskipun Sudah Menjadi Wisata Unggulan Sejak Tahun 2011

Sumber: trepelin.com

Meskipun sejak tahun 2011 Pantai Dunu telah menjadi wisata unggulan Kabupaten Gorontalo Utara, namun ternyata fasilitas yang ada di pantai ini masih sangat minim. Bahkan fasilitas yang disediakan oleh pengelola masih sangat kurang dan tidak memadai. Beberapa fasilitas yang ada seperti toilet umum seperti terbengkalai dan tidak terawat. Kebersihan pantai juga tidak dijaga dengan baik. Bahkan pantai ini sempat dipenuhi dengan sampah yang berserakan sehingga mengganggu pemandangan dan bisa jadi mengancam ekosistem bawah laut dari pantai ini.

Sumber: pusatinfowisata26.blogspot.com

Karena sempat terbengkalai dan dipenuhi dengan sampah yang berserakan, pantai ini sempat sepi dari kunjungan wisatawan. Padahal sebelumnya pantai ini merupakan salah satu pantai yang paling ramai dikunjungi dan sempat dijuluki sebagai ikon wisata Provinsi Gorontalo. Saat ini pengelola sedang berusaha untuk memperbaiki citra dari pantai ini dengan cara memperbaiki segalanya dan merawat lingkungan pantai agar kembali menjadi pantai unggulan Provinsi Gorontalo.

Akses Menuju Ke Objek Wisata

Pantai Dunu bisa anda kunjungi dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat karena jalur untuk menuju ke pantai ini tergolong mudah. Selain itu anda juga bisa menggunakan angkutan umum dengan rute tujuan Gorontalo – Kawandang yang hanya akan mengeluarkan biaya sebesar Rp 25.000 per orang. Anda tidak perlu khawatir tersesat dan tidak bisa sampai ke tempat tujuan karena lokasi pantai ini sudah sangat terkenal. Jika anda mengendarai kendaraan pribadi, maka anda bisa menggunakan Google Maps untuk memberikan arahan kepada anda.

Sumber: pantainesia.com

Jika anda berangkat dari Ibu Kota Provinsi Gorontalo, maka jarak yang perlu anda tempuh adalah sekitar kurang lebih sejauh 120 menit. Meskipun perjalanan memerlukan waktu yang cukup lama, namun perjalanan anda tidak akan terasa membosankan. Anda bisa melihat pemandangan yang sangat indah sepanjang perjalanan yang anda tempuh. Sesekali anda bisa berhenti sejenak untuk berisitirahat ditengah perjalanan. Dan hal yang penting yang perlu ada ketahui adalah tidak ada biaya tiket masuk untu bisa berkunjung ke pantai ini, anda bisa menikmati keindahan pantai secara cuma-cuma alias gratis.