OUR NETWORK

10 Gunung Terbaik untuk Hiking di Indonesia

Source Image: traveloka.com

Indonesia dari Sabang sampai Merauke terdiri dari berbagai macam pulau dan gunung-gunung didalamnya. Wajar jika banyak warga asing yang datang ke untuk hiking menjelajahi gunung-gunung yang ada di Indonesia. Hiking juga sudah menjadi sebuah gaya hidup masyarakat Indonesia terutama anak muda. Hiking selain menyehatkan juga mampu melepas kejenuhan setelah beraktivitas menjalani rutinitas pekerjaan sekaligus menikmati pemandangan alam.

Gunung Merbabu, Jawa Tengah

Sumber: Instagram @ugagayung

Gunung  setinggi 3.145 Mdpl ini berada di empat kabupaten yakni Kabupaten Magelang, Kabupaten Boyolali, Salatiga dan Semarang ini merupakan gunung favorit para pecinta hiking. Jalur pendakian yang datar,bergelombang, sedikit menanjak bahkan menanjak sekali ada di gunung ini.

Pemandangan hutan homogen, sabana, bukit-bukit rumput dan awan cumulus yang menakjubkan  akan memanjakan mata anda sepanjang perjalanan. Anda pun tak akan merasa lelah karena semua sudah terbayar dengan keindahan alamnya.

Gunung Semeru, Jawa Timur

Sumber: Instagram @momen_pendaki

Pecinta hiking tak lengkap rasanya bila belum mendaki gunung tertinggi di pulau jawa ini.  Gunung ini memiliki medan pendakian yang cukup menantang adrenalin anda karena memiliki jalur pendakian yang penuh pasir, berbatu dan tanjakan curam. Mengingat medan pendakian yang sedemikian rupa, kamu perlu memilih salah satu dari Deretan 5 Sepatu yang tepat untuk Hiking. Akan tetapi semua bakal tergantikan dengan pemandangan indah ketika anda berhasil mecapai puncak tertinggi yang bernama Puncak Mahameru. Anda juga bisa bermalam dengan menikmati air dan milky way (gugusan galaksi Bimasakti) di Danau Ranu Kumbolo yang terkenal akan kecantikannya. Lokasi Danau Ranu Kumbolo berada di kaki Gunung Semeru.

Gunung Papandayan, Garut, Jawa barat

Sumber: Instagram @momotrio.co.id

Bagi warga Jakarta maupun Jawa barat, gunung Papandayan merupakan lokasi hiking favorit. Gunung ini cocok bagi pendaki pemula karena berada pada ketinggian 2.665 Mdpl. Basecamp dari gunung Papandayan sendiri berada di sisi berlawanan atau lebih tepatnya dibawah kawah. Anda akan dibuat takjub ketika banyak uap keluar dari kawah ditambah keindahan padang edelweiss yang berada di Tegal Alun.

Gunung Prau, Wonosobo, Jawa tengah

Sumber: Instagram @sugabiba

Meskipun berada di kompleks Dieng Plateau yang merupakan gunung berapi kasar, Gunung Prau termasuk gunung berapi tidak aktif. Hanya dengan hiking secara singkat, anda bisa menuju puncak gunung di ketinggian 2.565 Mdpl. Sehingga gunung ini menjadi favorit untuk dijadikan lokasi hiking, terutama bagi para pemula.

Anda bisa menikmati keindahan Gunung Sumbing dan Sindoro dari puncak Gunung Prau, disisi lain anda juga bisa melihat kawasan dataran tinggi Dieng.

Gunung Rinjani, Lombok

Sumber: Instagram @aiyen_yenfla

Siapa yang tak kenal dengan gunung yang satu ini? Bisa dikatakan Gunung Rinjani merupakan salah satu gunung berapi terbaik di Indonesia Berada di kawasan Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, Gunung Rinjani adalah salah satu gunung api tertinggi di Indonesia. UNESCO menobatkan Gunung Rinjani sebagai taman geologi nasional karena keindahan alamnya.


Bagi pecinta hiking, ketika melakukan pendakian Gunung Rinjani, anda akan melewati hutan hujan tropis dengan pemandangan khas indonesia. Anda juga bisa bersantai di danau Segara Anak dan Gunung Baru. Sesampainya di Puncak Rinjani bakal terlihat hamparan-hamparan Kaldera dan keindahan segara anak dan Gunung Baru. Wajar bila Gunung Rinjani adalah tujuan wisata yang paling dicari.

Gunung Kerinci, Jambi

Sumber: Instagram @sandi_ananda91

Berada pada ketinggian 3.805 Mdpl, gunung Kerinci merupakan gunung berapi di Indonesia. Gunung yang terletak di perbatasan Provinsi Jambi dan Provinsi Sumatera Barat ini masih aktif hingga sekarang.

Gunung Kerinci menjadi salah satu tempat hiking terbaik di Indonesia.  Rute pendakian Gunung Kerinci tidak memiliki jalur alternatif, sehingga pendaki harus menempuh jalur utama dari desa Kersik untuk sampai ke puncak.

Gunung Kerinci juga menjadi tempat tinggal bagi binatang dilindungi yang hampir punah seperti badak Sumatera dan harimau Sumatera. Anda bisa menikmati kesejukan kebun teh di kaki gunung Kerinci sekaligus menikmati teh asli yang khas.

Gunung Sibayak, Berastagi, Sumatera Utara

Sumber: Instagram @thomasginsoe

Gunung sibayak adalah tempat hiking yang sangat cocok bagi anda yang menyukai tantangan. Kondisi bebatuan pada puncak menjadi tantangan tersendiri bagi pendaki untuk menguji  adrenalin dan menaklukan puncaknya.

Pemandangan sunrise dari puncak  menjadi target utama para pendaki. Selain keindahan pemandangan puncaknya, anda akan disegarkan oleh air yang mengalir dari sela-sela bebatuan gunung. Selain itu, terdapat juga sumber air panas alami yang bisa digunakan untuk berendam. Bagi  anda yang tidak ingin repot tak perlu khawatir karena bisa melakukan pendakian secara singkat selama sehari. 

Gunung Bromo, Jawa Timur

Sumber: Instagram @akoirema

Gunung Bromo berada pada ketinggian 2.392Mdpl. Bentuk gunung yang bertautan antara lembah dan ngarai menjadikan Gunung Bromo menjadi tempat hiking favorit di Jawa Timur selain gunung Semeru. Selain itu dari kaldera yang mengelilingi gunung serta lautan pasir dengan luas sekitar 5.300 hektare menjadikan trademark dari gunung Bromo. Anda bisa melihat matahari terbit dari puncak penanjakan yang membuat anda tidak ingin melewatkan momen ini begitu saja.

Tidak seperti pendakian gunung-gunung berapi lainnya, akses menuju gunung Bromo relatif mudah, gunung ini tidak terlalu tinggi, akses jalan tersedia serta jalan yang dilalui tidak berliku. Untuk mencapai puncaknya harus melewati lautan pasir yang cukup luas hasil muntahan Gunung Bromo. Anda akan dibuat kagum dengan deretan pegunungan disekitar  seperti Gunung Batok dan Gunung Semeru.

Gunung Batur, Bali

Sumber: Instagram @harry4412

Gunung Batur dengan ketinggian 1.717 Mdpl  adalah tempat hiking yang sempurna bagi anda yang masih pemula.  Wisata gunung ini yang tidak terlalu tinggi kira-kira perjalanan 2 jam sudah sampai puncak. Melihat sunrise dari puncak Gunung Batur akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Anda bisa melihat Danau Batur dari ketinggian, Gunung Abang, desa Kintamani, kebun jeruk dan hamparan luas hutan pinus.

 Setelah turun anda bisa menikmati berbagai wisata di kaki gunung Batur seperti, mengelilingi danau Batur, pemandian air panas di Toya Bungkah, dan mengunjungi kebun jeruk Kintamani.

Anak Gunung Krakatau, Selat Sunda

Sumber: Instagram @dewantyngrm_

Anak Gunung Krakatau secara alami masih dalam keadaan aktif dan bisa meletus kapan saja, sehingga perlu hati-hati untuk melakukan pendakian di gunung yang terletak diantara Pulau Jawa dan Sumatera Ini. Akan tetapi gunung ini tetap menjadi tempat hiking yang diminati oleh pendaki.

Dengan status yang kurang bersahabat, jalur pendakian Anak Gunung Krakatau tidaklah mudah.  Butuh waktu sekitar 30-45 menit dengan menghadapi tanah miring berpasir. Selama pendakian anda bisa melihat pulau-pulau disekitar Selat Sunda yang indah seperti Pulau Umang, Pulau Sebuku, Pulau Sebesi dan Pulau Rakata.

Itu tadi 10 rekomendasi Gunung terbaik untuk hiking di indonesia yang sebaiknya anda coba. Menarik untuk dicoba bukan? Selalu jaga kesehatan dan lakukan persiapan dengan matang sebelum memutuskan mendaki gunung.

Selamat Mendaki!

 

Sumber Gambar:
instagram.com/p/BZazuL6H586/
instagram.com/p/BZaG57iFl5I/
instagram.com/p/BZlePllFjg_/
instagram.com/p/BXm_oK_BJro/
instagram.com/p/BZzeMcSB97r/
instagram.com/p/BZZm2XGDkNO/
instagram.com/p/BZxt6Aalipm/
instagram.com/p/BUVup9mFl6l/
instagram.com/p/BZxWi9fjaBG/
instagram.com/p/BZ0vTjTjiLF/
instagram.com/p/BYPrCYJgbC2/

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…