OUR NETWORK

10 Tebing Yang Harus Ditaklukan Oleh Pecinta Cliff Climbing

Source Image: padangkita.com

Di indonesia, banyak penggemar untuk penjat tebing, karena panjat tebing diakui dapat untuk memacu adrenalin seseorang. Berikut 10 panjat tebing yang ada di Indonesia.

Lembah Harau

Sumber: Instagram @putraausa

Lembah Harau adalah salah satu tempat panjat tebing terbaik yang ada di Lembah Harau. Lokasi dari panjat tebing ini berada di Kota Payahkumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota, Provinsi Sumatera Barat. Tidak hanya satu spot climbing, namun disini terdapat puluhan spot climbing yang terdiri dari berbagai komplek pemanjatan. Adapun ketinggian dari Lembah Harau ini yaitu 80 sampai 300 meter.

Tebing Gunung Padang- Sumatera Barat

Sumber: Instagram @lokaavontur

Di Padang terdapat spot climbing yang tak kalah keren untuk memacu adrenalin kamu dalam memanjat tebing. Panjat tebing ini terletak di padang, sumatra barat. Adapun tinggi tebing disini yaitu mencapai 30 meter. Setiap dinding ini memiliki kesulitan yang bervariasi dan memiliki tonjolan tebing yang minim untuk berpegangan.

Tebing Citatah – Jawa Barat

Sumber: Instagram @jaka_irawan03

Tebing Citatah yang terletak di daerah Jawa Barat ini memiliki spot tebing yang cukup tinggi dan menantang. Panjat tebing ini berlokasi di Citatah Kabupaten Bandung barat. Disini terdapat tiga panjat tebing yaitu tebing Citatah 48, tebing Citatah 90 dan Tebing Citatah 125. Setiap tebing ini memiliki ketinggian yang berbeda-beda sesuai namanya. Cukup banyak yang menggemari tebing ini karena memiliki ketinggian yang sesuai dengan kemampuan setiap orang.

Tebing Ciampea – Jawa Barat

Sumber: wikiloc.com

Bogor juga tidak mau ketinggalan untuk memiliki spot panjang tebing yang keren. Di desa yang terletak di sebelah selatan dari pusat bogor ini memiliki spot panjang tebing berketinggian 30 hingga 50 meter. Adapun banyak jalur pendakian di sini ada 5. Meskipun tidak se ekstrem panjat tebing lainnya, tebing ciampea ini bagus untuk para pemula.

Tebing Bongkok – Jawa Barat

Sumber: Instagram @rendiaditya992

Kini Purwakarta bisa unjuk gigi untuk memamerkan spot terbaiknya yaitu panjang tebing Bongkok. Tebing ini di dominasi oleh bebatuan andesit. Di sini tersedia 3 jalur pemanjatan dengan ketinggian sekitar 40 meter dengan lebar dinding 27 meter dan 25 meter.

Tebing Pantai Siung – Yogyakarta

Sumber: Instagram @dailygunkid

Pantai Siung tidak hanya menghadirkan view yang indah, melainkan disini tersedia panjat tebing yang bagus untuk menguji adrenalin kamu. Pantai Siung Gunung Kidul, Yogyakarta punya tebing berketinggian sekitar 15 meter. Di kawasan ini terdapat beberapa jalur yang dapat digunakan untuk memanjat dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda, mulai dari yang tertinggi pada grade 5,9 hingga yang terendah pada grade 5,13. Disini sudah memiliki 45 jalur yang sudah di buat.

Tebing Uluwatu – Bali

Sumber: Instagram @faifasyifa

Bali adalah surganya wisata di Indonesia. Wisata yang terkenal di bali adalah pantai dan budayanya yang unik. Selain itu Bali juga menyimpan tebing yang dapat menjadi spot pecinta climbing. Tebing ini memiliki ketinggian mencapai 75-100 meter. Sangat tinggi kan. Makanya di kawasan ini biasanya yang memanjat adalah seseorang yang sudah cukup mahir.

Tebing Bukit Kelam –Kalimantan Barat

Sumber: Instagram @biodoversity_of_indonesia

Tebing yang ada di Kalimantan Barat ini bernama Kelam Permai, dimana di sini terdapat tebing berketinggian 900 meter dari  permukaan laut dan memiliki tebing vertical setinggi 600 meter.

Tebing Bambapuang – Sulawesi Selatan

Sumber: Instagram @raihanrahmanu01


Sulawesi Selatan juga menyimpan spot climbing yang bagus. Di sini ada tempat climbing yang memiliki ketinggian 350 meter. Tebing ini cukup menantang untuk di daki karena pecinta climbing penasaran untuk mencapai ketinggian tersebut.

Tebing Carstensz Pyramid – Papua

Sumber: penjelajah.com

Tahukah kamu kalau di papua ini memiliki spot climbing yang cukup tinggi yaitu 200 meter di sisi selatan Lembah Kuning. Tidak banyak orang yang bisa mencapai tebing tersebut karena terletak di tengah pegunungan paling tinggi di Papua.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…