in

Tidak Kalah dari Bunaken, Inilah Pesona Menawan Taman Laut Boalemo

Sumber Gambar: Google Maps @Hallo Abydzar

Tahukah anda wisata bahari di Indonesia menawarkan pesona kecantikan yang luar biasa. Keindahannya sangat menakjubkan, hingga membuat siapapun akan tersihir dan ingin terus menikmati atau mengunjunginya berulang-ulang. Keindahan taman laut misalnya, ini menjadi hal menarik tersendiri. Mengingat kehidupan disana tentu saja unik dan berbeda dengan kehidupan di darat, sehingga mengamatinya sungguh memanjakan mata. Apalagi biota laut yang ada di Indonesia, terkenal begitu beragam seolah tidak ada habisnya untuk dicari tahu.

Berbicara soal taman laut, Kabupaten Boalemo memiliki taman laut yang begitu cantik. Bisa dikatakan bahwa keindahan bawah laut Boalemo adalah Mega Biodiversiry. Dimana maksudnya yaitu taman laut yang memiliki keanekaragaman biota yang sangat besar. Terumbu karang yang paling banyak ditemukan disini adalah jenis arcopora dan rata-rata berada di kedalaman 2 sampai dengan 35 meter.

Tidak mengherankan jika Taman Laut Boalemo sering menjadi incaran utama bukan hanya para wisatawan local, melainkan mancanegara terutama mereka penggila snorkeling dan diving. Ingin tahu seperti apa keindahan Taman Laut Boalemo? Yuk intip potret sekaligus ulasan menariknya di bawah ini.

Pulau Bitila, Taman Laut Boalemo Paling Tersohor

Salah satu Taman Laut Boalemo yang paling tersohor ada di Pulau Bitila. Pulau Bitila sebenarnya merupakan pulau yang tidak berpenghuni. Pulau ini berlokasi di Teluk Tomini, tepatya di Desa Panta, Kecamatan Panguat.

Taman laut ini memiliki terumbu karang yang cantik dan biota lautnya sangat beragam. Pulau Bitila tidak terlalu luas, kedalaman lautnya hanya 60 cm saja, sehingga memungkinkan anda para pecinta snorkeling memuaskan hasrat tersebut di taman laut ini. Apalagi airnya sangat jernih, loh.

Sumber Gambar: Google Maps @Hallo Abydzar

Banyak orang yang mengatakan bahwa keindahan Taman Laut Pulau Bitila bahkan melebihi keindahan yang dimiliki Bunaken. Tidak heran jika supaya lebih mengoptimalkan potensi bahari yang ada ,pemerintah Kabupaten Boalemo sangat mengutamakan taman laut ini sebagai destinasi wisata unggulan. Terlebih mengingat pulau ini tidak berpenghuni jadi bisa dikatakan hidden paradise. Ya, sebuah hidden paradise yang wajib diketahui pesonanya oleh banyak orang.

Nah, untuk sampai ke Taman Laut Bitila anda harus menempuh perjalanan terlebih dahulu ke Pantai Botuhuwato. Kira-kira jaraknya dari Kota Gorontalo sekitar 140 km baik dengan mengggunakan motor atau mobil. Estimasi waktu tempuhnya adalah 3 jam. Setelah anda sampai di Desa Kramat, maka lanjutkan perjalanan kembali dengan menggunakan perahu nelayan menuju taman laut ini. Estimasi waktu tempuhnya sekitar 30 menit.

Pasti Bikin Betah

Sumber Gambar: Instagram @endang_pakaya-

Aktifitas menyenangkan di taman bawah laut ya tentu snorkeling dan diving. Nah, bagi anda penikmat kedua olahraga air tersebut jangan lupa untuk membawa peralatannya sendiri, ya, sebab di pulau ini belum ada fasilitas penyewaan peralatannya. Nikmatilah keindahan terumbu karang yang begitu mempesona dan biota laut asli di taman laut ini. Anda yang memiliki hobi fotografi bawah laut, di tempat inilah, anda akan puas melakukannya dan dapatkan moment yang tidak terlupakan. Dijamin pasti betah dan bikin ketagihan, deh.

Bagaimana jika ingin menginap? Seperti yang berulang-ulang disinggung diatas, karena Pulau Bitila ini tidak berpenghuni maka untuk fasilitas akomodosi hanya ada fasilitas home stay dan pondok penginapan, lokasinya berada di Desa Kramat. Sementara jika anda ingin mencari hotel, maka bisa menemukannya di daerah Pohwato

Apabila anda memang ingin stay di pulau ini, tentu saja bisa membawa peralatan camping dan berkemahlah di sana. Jangan lupa bawa juga pakaian ganti serta kebutuhan untuk menghilangkan rasa haus dan lapar, ya. Hihi.

Sumber Gambar: Instagram @gorontalo_camping

Demikianlah ulasan menarik tentang Taman Bawah Laut Boalemo. Dari berbagai jepretan di atas saja sudah terlihat begitu cantik dan menarik, bukan? Nah, daripada hanya bisa melihat visualnya melalui foto saja, akan lebih memanjakan mata lagi jika melihatnya secara langsung. So, jangan sampai ketika liburan tiba atau anda memiliki waktu senggang, tidak memasukkan list kunjungan ke Taman Laut Boalemo, ya.

Akhir kata, semoga bermanfaat bagi anda. Jika ingin tahu lebih banyak lagi apa saja tempat wisata menarik lainnya yang ada di negara kita ini, jelajahi saja wisato.id.

Salam.