OUR NETWORK

10 Goa di Jawa Barat yang Harus Kamu Jelajahi

Source Image: disparbud.jabarprov.go.id

Jawab Barat mempunyai banyak destinasi wisata yang tidak dapat diragukan lagi, salah satunya adalah goa. Jawa Barat mempunyai beberapa wisata goa yang memiliki keunikan dan sejarahnya yang berbeda-beda.

Dengan keunikannya tersebuat banyak para wisatawan dalam bahkan luar negeri tidak tahan ingin pergi ke Jawa Barat. Berdasarkan data Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, goa-goa yang ada antara lain Goa Sunyaragi, Goa Jepang, Goa Kelelawar dan masih banyak lagi.

Setiap goa mempunyai sejarah dan temuan arkeologi tersendiri yang memperkuat keberadaan goa di masa lalu. Goa-goa di Jawa Barat memiliki potensi besar dan biasanya terletak dalam satu kawasan dengan obyek wisata lain di daerahnya, sehingga keberadaannya pun saling mendukung satu dengan yang lainnya.

Goa Sunyaragi di Cirebon

Sumber: Instagram @iknphotos

Jika berkunjung ke Cirebon tak lengkap bila belum datang ke tempat objek wisata ini. Karena  tempat ini mempunyai keindahannya alamnya dan tempat ini sangatlah kental akan kerajaan zaman dulu. Goa Sunyaragi merupakan goa yang terletak di daerah Sunaragi, Kesambi, Cirebon. Tempat ini mempunyai bentuk yang sangat unik. Dengan adanya lorong-lorong yang berliku dan gelap seperti goa, sehingga tempat ini dikenal dengan nama Goa Sunyaragi. Didirikannya goa tersebut dulu  buat tempat beristirahat para sultan Cirebon dan keluarganya.

Goa Belanda di Dago Pakar, Bandung

Sumber: Instagram @anommodjo

Goa Belanda merupakan salah satu goa buatan kolonial Belanda. Belanda membangun goa atau terowongan ini dulunya untuk tempat pembangkit listrik tenaga air Bengkok. Di Goa Belanda ini ada 15 lorong dan dua pintu masuk dengan tinggi 3,2 meter.

Di Goa Belanda lorong utamanya menyambung ke daerah Maribaya. Lorongnya merupakan jalan tembus dari daerah Dago ke daerah Maribaya yang ada di Lembang. Pada saat Perang Dunia II, Lembang merupakan salah satu benteng Belanda untuk mempertahankan kota Bandung dari serangan tentara Jepang. Tidak hanya memiliki sejarahnya, Goa Belanda pun mempunyai  pemandangan alam yang begitu indah.

Goa Jepang di Dago Pakar, Bandung

Sumber: Instagram @lindulundi

Goa Jepang di Dago Pakar ini merupakan satu dari sekian banyaknya Goa Jepang yang terdapat di Indonesia. Tempat ini dibuat pada tahun 1942-1945 oleh orang-oarng Indonesia yang menjadi romusha Jepang. Dulu disinilah Jepang memanfaatkan Goa Jepang sebagai tempat penyimpanan amunisi, logistik dan sebagainya. Maka dari itu, Goa Jepang ini merupakan goa yang bersejarah.

Goa Lalay atau Goa Kelelawar di Kabupaten Sukabumi

Sumber: Instagram @visitsukabumi

Nama Goa Kelelawar sudah tidak asing lagi dan sangat terkenal akan keunikannya. Goa Kelelawar ini berada dekat dengan Pantai Pelabuhan Ratu, Sukabumi. Tempat ini memilik keunikan tersendiri, karena ditempat ini jutaan kelelawar beserta sarangnya ada disini. Sehingga memberikan pemandangan tersendiri bagi Goa Kelelawar. Oleh karena itu Goa Kelelawar ini merupakan salah satu di sekian goa di Jawa Barat yang sering di cari oleh wisatawan.

Goa Jepang di Pananjung, Pangandaran

Sumber: disparbud.jabarprov.go.id

Tempat ini adalah salah satu destinasi wisata sejarah yang ada di  Pangandaran. Goa Jepang merupakan salah satu dari sekian goa di Jawa Barat yang dekat dengan pantai Pangandaran. Tepatnya  terletak di kawasan Cagar Alam Pananjung. Disinilah merupakan tempat sisa-sisa peninggalan Jepang saat perang Pasifik atau Perang Asia Timur Raya pada Perang Duina II.

Bila mau kesini, Anda cuman butuh waktu 15 menit dengan menyewa perahu dari kawasan Bantai. Sedangkan bila lewat darat, Anda bisa berjalan kaki selama 300 meter melalui gerbang barat cagar alam Pananjung.

Goa Lanang di Pananjung, Pangandaran

Sumber: Instagram @yuris_ipunk

Goa Lanang merupakan goa yang terletak di Kawasan Cagar Alam Pananjung Pangandaran. Dulunya tempat ini merupakan Keraton Kerajaan Pananjung yang dipimpin Prabu Anggalarang. Prabu Anggalarang merupakan seorang laki-laki gagah dan sakti, sehingga dijuluki Sang Lanang.

Maka dari itulah goa ini dijuluki dengan sebutan Goa Lanang. Goa Lanang pun mempunyai keunikan tersendiri dibandingkan dengan goa yang lain. Terdapat batu gamelan, jika ditabuh dengan tangan bisa menggeluarkan nada. Eits, ternyata Pangandaran juga menyimpan keindahan yang sama lho. Tepatnya di Green Canyon. Yuk, simak 5 Hal Seru yang Bisa Kamu Lakukan di Green Canyon Pangandaran.

Goa Pawon di Kabupaten Bandung Barat

Sumber: Instagram @hilmanwinanjar17

Pawon didalam bahasa Indonesia yaitu tempat buat memasak. Akan tetapi beda dengan pawon yang satu ini. Goa Pawon ini merupakan goa yang terletak di atas ketinggian 601 meter di atas permukaan laut. Disebut Goa Pawon karena letaknya berada di perbukitan yang bernama Pawon. Tepatnya di bukit daerah penambangan batu kapur.

Saat ini Goa Pawon belum banyak dikujungi para wisatawan, karena bukan destinasi wisata yang popular, Padahal Goa Pawon ini menyiman rahasia sejarah selama  ribuan tahun. Rahasia Sejarah di Goa Pawon ini adalah adanya fosil manusia purba yang pernah hidup di sekitar Goa pawon.

Goa Siluman atau Buni Ayu di Sukabumi 

Sumber: Instagram @buniayucave

Dengar kata siluman udah pasti langsung merinding dan tidak mau dengar lagi. Tapi jangan salah dengan siluman yang satu ini. Goa Siluman atau yang sekarang terkenal dengan Goa Buni Ayu ini terletak di Desa Kertaangsana, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi. Walaupun namanya seram tetapi tempatnya jauh dari kata seram.

Goa Siluman ini sangat terkenal dan popular dimasyarakat karena Pemandangannya yang indah. Di Goa Siluman ini mempunyai  kegiatan penelusuran goa (caving) dengan beberapa tingkat kesulitan. Memerlukan waktu 45 menit dari kota bila Anda ingin berkunjung ke goa yang mempunyai pemandangan tersembunyi ini.

Goa Malawang di Tasikmalaya

Sumber: Instagram @samstourprovider

Goa yang terletak di tengah perkebunan sebuah komplek ini merupakan Goa Malawang. Bukan hanya terkenal dengan sebutan Goa Malawang, goa ini berbeda dengan goa-goa di Jawa Barat lainnya. Karena goa ini mempunyai bermacam nama, seperti Batu Masigit, Keraton, Oyod, dan Gorin. Dari bermacam-macam sebuatan namanya, yang paling menarik yaitu  nama Gorin, karena konon artinya merupakan tempat semacam tempayan air dari gerabah.  

Nama Gorin sendiri  berdasarkan adanya temuan Gorin oleh Taryana, Kepala Sekolah SKB Tasikmalaya, pada 1993 di salah satu goa. Di tempat ini juga banyak temuan arkeologis berupa fragmen gerabah, fragmen keramik, alat batu berupa perkutor, dan tulang-tulang binatang. Bila datang kesini, Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat dengan melewati perkebunan karet. Setelah sampai Anda tinggal berjalan kaki dan goa Malawang pun sudah siap menyambut Anda.

Goa Tambang Emas Pongkor di Kabupaten Bogor

Sumber: Instagram @adhittgh

Tempat ini merupakan goa di Jawa Barat yang sangat dikenal. Dulu merupakan bekas penambangan emas yang dimiliki oleh oleh Unit Bisnis Penambangan Emas Pongkor, BUMN PT Aneka Tambang Tbk. Antam pertama kali mengeksploitasinya pada tahun 1974. Bila berkunjung disini, Anda bisa melihat proses-proses penambangan emas dari proses pengeboran, peledakan, pengerukan, pengangkutan, sampai penimbunan kembali.

Di dalam ini terdapat terowongan yang berdiameter 3,3 meter dengan tinggi 3 meter. Terowongan ini pun akan tembus ke Gunung Pongkar sekitar 4 kilometer bila terus diikuti. Ada 4 lubang besar didalam terowongan ini sebagai ventilasi udara. Oleh karena itu, orang bisa tahan di dalam terowongan itu tanpa harus kehabisan udara.

Itulah goa-goa di jawa barat yang mempunyai banyak sejarahnya dengan keuinkanya yang berbeda-beda. Pasti Anda akan menyesal jika pergi ke Jawa Barat tetapi tidak mengunjungi goa-goa tersebut.

 

Sumber Gambar:
instagram.com/p/BISMttrheBZ/
instagram.com/p/BZB_5lbjn1E/
instagram.com/p/BTP4WFMAx7F/
instagram.com/p/BM3FQllhNck/
instagram.com/p/BNI2reDjber/
informasipangandaran
instagram.com/p/BJfC34JjLjz/
instagram.com/p/BZKqAMLBb3n/
instagram.com/p/-nxUx-B-MS/
instagram.com/p/BC5O6r_FGBh/
instagram.com/p/pWEzjXyLL9/

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…