in

Wisata Ke Irigasi Sungai Namo Buaya Sayang Jika Terabaikan Pesonanya

Irigasi Sungai Namo Buaya
Irigasi Sungai Namo Buaya

Sudahkah kamu mendengar tentang Kota Sabulussalam? Sabulussalam adalah salah satu kota yang letaknya berada di perbatasan Aceh dan Sumatera Utara. Meskipun belum terlalu begitu dikenal, namun ternyata kota ini memiliki berbagai tempat wisata menarik yang sayang jika dilewatkan. Salah satunya adalah wisata Irigasi Sungai Namo Buaya.

Sungai Namo Buaya memang sudah sejak dahulu dijadikan sebagai salah satu tempat untuk melepas penat warga sekitar. Seiring dengan berjalannya waktu, pemerintah setempat melihat adanya potensi wisata di saluran irigasi ini. Kemudian kini Sungai Namo Buaya menjadi salah satu tempat wisata yang ramai dikunjungi baik oleh warga sekitar maupun wisatawan dari luar kota.

Daya Tarik Irigasi Sungai Namo Buaya

Irigasi Sungai Namo Buaya memiliki nama lain yaitu Irigasi Bahorok. Sesuai dengan namanya, wisata unggulan Kota Sabulussalam ini berada di Desa Namo Buaya yang terletak sekitar 15 km dari arah barat Kota Sabulussalam. Objek wisata yang termasuk dalam kategori objek wisata alam ini menyajikan pemadangan alam yang sangat indah dan asri.

Lokasinya yang masih bisa dibilang strategis dan mudah untuk dikunjungi membuat wisata ini semakin lama memiliki jumlah pengunjung yang meningkat. Pada akhir pekan, jumlah pengunjung bahkan sangat ramai. Daya tarik Irigasi Sungai Namo Buaya yang membuat pengunjung selalu ramai adalah sebagai berikut.

  • Airnya Yang Segar dan Jernih

Yang menjadikan sebuah sungai sebagai tempat wisata favorit tentu tidak lain dan tidak bukan adalah kondisi airnya bukan? Sungai Namo Buaya memang berbeda dengan sungai-sungai lainnya terutama sungai yang ada di Pulau Jawa yang identik dengan airnya yang keruh. Sungai Namo Buaya memiliki air yang sangat jernih.

Jernihnya air yang disuguhkan Sungai Namo Buaya seolah membawa kesegaran bagi setiap pengunjung. Setelah merasakan airnya kamu akan dibuat betah dan seolah tidak ingin pergi. Kesegaran dan kejernihan airnya menjadi perpaduan yang sangat pas. Segala penat yang kamu rasakan seolah dibawa pergi oleh aliran air Sungai Namo Buaya.

  • Keindahan Panorama Alam Sekitar Yang Sangat Asri

Keindahan panorama alam yang memukau tidak hanya ada di lokasi wisatanya saja lho! bahkan ketika kamu sedang dalam perjalanan menuju Sungai Namo Buaya, pemandangannya sudah sangat menakjubkan. Ini tentu membuat perjalananmu tidak begitu membosankan. Sepanjang mata memandang akan dimanjakan dengan hijaunya suasana alam yang sangat asri.

Terlebih lagi ketika sudah tiba di Sungai Namo Buaya. Perpaduan antara sungai dengan gemericik airnya yang menenangkan dan hijaunya pohon serta tumbuhan yang mengelilingi sungai seolah menjadi hal yang sangat sempurna. Memejamkan mata dan menghirup udara disini begitu menyegarkan dan menenangkan.

  • Bisa Berjumpa Dengan Satwa Liar

Hal lain yang sangat menarik dari berkunjung ke Sungai Namo Buaya adalah kamu bisa bertemu dengan satwa liar yang hidup disana lho! Satwa liar yang dimaksud bukan buaya ya! Meskipun namanya Sungai Namo Buaya, tapi kamu tidak akan berjumpa dengan buaya yang berkeliaran di sungai. Jadi jangan khawatir!

Disini kamu bisa berjumpa dengan satwa liar yang tidak berbahaya seperti monyet dan urung-burung yang hinggap dari satu tempat ke tempat lainnya. Disini kamu diberikan kesempatan untuk bisa berinteraksi langsung dengan monyet dan satwa lain yang akan kamu jumpai. Untuk berjaga-jaga simpanlah barang berharga seperti Handphone atau dompet agar tidak dibawa kabur oleh monyet ya!

  • Dijadikan Sebagai Sarana Irigasi

Selain dimanfaatkan sebagai objek wisata yang akan bisa membantu ekonomi penduduk setempat, sesuai dengan namanya sungai ini juga dijadikan sebagai sarana irigasi. Oleh sebab itulah sungai Namo Buaya lebih dikenal sebagai Irigasi Bahorok. Keberadaan sungai ini dinilai sangat penting untuk warga sekitar.

Seperti yang sudah diketahui jika sarana irigasi sangat penting. Manfaat atau fungsi utama dari sarana irigasi adlaah untuk mengalirkan air dari sumber ke lahan pertanian, mendistribusikan air ke tanaman-tanaman, dan mengukur serta engatur aliran air.

Nah, itu dia beberapa daya tarik yang dimiliki oleh Irigasi Sungai Namo Buaya. Ternyata keberadaan satu sungai bisa mempengaruhi beberapa tempat di sekitarnya ya! Dengan dijadikannya sungai sebagai tempat wisata sekaligus sarana irigasi bisa membuat kita lebih melek dengan kondisi alam sekitar deh.