OUR NETWORK

10 Spot Terbaik untuk Melihat Gugusan Galaksi Bima Sakti

Source Image: travel.tribunnews.com

Pernahkah anda mendengar nama Milky way? Milky way  biasa dikenal oleh masyarakat dengan nama galaksi Bima Sakti. Bimasakti adalah galaksi spiral dengan diameter 100.000 tahun cahaya dan ketebalan 1000 tahun cahaya yang memiliki milyaran bintang.

Dikutip dari wikipedia: Milky Way atau dalam bahasa Indoesia disebut Bima Sakti merupakan pita kabut bercahaya putih yang membentang pada bola langit. Pita kabut atau “aura” cemerlang ini sebenarnya adalah kumpulan jutaan bintang dan juga sevolume besar debu dan gas yang terletak di piringan/bidang galaksi. Pita ini tampak paling terang di sekitar rasi Sagitarius, dan lokasi tersebut memang diyakini sebagai pusat galaksi.

Pada musim kemarau yaitu kisaran bulan April hingga Agustus menjadi waktu terbaik untuk anda melihat keindahan galaksi Bima Sakti. Akan tetapi  tidak semua tempat di Bumi ini bisa digunakan untuk melihat galaksi Bima Sakti, diperkotaan kita sulit untuk menikmatinya karena sudah terlalu banyak polusi cahaya pada malam hari. Untuk melihat Galaksi Bima Sakti memerlukan tempat yang gelap gulita.

Gunung Bromo, jawa Timur

Sumber: Instagram @erlinel_

Tidak dapat diragukan lagi jika Gunung Bromo merupakan destinasi wisata terindah di Indonesia. Keindahan Gunung Bromo sudah terkenal di seluruh dunia. Tak hanya melihat pemandangan alam berupa hamparan gurun pasir, matahari terbit dan tenggelam, Gunung Bromo juga menyuguhkan fenomena melihat galaksi Bima Sakti. Bahkan disebut sebagai spot terindah didunia untuk melihat Galaksi Bima Sakti

Waktu terbaik yang digunakan untuk melihat galaksi Bima Sakti di Gunung Bromo adalah pada pukul 01.00 sampai 04.00 dini hari.

Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah

Sumber: Instagram @treya.io

Dataran Tinggi Dieng adalah spot yang tepat untuk dijadikan tempat melihat Galaksi Bima Sakti. Disana anda bisa melihat ribuan bintang dengan mata telanjang dengan ditemani dinginnya hawa udara disana. Adapun spot-spot menarik yang bisa anda jadikan tempat melihat galaksi Bimasakti di kawasan Dataran Tinggi Dieng seperti Telaga Warna, Candi Arjuna, Gunung Prau, Dieng ataupun di Bukit Sikunir. Anda bisa menikmati hamparan benda langit pada pukul 23.00-03.00 WIB.

Gunung Gede, Jawa Barat

Sumber: Instagram @kiagus_yullyan

Tempat terbaik selanjutnya adalah gunung Gede yang berlokasi di Taman Nasional Gede Pangrango. Saat musim kemarau tiba anda bisa mendirikan tenda di alun-alun Suryakencana yang berada di Gunung Gede untuk melihat galaksi Bima Sakti ditemani hamparan edelweis.

Segara Anakan, NTB

Sumber: lomboknetwork.net

Jika  anda belum pernah mengunjungi Segara Anakan, tak ada salahnya memiliki rencana untuk pergi kesana. Di danau kawah gunung Rinjani yang berlokasi di Lombok, Nusa Tenggara Timur ini, selain anda bisa berenang anda bisa mendirikan perkemahan dengan menikmati galaksi Bima Sakti pada malam hari. Dijamin, bakal menjadi pengamalan yang tak akan pernah anda lupakan.

Desa Wae Rebo, NTT

Sumber: Instagram @waerebotrip

Desa yang dinobatkan oleh UNESCO pada tahun 2012 ini terletak pada ketinggian 1.200 meter diatas permukaan laut. Tepatnya berlokasi di kecamatan Satarmese, Kabupaten Manggarai  Barat.

Dikalangan wisatawan asing, desa ini cukup terkenal dengan rumah kerucutnya yang khas yang dinamakan Mbaru Niang. Desa Wae Rebo juga merupakan salah satu 10 Pemandangan Alam di Indonesia yang Menyerupai Luar Negeri lho! Desa Wae Rebo memang termasuk daerah yang terpencil dengan minimnya saluran listrik dan jangan berharap anda akan menemukan sinyal pada smartphone anda. Tetapi  tak perlu khawatir karena semua itu akan digantikan keindahan alam pada malam hari berupa gugusan bintang di galaksi Bima Sakti yang membuat desa Wae Rebo semakin eksotis. Dijamin anda akan betah berada disana semalaman.

Pulau Belitung

Sumber: Instagram @tomus_raja

Siapa menyangka jika kita bisa menikmati bentangan Galaksi Bima Sakti di Pulau belitung? Cobalah tengadahkan kepala dan pandanglah langit Pulau Belitung. Jika beruntung, anda akan melihat galaksi Bima Sakti.

Salah satu tempat di Pulau Belitung yang cocok buat melihat ciptaan tuhan yang sangat indah itu ada di Koeboe/ Kubu di Belitung. Disana anda akan disuguhkan hamparan bintang dan Galaksi Bima Sakti dengan mata telanjang.

Belitung memang pulau yang mempesona, tak hanya laut dan pantainya. Tetapi langitnya pun mampu membuat siapa aja yang melihatnya dibuat takjub. Tidak ada salahnya anda merencanakan dari sekarang pergi kesana!

Ranu Kumbolo, Gunung Semeru, Jawa Timur

Sumber: Instagram @hendriparawijaya

Danau air tawar berada di kaki gunung Semeru yang biasa digunakan sebagai tempat transit para pendaki puncak Mahameru tak hanya terkenal dengan keindahan sunrise dan sunset nya saja. Danau dengan luas 15 hektare dengan ketinggian 2400 Mdpl ini anda juga bisa menyaksikan fenomena melihat Galaksi Bima Sakti.

Alangkah beruntungnya jika bisa bermalam dan menikmati keindahan danau Ranu Kumbolo sambil melihat bintang-bintang terhampar dilangit layaknya debu berterbangan dengan mata telanjang. Siapapun bakal merasa takjub dengan keindahan alam ini.

Tanjung Papuma, Jember, Jawa Timur

Sumber: Instagram @andromedocahyo

Terletak sekitar 40 kilometer dari pusat Kota Jember, tak hanya indah ketika senja saja yang menjadikannya dikunjungi wisatawan asing maupun domestik. Gugusan Bima Sakti, menjadikan keindahan pantai ini semakin sempurna pada waktu malam hari. Milyaran bintang terhampar di langit yang gelap tanpa pancaran sinar lainnya.

Di Tanjung Papuma hampir disetiap tempat bisa digunakan sebagai spot menikmati gugusan Bima Sakti. Namun anda bisa menaiki bukit Sitinggil untuk mendapatkan hasil terbaik. Gugusan Bima Sakti bisa disaksikan sejak pukul 19.00 hingga pukul 21.00 malam. Tak lengkap rasanya bila singgah ke Jember tanpa mengunjungi Tanjung Papuma pada malam hari.

Pantai Gunung Kidul, Yogyakarta

Sumber: Instagram @nungkyaneel

Kalau anda tidak mau susah payah naik gunung untuk menikmati fenomena Gugusan Bima Sakti, pantai- pantai yang berada di Gunung Kidul Yogyakarta bisa menjadi pilihan terbaik untuk dikunjungi. Pantai Drini, Pantai Kukup dan Pantai Krakal bisa menjadi opsi tujuan destinasi anda. Dijamin keindahan alam yang disuguhkan tak kalah keren dibanding anda melihat gugusan Bima Sakti di pegunungan. Anda bisa menikmati fenomena alam ini dengan mendirikan tenda camping sambil ditemani hembusan angin dan deburan ombak.

Pulau Kepa, Alor, NTT

Sumber: Instagram @explorealor

Nusa Tenggara Timur memang surganya para traveler. Selain di Desa Wae Rebo, ada satu lagi lokasi yang wajib anda kunjungi untuk berburu Gugusan Bima Sakti, tidak lain tempat itu adalah Pulau Kepa, Alor. Memiliki pantai dengan pasir putih, air laut yang jernih serta terumbu karang yang menakjubkan, pantai di pulau Kepa juga menyajikan gugusan Bima Sakti di malam hari. 

Masih banyak lagi lokasi-lokasi di Indonesia yang memanjakan mata anda dengan keindahan Gugusan Bima Sakti. Tak ada salahnya jika jauh-jauh hari mempersiapkan agenda liburan musim kemarau anda untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut. Para pecinta fotografi untuk melihat dan mengabadikan Gugusan Bima Sakti, alangkah baiknya jika belajar teknik memotret milky way agar mendapat hasil yang memuaskan.

Selamat foto-toto  dan selamat jalan-jalan. Semoga bermanfaat. Jaga kelestarian alam dan jaga kebersihan.

 

Sumber Gambar:
instagram.com/p/BZ1PATgBSvq/
instagram.com/p/BYVWyFVl32s/
instagram.com/p/BZ0bMNcBaHB/
instagram.com/p/BV-DooQBUl8/
instagram.com/p/BNk2LDDhOG4/
instagram.com/p/BXwOwkSAIF-/
instagram.com/p/BZtU9JCDzm9/
instagram.com/p/BWDGOeTgztP/
instagram.com/p/BZsby9VBA_i/
instagram.com/p/BQpIypvFPEd/

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…