OUR NETWORK

Wisata Seru Di Pantai Seurudong Aceh Selatan

Sumber: acehnews.net

Letak geografis Kabupaten Aceh Selatan pada dasarnya berada dibibir Pantai Samudera Hindia. Jadi anda jangan heran, apabila berkunjung ke kabupaten yang terkenal dengan hasil pala lezatnya ini, disepanjang sisi jalan akan banyak menemui deratan pantai yang elok.

Salah satu pantai yang sedang hangat menjadi perbincangan bahkan dianggap sebagai surga tersembunyi di Aceh Selatan adalah Pantai Seurudong. Pantai yang terletak di Sawang Ba’u  ini memang masih sangat alami, sehingga menghadirkan pesona khas tersendiri dibandingkan dengan pantai yang lain.

Nah, apabila anda berencana untuk berwisata pantai tidak ada salahnya mengunjungi Pantai Seurudong. Dijamin wisata anda juga pasti seru. Jika anda penasaran seperti apa penampakan dari pantai ini, berikut ulasan spesial terkait potret Pantai Seurudong. Check this out!

Sempat Menjadi Zona Merah

Sumber: acehnews.net

Anda mungkin pernah mendengar bahwa Aceh sempat mengalami konflik yang sangat pelik. Konflik tersebut berdampak pada berbagai aspek kehidupan, salah satunya banyaknya zona merah atau zona terlarang untuk dikunjungi.

Dulunya Pantai Seurudong adalah primadona bagi masyarakat lokal untuk menghabiskan waktu mereka dengan berlibur di pantai ini. bahkan ada yang setiap hari datang ke pantai untuk mandi, memancing atau hanya sekedar bermain. Namun, ketika konflik Aceh mulai meruncing dan puncaknya memakan korban jiwa pantai ini pun pamornya mulai turun. Sepi sekali.

Sumber: leuser-ecosystem.blogspot.com

Bukti dari bekas konflik tersebut dapat anda lihat di beberapa lokasi dekat pantai. Nah, barulah setelah perdamaian disepakati mulai banyak lagi masyarakat yang menyambangi Pantai Seurudong

Akses lokasi

Sumber: Instagram @yfrijal

Pantai Seurudong terletak di Desa Sawang Ba’u, Kecamatan Sawang Aceh Selatan . Pantai ini letaknya tidak terlalu jauh dari pemukiman warga, Kecamatan Sawang. Hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 30 menit saja untuk tiba di pantai ini. dengan melalu rute Simpang Tiga Sawang dan perumahan warga. Walaupun hanya 30 menit tapi jalanan yang harus anda lalui cukup menantang, loh.

Anda harus melewati terlebih dahulu beberapa tanjakan bukit dengan jalan yang dipenuhi oleh bebatuan. Jangan khawatir, karena semua itu dapat anda lalui menggunakan kendaraan roda dua. Kendati demikian, dalam hal ini jangan lupa untuk memastikan bahwa kondisi ban motor anda dalam keadaan baik.

Nah, setelah tiba dipuncak bukit, maka anda harus melewatinya dengan berjalan kaki sekitar 15 menit. Di bukit tersebut anda bisa beristirahat sejenak sambil menghirup napas panjang sembari menikmati keindahan landscape Pantai Seurudong dari atas.

Sumber: Instagram @thabryvan

Selama perjalanan anda akan mendapati beberapa rumah yang sempat menjadi bekas konflik Aceh dulu. Jika tiba-tiba anda menemukan dua orang pemuda yang membawa senjata, jangan langsung panik,  karena itu hanyalah senjata biasa yang sering mereka pakai untuk memburu babi yang mengganggu kebun.

Jika adzan telah berkumandang, anda bisa bergegas menuju sebuah gubuk kecil. Gubuk tersebut dapat digunakan untuk tempat shalat. Tersedia juga mukena dan kain sarung  milik warga setempat di sana.

Apabila sudah selesai, perjalanan bisa anda lanjutkan dengan kembali berjalan kaki sekitar 5 menit lagi melewati sela sela perkebunan milik warga. Setelah itu semua lelah anda akan terganti dengan disuguhkannya panorama alam Pantai Seurudong.  Yeay!!

Keindahan Pantai Seurudong

Sumber: instagram @wisataacehselatan_

Perjalanan yang sungguh melelahkan bukan? Tapi coba sapukan pandangan anda ke sekeliling pantai. Pasti akan langsung membuat bibir tersenyum. Yup, pemandangan di Pantai Seurudong sangatlah indah. Debur suara ombak yang merdu dan angin sepoi-sepoi yang berhembus, seolah mencoba mengusir lelah dan meyakinkan bahwa anda akan bahagia berada di pantai ini.

Di sekitar Pantai Seurudong terdapat rumah berukuran 10 x 4 m yang berjejeran rapi. Pantai ini juga dikelilingi oleh banyak kebun layaknya seperti taman.  Bahkan karang di Pantai Seurudong pun masih sangat terjaga kerimbunannya. Banyak biota laut yang bisa anda temukan di sini seperti berbagai jenis ikan juga penyu  Biasanya saat musim penyu bertelur banyak sekali wisatawan dari berbagai daerah yang berbondong-bondong datang ke Pantai Seurudong.

Sumber: Instagram @herzawahyudi77

Tidak jauh dari bibir pantai terdapat pulau kecil bernama Pulau Kloe. Pulau Kloe dalam bahasa Aceh artinya adalah pulau tuli. Jika anda berminat maka bisa juga mengunjungi pulau tersebut.

Sumber: Instagram @guslita_siadeka

Bagi yang hobi foto landscape alam mengunjungi pantai ini sangatlah tepat untuk menambah koleksi galeri foto anda. Banyak sekali spot yang bisa anda bidik.

Jika ingin membuat video timelapse, sunset di pantai ini pun sangat cantik sehingga begitu mengagumkan ketika tertangkap kamera dan direkam sebagai video.

Sumber: instagram @zieftasuwondo

Sementara itu bagi yang hobi memancing, ikan-ikan di Pantai Seurudong juga banyak. Jadi silahkan memancing sepuasnya.

Sumber: Instagram@saproel_dn

Sebab fasilitas di pantai ini masih belum memadai, anda bisa langsung mengolah hasil tangkapan memancing  ketika perut sudah lapar. Atau jika anda mau bisa membawa bekal dulu dari rumah lalu menyantapnya dipantai. Uh, pasti mantap sekali. Apalagi ditemani dengan pemandangan laut yang indah.

Sumber: instagram @iis_darniati

Itulah potret cantik Pantai Seurudong. Tidak akan menyesal, deh, menghabiskan waktu seharian di pantai ini. So, jangan lupa dimasukkan ke dalam salah satu agenda kunjungan pantai anda, ya.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…